Konsentrasi Belajar Siswa Ditinjau dari Peran Orang Tua Dalam Persiapan Pola Makan dan Kecukupan Gizi
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.80489Keywords:
konsentrasi belajar, peran orang tua, pola makan, kecukupan giziAbstract
Konsentrasi belajar pada anak dipengaruhi oleh berbagai faktor yang kompleks. Hubungan antara kesehatan dan pendidikan anak, peran orang tua memiliki dampak signifikan pada konsentrasi belajar anak. Hal ini terutama terkait dengan peran orang tua dalam persiapan pola makan dan kecukupan gizi anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran orang tua dalam persiapan pola makan dan kecukupan gizi terhadap konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan teknik purposive sampling melibatkan siswa, orang tua, dan guru. Hasil menunjukkan bahwa pola makan sehat dan kecukupan gizi yang baik meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Anak-anak yang mendapat makanan bergizi menunjukkan konsentrasi belajar lebih tinggi dibanding yang mengonsumsi makanan tidak sehat. Orang tua berperan penting dalam menyediakan makanan bergizi dan mengedukasi anak tentang pentingnya gizi. Penelitian ini menyoroti pentingnya kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan komunitas dalam memastikan dukungan nutrisi yang memadai untuk anak-anak. Temuan ini dapat digunakan untuk merancang program edukasi gizi dan kebijakan sekolah yang mendukung pola makan sehat, meningkatkan kualitas pendidikan dan kesehatan anak-anak.
References
Al-Faida, N. (2021). Pengaruh Kebiasaan Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Stikes Persada Nabire Provinsi Papua. IKESMA, 17(2), 81. https://doi.org/10.19184/ikesma.v17i1.22397.
Bungin Burhan. (2017). Penelitian Kualitatif (Edisi Kedua). KENCANA.
Dr A Iskandar, D. Ms. (2012). Sosiologi Kesehatan (E. S. B. H. Januarini Nia, Ed.). PT Penerbit IPB Press.
Dra. Nurbaeti, M. K. Dr. S. S. ST. , M. P. N. S. ST. , M. K. (2022). Antropologi Sosiologi Kesehatan. Percetakan CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG.
Gede Purnawinadi, I., & Lotulung, C. V. (n.d.). Kebiasaan Sarapan Dan Konsentrasi Belajar Mahasiswa.
Gizi, K., Diversifikasi, K., Kearifan, P., Bali, L., Ayu, G., Agung, A., Kes, M., Sumantra, K., Widnyana, K., & Si, M. (n.d.). Pangan, Gizi Dan Kesehatan Masyarakat. www.unmas.ac.id.
Hidayati, N. W., Psi, M., Andriati, N., Pd, M., Atika, A., & Martin, M. P. (n.d.). Pendampingan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Anak.
Lestari, H., Setiasih, W., Lovelly Vadincha, A., Bakhtiar, S., & Muzzamil, F. (2023). 575 Parade Riset Mahasiswa 2023 Psychological Security Dalam Dinamika Kehidupan Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya Sarapan Memengaruhi Tingkat Konsentrasi Belajar Mahasiswa Universitas Bhayangkara (Vol. 1, Issue 1).
Lexy J Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Lipdyaningsih, S. (2017). Hubungan Kecukupan Gizi Makan Pagi Dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. In Jurnal Prodi Biologi (Vol. 6).
Nurohim, F. (2017). Hubungan antara Konsentrasi dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Ibadah Siswa Kelas XI IPS SMA Muhammadiyan Bantul.
Pangan Dan Gizi Dalam Konteks Sosio-Budaya. (n.d.).
Penulis, T., Hatta, H., Chaniago, R., Janggu, J. P., Djoko, W., Wicaksono, D., Yulistianingsih, A., Dwiyana, P., Septiani, W., Anggraini, R., Kariani, N. K., Hati, R. P., Rahmawati, E., Asriyana, S., & Damayanti, E. (2022). Pangan Dan Gizi. www.penerbitwidina.com.
Pitriani, H., Faslah, D., & Masitoh, I. (2023). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Al-Muttaqin, 9(1), 33–38. https://doi.org/10.37567/al-muttaqin.v9i1.2218.
Putu Sri Ratna Dewi, N., Citrawathi, D. M., Serfi Giana, G., & Biologi Perikanan Kelautan, J. (2020). Hubungan Pola Sarapan Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Smp Negeri 2 Banjar (Vol. 14, Issue 1).
Simanjuntak, E. C., Ginting, T., Boy Siahaan, P., & Buenita, B. (2020). Literature Study Of The Relationship Of Dining And Breakfast Patterns With Learning Achievement In Basic School Children. JURNAL KESMAS DAN GIZI (JKG), 3(1), 56–72. https://doi.org/10.35451/jkg.v3i1.481.
Suci Aji Lestari, & Amrina Rosyada. (2022). Analisis Jenis, Jumlah, Mutu Sarapan Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Smp Negeri 29 Palembang. Jurnal Kesehatan Komunitas, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.25311/keskom.vol8.iss1.1091.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. ALFABETA CV.
Udhiyanasari, K. Y. (2023). Pola Makan Sehat Dalam Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak Berkesulitan Belajar di SD Inklusi Jember. SPEED Journal : Journal of Special Education, 7(1), 84–89. https://doi.org/10.31537/speed.v7i1.1235.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Adinda Kartika Sari, Nuriza Dora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.