PENERAPAN KONSELING KARIR TRAIT DAN FACTOR DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGEMBANGKAN RENCANA PILIHAN KARIR SISWA KELAS X TPM 1 SMK NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Desak Era Puspita Santi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Ketut Dharsana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rencana pilihan karir pada siswa kelas X TPM 1 SMK Negeri 3 Singaraja dengan menerapkan konseling karir trait dan factor dengan menggunakan teknik modeling. Penelitian ini merupakan tindakan Bimbingan Konseling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TPM 1 yang berjumlah 30 orang. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner, dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan tahap refleksi. Hasil tindakan selanjutnya dipantau dengan observasi dan kuesioner kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan penilaian acuan norma (PAN). Hasil penelitian menunjukkan pada siklus I skor rata-rata subjek penelitian adalah 90 yaitu tergolong rendah. Pada siklus II terjadi perkembangan rencana pilihan karir dengan skor rata-rata 124 yaitu tergolong tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa konseling karir trait dan factor dengan menggunakan teknik modeling dapat mengembangkan rencana pilihan karir. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling dengan prosedur penelitian dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari tahap identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling/treatment, evaluasi/follow up, dan refleksi. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner, observasi dan daftar isian. Hipotesis penelitian ini, yaitu jika konseling karir trait dan factork melalui teknik modeling dilakukan secara efektif dan efesien, maka rencana pilihan karir siswa kelas X TPM 1 SMK Negeri 3 Singaraja dapat meningkat. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus terdiri dari identifikasi, diagnosa, prognosa, konseling, evaluasi dan tahap refleksi. Hasil tindakan selanjutnya dipantau dengan observasi dan kuesioner kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan penilaian acuan norma (PAN). Hasil penelitian menunjukkan adanya perkembangan rencana pilihan karir pada siswa sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pada siklus 1 subjek penelitian mengalami penurunan setelah diberikan tindakan dan peningkatannya adalah dengan skor rata-rata 90 dari target keberhasilah skor di bawah 107 ≤ 133 dengan kategori sedang. Sedangkan pada tindakan siklus II pencapaian perkembangan rencana pilihan karir, peneliti memberikan kembali konseling karir trait dan factor melalui klasikal, kelompok dan individu kepada semua subjek penelitian. Setelah memberikan tindakan semua subjek penelitian yang telah diberikan layanan sudah mencapai target keberhasilan. Terlihat peningkatan yaitu dengan skor rata-rata 124 dari kriteria keberhasilan. Dapat disimpulkan bahwa konseling karir trait dan factor dengan menggunakan teknik modeling mampu mengembangkan rencana pilihan karir siswa.
Kata Kunci : Konseling Karir Trait dan Factor, Modeling, Pilihan Karir

This study aims to develop a career option plan in class X TPM 1 SMK Negeri 3 Singaraja with implementing career counseling factor trait and using modeling techniques. This study is an action Counseling. The subjects were students of class X TPM 1 which amounts to 30 people. In this study, the methods used for data collection was a questionnaire, and observation. This study was conducted in two cycles, and each cycle consisted of the identification, diagnosis, prognosis, counseling, evaluation and reflection phase. The results of subsequent action monitored by observation and questionnaires were analyzed descriptively using norm reference assessment (PAN). The results showed in the first cycle an average score of 90 is the subject of research is relatively low. In the second cycle there is a development plan career options with an average score of 124 is considered high. Thus, it can be concluded that the career counseling factor trait and using modeling techniques to develop a plan of career choices.
keyword : Career Counseling Trait and Factor, Modeling, Career Choices

Downloads

Published

2014-08-06