Pelaksanaan Layanan Informasi dengan Strategi Fire Up untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.80557Keywords:
Layanan Informasi, Prokrastinasi Akademik, Strategi FireupAbstract
Prokrastinasi akademik merupakan kebiasaan untuk menunda atau menghindari aktivitas yang berada di bawah pengawasan seseorang. Prokrastinasi dapat disebut sebagai penggunaan waktu yang tidak efisien dan kecenderungan untuk tidak segera memulai pekerjaan ketika diberikan tugas. Penundaan atau penghindaran suatu tugas inilah yang kemudian disebut prokrastinasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis status prokrastinasi akademik siswa saat ini, mendeskripsikan gambaran perilaku prokrastinasi akademik siswa, menganalisis penerapan layanan informasi dengan strategi Fireup yang bertujuan untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan dalam bimbingan konseling (PTBK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dipilih adalah observasi, wawancara, dan skala prokrastinasi akademik siswa yang sudah di validasi ahli Bimbingan Konseling. Hasil penelitian menunjukkan sebelum pemberian layanan informasi, prokrastinasi akademik siswa masuk kedalam ketegori tinggi. Sesudah dilaksanakan layanan informasi di siklus I adanya perubahan dengan kategori cukup berhasil dengan ketuntasan layanan sebesar 51,61%. Dilanjutkan dengan diberikannya layanan informasi pada siklus II adanya perubahan dengan kategori berhasil dengan ketuntasan layanan sebesar 87,09%. Pada 24 siswa dari 31 siswa diantaranya menunjukkan perubahan dengan kategori prokrastinasi akademik rendah dan 7 siswa memliki kategori prokrastinasi akademik sedang.
References
Amiruddin, I. A., Alwi, M. A., & Fakhri, N. (2022). Prokrastinasi dan kecurangan akademik pada mahasiswa. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 1(4), 183–195. https://www.researchgate.net/profile/Nurfitriany-Fakhri/publication/360834087.
Asrori, & Rusman. (2020). Classroom Action Research pengembangan kompetensi guru. CV. Pena Persada.
Aulia, N., Musdansi, D. P., & Asril, A. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran Fire-Up terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia (Pokok Bahasan Koloid di SMA 1 Cerentil). Jurnal Jom Ftk Uniks, 1(1), 94–102.
Barseli, M., Ifdil, & Nikmarijal. (2017). Konsep Stres Akademik Konseling dan Pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. http://www.jurnal.konselingindonesia.com/index.php/jkp/article/view/198.
Damai, A. Y., & Basri, I. Y. (2019). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Trainer IC 555 Pada Mata Kuliah Listrik dan Elektronika Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Teknik Otomotif. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 19(2), 37–46. https://doi.org/10.24036/invotek.v19i2.617.
Daulay, N. (2019). Psikologi Pendidikan dan Permasalahan Umum Peserta Didik. Perdana Publishing.
Grashinta, A., Gentary, A., & Syihab, A. (2022). Stres dan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Pelaku Cyberslacking. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 13(02), 176–188. https://doi.org/10.35814/mindset.v13i02.4271.
Harahap, W. D. (2021). Upaya Guru BK Dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Medan. Al- Mursyid (IKA BKI), 3(2), 77–89.
Ifdil, I., Denich, A. U., & Asmidir, I. (2017). Hubungan Body Image dengan Kepercayaan Diri Remaja Putri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 107–113. https://citeus.um.ac.id/jkbk/vol2/iss3/11/.
Ilyas, M., & Suryadi. (2019). Perilaku prokrastinasi akademik siswa di SMA islam terpadu (It) boarding school Abu Bakar Yogyakarta. Jurnal An-Nida’: Jurnal Pemikiran Islam, 41(1), 71–82.
Kristy, D. Z. (2019). Manajemen Waktu, Dukungan Sosial, dan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 8(1), 49–54. https://doi.org/10.15294/ijgc.v8i1.27736.
Madden, T. L. (2002). FIRE-UP Your Learning. PT Gramedia Pustaka Utama.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Proceedings of Basic Education Development of Learning Tools for Independent Learning Curriculum. Mahesa Center Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174.
Manoppo, F. (2013). Kualitas Pelayanan, Dan Servicescape Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Gran Puri Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4), 1341–1348. https://doi.org/10.35794/emba.v1i4.2913.
