Media Bimbingan Klasikal Berbasis Video Animasi dengan Teknik Self Understanding untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas
DOI:
https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82550Keywords:
Pengembangan, Self-Understanding, Perencanaan KarirAbstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya perencanaan karir siswa SMA, serta pemanfaatan media atau teknologi. Penelitian bertujuan melakukan pengembangan media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding untuk meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI SMA. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE, yang tersusun atas lima tahapan, yaitu: analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket/kuisioner. Instrumen yang dipergunakan untuk mengumpulkan data yaitu pedoman observasi, lembar rating scale, pedoman wawancara, dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, materi pada isi media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding yang telah dihasilkan memperoleh indeks validitas sebesar 0,96 dengan kualifikasi validitas isi tinggi, tingkat pencapaian respon siswa terhadap media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding adalah sebesar 84,34% dengan kualifikasi baik, dan nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,112 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media bimbingan klasikal berbasis video animasi dengan teknik self-understanding efektif guna meningkatkan perencanaan karir siswa kelas XI SMA.
References
Achjar, K. A. H., & Putri, N. L. P. T. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Audiovisual Terhadap Perilaku Lansia Dalam Penguatan Menerapkan Protokol Kesehatan. Jurnal Keperawatan, 12(3), 2085–1049. http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan%0A.
Afriana, J., Permanasari, A., & Fitriani, A. (2016). Implementation Project-Based Learning Integrated STEM to Improve Scientific Literacy Based on Gender. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 202–212. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.8561.
Amira, F., & Amri, Z. (2022). Students’ Speaking Ability on YouTube Video Project in Online Class during Covid19 Pandemic at Universitas Asahan. Proceedings of the 67th TEFLIN International Virtual Conference & the 9th ICOELT 2021 (TEFLIN ICOELT 2021), 624, 88–92. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220201.016.
Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690.
Azmi, F., Halimah, S., & Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Pembimbingan Belajar Aspek Kognitif, Afektif Dan Psikomotorik Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 1(1), 15–28. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47006/attazakki.v1i2.853.
Bonatua, D. S., Mulyono, D., & Febriandi, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran AIR (Auditory, Intellectualy, Repetition) menggunakan Media Gambar pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3850–3857. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1462.
Budiarsini, K., Divayana, D. G. H., & Sindu, I. G. P. (2018). Pengembangan Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Bali Kelas 1 Semester Ganjil ( Studi kasus di : SD Negeri 2 Tukadmungga )’. Pendidikan Teknologi Informatika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/karmapati.v9i1.23262.
Budiman, C., Gunawan, G., & Hidayat, D. R. (2020). Layanan Bimbingan Karir Teori Donal E. Super Guna Meningkatkan Kematangan Karir pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 1. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27383.
Cremin, T., Flewitt, R., Swann, J., Faulkner, D., & Kucirkova, N. (2018). Storytelling and story-acting: Co-construction in action. Journal of Early Childhood Research, 16(1), 3–17. https://doi.org/10.1177/1476718X17750205.
Damayanti, K. P., & Wiarta, I. W. (2022). Media Aplikasi Berbasis Pembelajaran Saintifik pada Muatan IPA SD. Mimbar Ilmu, 27(1), 44–52. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45232.
Farida, C., Destiniar, D., & Fuadiah, N. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Materi Penyajian Data. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–66. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1521.
Hardiyana, A. (2016). Optimalisasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran PAUD. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.24235/awlady.v2i1.
Haryanto, Marti’ah, S., & Theodora, B. D. (2018). Perencanaan Karier Siswa Sma : Studi Konseptual. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 429–434. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/dispanas2018/article/view/147.
Hikmah, V. N., & Purnamasari, I. (2017). Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar. Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi” Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasar, 4(2), 182–191. https://doi.org/10.23819/mimbar-sd.v4i2.6352.
Indarta, Y., Jalinus, N., Abdullah, R., & Samala, A. D. (2021). 21st Century Skills : TVET dan Tantangan Abad 21. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4340–4348. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1458.
