Media Bimbingan Klasikal Berbasis Video Animasi dengan Teknik Self Understanding untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas

Authors

  • I Gede Wahyu Pramana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82550

Keywords:

Pengembangan, Self-Understanding, Perencanaan Karir

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa SMA, serta pemanfaatan media atau teknologi. Penelitian bertujuan melakukan pengembangan media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI SMA. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, materi pada isi media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,96 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, tingkat pencapaian respon siswa terhadap media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding adalah sebesar 84,34% dengan kualifikasi baik, dan nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,112 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding efektif guna meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI SMA.

References

Achjar, K. A. H., & Putri, N. L. P. T. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Terhadap Perilaku Lansia Dalam Penguatan Menerapkan Protokol Kesehatan. Jurnal Keperawatan, 12(3), 2085–1049. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan%0A.

Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Implementation Project-Based Learning Integrated STEM to Improve Scientific Literacy Based on Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561.

Amira, F., & Amri, Z. (2022). Students’ Speaking Ability on YouTube Video Project in Online Class during Covid19 Pandemic at Universitas Asahan. Proceedings of the 67th TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021), 624, 88–92. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220201.016.

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690.

Azmi, F., Halimah, S., & Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 1(1), 15–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i2.853.

Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462.

Budiarsini, K., Divayana, D. G. H., & Sindu, I. G. P. (2018). Pengembangan Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Bali Kelas 1 Semester Ganjil ( Studi kasus di : SD Negeri 2 Tukadmungga )’. Pendidikan Teknologi Informatika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/karmapati.v9i1.23262.

Budiman, C., Gunawan, G., & Hidayat, D. R. (2020). Layanan Bimbingan Karir Teori Donal E. Super Guna Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27383.

Cremin, T., Flewitt, R., Swann, J., Faulkner, D., & Kucirkova, N. (2018). Storytelling and story-acting: Co-construction in action. Journal of Early Childhood Research, 16(1), 3–17. https://doi.org/10.1177/1476718X17750205.

Damayanti, K. P., & Wiarta, I. W. (2022). Media Aplikasi Berbasis Pembelajaran Saintifik pada Muatan IPA SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 44–52. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45232.

Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521.

Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.

Haryanto, Marti’ah, S., & Theodora, B. D. (2018). Perencanaan Karier Siswa Sma : Studi Konseptual. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 429–434. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/147.

Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.

Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458.

Indrawati, C. D. S., Ninghardjanti, P., Dirgatama, C. H. A., & Wirawan, A. W. (2022). The effect of practicum learning based audiovisual on students’ learning outcomes in Indonesian vocational secondary school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 403–408. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21762.

Khairunnisaa, S., Kartono, K., & Salimi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SD. AS-SABIQUN, 5(4), 1087–1101. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i4.3642.

Khoirina, N. (2018). Pentingnya pemahaman nilai-nilai budaya lokal dalam Pendekatan Konseling Humanistik. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling 2, 2(1), 260–268. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/499.

Krasnova, T. (2015). A Paradigm Shift: Blended Learning Integration in Russian Higher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 166, 399–403. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.543.

Mardianti, L., & Dharmayana, W. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Instruksi Diri Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Siswa. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 93–105. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.93-105.

Melianasari, D. (2022). Rasch Stacking Analysis : Career Decision Making Self-Efficacy (CDMSE) Peserta Didik Berdasarkan Jenis Kelamin. Psychocentrum Review, 4(2). https://doi.org/10.26539/pcr.42996.

Mon, M. D., & Mulyadi, S. (2021). Pengaruh Kompensasi, Pelatihan dan Pengembangan, Pemberdayaan Karyawan Terhadap Turnover Intention dan Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi di Hotel Berbintang Kota Batam. CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 2165–2177. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4752.

Munawwarah, R. Al. (2019). Sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12412.

Nove, A. H., Basuki, A., & Sunaryo, S. A. I. (2021). Efektivitas Teknik Diskusi dalam Bimbingan Kelompok untuk Membantu dalam Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(4), 4. https://doi.org/10.29210/143100.

Nurcahyani, I., & Fauzan, L. (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa Sma. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p001.

Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119. https://doi.org/10.29210/3003907000.

Putro, H. E., & Japar, M. (2021). Penerapan Layanan Informasi Karir Berbasis Media Interaktif Inovativ (MII) terhadap Keputusan Perencanaan Karir Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(2), 58–65. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i2.2376.

Saputri, A. E., & Saifuddin, M. F. (2022). Development Of Motion Graphic Animation Videos On The Material For Compiling Cladograms For Class X. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 223. https://doi.org/10.20527/bino.v4i2.12814.

Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909.

Sumita, Wicaksono, L., & Yuline. (2018). Analisis Pemahaman Perencanaan Karir Siswa Di Kelas XII SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26883.

Suranata, K. (2013). Pengembangan Model Tutor Bimbingan Konseling Sebaya (Peer Counseling) Untuk Mengatasi Masalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 255–263. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2170.

Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.

Uzun, K., & Karataş, Z. (2020). Predictors of Academic Self Efficacy: Intolerance of Uncertainty, Positive Beliefs about Worry and Academic Locus of Control. International Education Studies, 13(6), 104–116. https://doi.org/10.5539/ies.v13n6p104.

Vartiainen, H., Pöllänen, S., & Liljeström, A. (2016). Designing Connected Learning: Emerging learning systems in a craft teacher education course. Design And, 21(2), 32–40. https://ojs.lboro.ac.uk/DATE/article/download/2115/2281.

Yulmi, D., Efeni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Karimah, H. (2017). Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan BK di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.29210/3003213000.

Downloads

Published

2024-07-30