Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Emosi Negatif Anak Broken Home dengan Teknik Modelling dan Konseling Islami

Authors

  • Suharti Neng Dewi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Saiful Akhyar Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82220

Keywords:

Emosi Negatif, Broken Home, Teknik Modelling , Konseling Islami

Abstract

Guru BK memberikan peranan penting dalam memberikan dukungan emosional kepada siswa, terutama dalam konteks keluarga broken home. Studi ini bertujuan untuk menganalisis peran guru BK dalam mengatasi emosi negatif anak dari keluarga broken home menggunakan teknik modelling dan konseling islami. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 10 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa guru BK berperan penting dalam membantu siswa mengelola emosi negatif. Teknik modelling digunakan untuk menunjukkan kepada siswa bagaimana mengelola emosi secara positif dengan mengamati dan meniru perilaku yang diinginkan. Selain itu, konseling islami digunakan untuk memperkuat nilai-nilai spiritual dan keadilan dalam penyelesaian masalah emosioal siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan antara teknik modelling dan konseling islami yang diterapkan oleh guru BK dapat efektif dalam membantu siswa berlatar belakang broken home untuk mengatasi emosi negatif yang mereka miliki. Peran guru BK tidak hanya sebatas pada penerapan teknik modelling untuk menumbuhkan keteladanan positif dan melalui konseling islami yang mengintegrasikan nilai-nilai spiritual dalam mendukung proses penyembuhan emosional, tetapi juga peran guru BK sebagai mentor dan fasilitator yang membangun hubungan empati serta kepercayaan pada siswa, menciptakan lingkungan yang mendukung ekspresi diri dan pemahaman diri yang lebih dalam.

References

Abdurrahman. (2019). Konseling islami (A. Siregar (ed.); pertama). Perdana Publishing.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Adinda, S. A., Sirait, D., & Kunci, K. (2022). The Effect Of Team Quiz Method On Students’ Reading Comprehension Skill In Narrative Text At SMP Swasta Al-Hikmah. ALACRITY : Journal Of Education, 2(2), 56–57. https://doi.org/10.52121/alacrity.v2i2.81.

Adristi, S. P. (2021). Peran Orang Tua pada Anak dari Latar Belakang Keluarga Broken Home. Lifelong Education Journal, 1(2), 132–138. https://doi.org/10.59935/lej.v1i2.30.

Anwar, C. (2019). Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 18(2), 149–166. https://doi.org/10.47467/mk.v19i2.432.

Bastomi, H., Nofiaturrahmah, F. dan F., Nazirman, N., Nimawati, N., Ruswandi, U., Erihadiana, M., Hamali, S., Nuur, K. N., Anwar, M. F., Nurrohim, A., Nursidik, I., Parmanti, P., & Purnamasari, S. E. (2017). Dakwah Bil Hikmah Sebagai Pola Pengembangan Sosial Keagamaan Masyarakat. Jurnal Ilmu Dakwah, 36(2), 81. https://doi.org/10.21580/jid.v36.2.1776.

Dyah Puspitaningrum, T. (2019). Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Sma. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.76.

Fitriyani, L., Ardini, P. puspa, Utoyo, S., & Juniarti, Y. (2019). Tumbuh Kembang Anak Broken Home. Jurnal Pelita Paud, 4(1), 114–123. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.841.

Gao, D., Liu, J., Bullock, A., Li, D., & Chen, X. (2021). Transactional models linking maternal authoritative parenting, child self-esteem, and approach coping strategies. Journal of Applied Developmental Psychology, 73, 101262. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2021.101262.

Gunawan, A. R., & Amalia, R. (2020). Peran Guru PAI dalam Bimbingan Konseling Siswa Bermasalah di SMA 1 Tambun Utara Kabupaten Bekasi. Eduprof : Islamic Education Journal, 2(2), 32–47. https://doi.org/10.47453/eduprof.v4i1.112.

Herdian, A. H., & Yendi, F. M. (2019). Teknik Modelling: Sebuah Alternatif dalam Peningkatan Self Efficacy Akademik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(3), 89. https://doi.org/10.23916/08412011.

Hidayati, N., Hani Saputro, Z., & Lestari, T. (2022). Implementasi Pembelajaran Projek pada Sekolah Penggerak di Era Digital. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 68–82. https://doi.org/10.51454/jet.v4i1.200.

Islami, N. (2019). pengaruh bimbingan dan konseling dalam menangani siswa dengan keluarga broken home. 2, 5–10.

Jamila, Ahdar, & Natsir, E. (2021). Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. Jurnal Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), 101–110. https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346.