Marlina, M. (2015). Pengembangan paket manajemen waktu untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa sekolah menengah atas/sederajat. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, 5(3), 1–7. https://core.ac.uk/download/pdf/230609704.pdf.
Mu’alima, K. (2021). Faktor -Faktor Yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 30–33. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Prosiding_KoPeN/article/view/2786/1016.
Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). Peningkatan keterampilan menulis deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode problem based learning di kelas IV sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 118–124. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37.
Pramudiastuti, N. K., & Firman, F. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Prinsip Konstruktivisme untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Ilmiah Konseling, 2, 1–10. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/48000.
Purnama, S. S., & Muis, T. (2014). Prokrastinasi Akademik (Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Surabaya. Jurnal BK UNES, 4(682–692). https://core.ac.uk/download/pdf/230609423.pdf.
Putri, N. M. A., & Kurniasari, I. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Prokrastinasi Akademik. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 3(1), 42. https://doi.org/10.26740/jppms.v3n1.p42-45.
Rachmayanti, E. (2022). Penerapan pembelajaran adaptif mengenai konten pendidikan seksual: Studi fenomenologi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2430–2445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2392.
Rakhmawati, D. (2017). Konselor Sekolah Abad 21: Tantangan Dan Peluang. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 3(1), 58–63. https://doi.org/10.24176/jkg.v3i1.1067.
Ramadhani, A. (2016). Hubungan Konformitas dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir yang Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(3), 383–390. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i3.4098.
Saman, A. (2017). Analisis prokrastinasi akademik mahasiswa (studi pada mahasiswa jurusan psikologi pendidikan dan bimbingan fakultas ilmu pendidikan). Psikologi Pendidikan & Konseling, 3(2), 55–62. http://e-prints.unm.ac.id/id/eprint/100/.
Shahni, S. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Fire-Up Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Fluida di Kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru. Prespektif: Pendidikan Dan Keguruan, 9(1), 20–27. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/599.
Simanjuntak, E. E., & Saragih, E. L. L. (2018). Penerapan Strategi Pembelajaran Fire-Up Berorientasi Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Menulis. Diglosia - Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 2(2), 1–14. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=848225&val=10922.
Sinaga, M. H. P., Qurrata, K., & Andini, V. (2022). Pola Pelaksanaan Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 110–116. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.166.
Siregar, A., Nurhayani, & Baroroh, N. (2023). Upaya Meningkatkan Resiliensi Akademik Mahasiswa Prodi BKPI Melalui Layanan Informasi. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 70. https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v6i1.12312.
Sucipto, M. A. B., Budisiwi, H., Utami, N. T., Fajriyana, N., & Saefudin, M. A. (2023). Pengembangan Multimedia Si Pagi Jateng Bimbingan Karir Berbasis Android tentang Program Studi di Perguruan Tinggi. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.24905/jcose.v5i2.145.
Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, K. (2014). Penerapan Teori Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3960.
Tan, Y. S. M., Amiel, J. J., & Yaro, K. (2019). Developing theoretical coherence in teaching and learning: case of neuroscience-framed learning study. International Journal for Lesson and Learning Studies, 8(3), 229–243. https://doi.org/10.1108/IJLLS-10-2018-0072.
Triana, A., & Marlina, H. (2022). Pelatihan Kader Kesehatan Remaja Pada Konselor Sebaya. ARSY: Jurnal Aplikasi Riset Kepada Masyarakat, 3(1), 30–35. https://doi.org/10.55583/arsy.v3i1.271.
Turnip, B. M., & Siburian, T. L. (2012). Pengaruh Strategi Pembelajaran Fire-up Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton Di Kelas VIII Semester I SMP Ptp Nusantara IV Bah Jambi Tahun Pembelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 19–24. https://www.academia.edu/download/103501870/2851.pdf.
Yulmi, D., Efeni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Karimah, H. (2017). Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan BK di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.29210/3003213000.
Zuraidah, Z., Sari, T. H. N. I., & Yuniarti, S. (2020). Pengaruh Kecemasan Matematika Dan Prokrastinasi Akademik Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Smp Negeri 7 Balikpapan. Inspiramatika: Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v6i1.1922.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Irma Diani Hasibuan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.