Kuliyatun. (2020). Bimbingan dan konseling islam dalam meningkatkan religiusitas siswa sekolah menengah atas (SMA). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 02(01), 1–14. https://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/educons/article/view/10072.

Kurniasih, A. (2021). Regulasi Emosi Pada Anak Broken Home. Jurnal Mahasiswa, 1, 1–11. https://repository.usm.ac.id/files/journalmhs/F.131.17.0025-20210916025948.pdf.

Marbun, T. P. K., & Santoso, I. (2021). Pentingnya motivasi keluarga dalam menangani Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(3), 1131–1141. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP/article/view/41121.

Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). D’CARTESIAN, 7(1), 44. https://doi.org/10.35799/dc.7.1.2018.20113.

Muttaqin, I., & Sulistyo, B. (2019). analisis faktor penyebab dan dampak keluarga broken home. Jurnal Studi Gender Dan Anak, 6(2), 245–256. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1476351&val=10308.

Nazirman. (2018). Konsep Metode Dakwah Bil Hikmah. Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 31–41. https://doi.org/10.15548/al-hikmah.v0i0.91.

Nurdin, N. (2019). Penerapan Metode Bilhikmah, Mau’Izatulhasanah, Jadil Dan Layyinah Pada Balai Diklat Keagamaan Aceh. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 9(1), 51–76. https://doi.org/10.22373/jm.v9i1.3807.

Rahmah, S. (2016). Peran Keluarga Dalam Pendidikan Akhlak. Jurnal Ilmu Dan Teknik Dakwa Al Hiwar, 04(07), 139–141. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/755.

Rima Trianingsih, Isna Nurul Inayati, R. F. (2019). Pengaruh Keluarga Broken Home terhadap Perkembangan Moral dan Psikososial Siswa Kelas V SDN 1 Sumberbaru Banyuwangi. JURNAL PENA KARAKTER: Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 02(01), 9–16. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1278750&val=17024.

Safitri, K. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah Dasar dalam Menghadapi Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1). https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.456.

Salsabila, U. H., Sofia, M. N., Seviarica, H. P., & Hikmah, M. N. (2020). Urgensi Penggunaan Media Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Pembelajaran Daring. Insania: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 25(2), 284–304. https://doi.org/10.24090/insania.v25i2.4221.

Siddiqui, F. A., & Soomro, N. P. (2019). Emotional Intelligence, Occupational Stress, Problem Focused and Active Avoidance Coping Strategies of Female Teachers. Bahria Journal of Professional Psychology, 18(2), 55–70. https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=18160840&AN=142292479&h=vFo2iiIOY%2B1ZgSK%2FRQovJfC1OtNFIePctK32V5yON6SfqK1WLN2afonbVEYNZhoL%2B3CbPdEnnOo%2FiiUxW%2BHkOg%3D%3D&crl=c.

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, K. (2014). Penerapan Teori Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3960.

Tofiqurrohman, H. (2019). Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Hanif. Kependidikan, 7(2), 179–191. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3080.

Tsoraya et al. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Terhadap Moralitas Pelajar di Lingkungan Masyarakat Era Digital. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(March). https://doi.org/https://doi.org/10.1111/literaksi.v1i01.4.

Umam, R. N., & Maemonah, M. (2021). Konseling Religi dalam Upaya Menemukan Kebermaknaan Hidup Remaja Korban Broken Home. Indonesian Journal of Educational Counseling, 5(2), 64–74. https://doi.org/10.30653/001.202152.166.

Widodo, W., Sari, D. A. P., Suyanto, T., Martini, M., & Inzanah, I. (2020). Pengembangan Keterampilan Pemodelan Matematis bagi Calon Guru IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2), 146–155. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.27042.

Yanwar, B. L., Dharmayana, I. W., & Afriyati, V. (2018). Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Modeling Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Smp Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.19-25.

Yona, S. (2014). Penyusunan Studi Kasus. Jurnal Keperawatan Indonesia, 10(2), 76–80. https://doi.org/10.7454/jki.v10i2.177.

Yuliani, R. (2013). Emosi Negatif Siswa Kelas Xi Sman 1 Sungai Limau. Konselor, 2(1), 151–155. https://doi.org/10.24036/0201321883-0-00.

Yulmi, D., Efeni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Karimah, H. (2017). Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan BK di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.29210/3003213000.

Zaini Dahlan. (2017). Peningkatan Kualitas Kompetensi Guru BK Sebagai Konselor Di Sekolah Dalam Menghadapi Tantangan Global. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 7(1), 12–27. https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v7i1.6664.

Downloads

Published

2024-07-30