Indrawati, C. D. S., Ninghardjanti, P., Dirgatama, C. H. A., & Wirawan, A. W. (2022). The effect of practicum learning based audiovisual on students’ learning outcomes in Indonesian vocational secondary school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 11(1), 403–408. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i1.21762.
Khairunnisaa, S., Kartono, K., & Salimi, A. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi pada Pembelajaran Tematik Muatan Bahasa Indonesia Kelas III SD. AS-SABIQUN, 5(4), 1087–1101. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i4.3642.
Khoirina, N. (2018). Pentingnya pemahaman nilai-nilai budaya lokal dalam Pendekatan Konseling Humanistik. Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling 2, 2(1), 260–268. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/499.
Krasnova, T. (2015). A Paradigm Shift: Blended Learning Integration in Russian Higher Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 166, 399–403. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.12.543.
Mardianti, L., & Dharmayana, W. (2020). Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Instruksi Diri Untuk Menurunkan Stres Akademik Pada Siswa. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 93–105. https://doi.org/10.33369/consilia.3.1.93-105.
Melianasari, D. (2022). Rasch Stacking Analysis : Career Decision Making Self-Efficacy (CDMSE) Peserta Didik Berdasarkan Jenis Kelamin. Psychocentrum Review, 4(2). https://doi.org/10.26539/pcr.42996.
Mon, M. D., & Mulyadi, S. (2021). Pengaruh Kompensasi, Pelatihan dan Pengembangan, Pemberdayaan Karyawan Terhadap Turnover Intention dan Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi di Hotel Berbintang Kota Batam. CoMBInES-Conference on Management, Business, Innovation, Education and Social Sciences, 1(1), 2165–2177. https://journal.uib.ac.id/index.php/combines/article/view/4752.
Munawwarah, R. Al. (2019). Sparkol videoscribe sebagai media pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437. https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12412.
Nove, A. H., Basuki, A., & Sunaryo, S. A. I. (2021). Efektivitas Teknik Diskusi dalam Bimbingan Kelompok untuk Membantu dalam Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(4), 4. https://doi.org/10.29210/143100.
Nurcahyani, I., & Fauzan, L. (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa Sma. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p001.
Putri, M., Giatman, M., & Ernawati, E. (2021). Manajemen Kesiswaan terhadap Hasil Belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 119. https://doi.org/10.29210/3003907000.
Putro, H. E., & Japar, M. (2021). Penerapan Layanan Informasi Karir Berbasis Media Interaktif Inovativ (MII) terhadap Keputusan Perencanaan Karir Siswa. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(2), 58–65. https://doi.org/10.26737/jbki.v6i2.2376.
Saputri, A. E., & Saifuddin, M. F. (2022). Development Of Motion Graphic Animation Videos On The Material For Compiling Cladograms For Class X. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 4(2), 223. https://doi.org/10.20527/bino.v4i2.12814.
Setiawan, I., & Martin, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Augmented Reality Pada Guru Sdn 2 Pancor. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 898. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14909.
Sumita, Wicaksono, L., & Yuline. (2018). Analisis Pemahaman Perencanaan Karir Siswa Di Kelas XII SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(7), 1–10. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i7.26883.
Suranata, K. (2013). Pengembangan Model Tutor Bimbingan Konseling Sebaya (Peer Counseling) Untuk Mengatasi Masalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2), 255–263. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2170.
Suryani, L., & Seto, S. B. (2020). Penerapan Media Audio Visual untuk Meningkatan Perilaku Cinta Lingkungan pada Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 900–908. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.601.
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145.
Uzun, K., & Karataş, Z. (2020). Predictors of Academic Self Efficacy: Intolerance of Uncertainty, Positive Beliefs about Worry and Academic Locus of Control. International Education Studies, 13(6), 104–116. https://doi.org/10.5539/ies.v13n6p104.
Vartiainen, H., Pöllänen, S., & Liljeström, A. (2016). Designing Connected Learning: Emerging learning systems in a craft teacher education course. Design And, 21(2), 32–40. https://ojs.lboro.ac.uk/DATE/article/download/2115/2281.
Yulmi, D., Efeni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Karimah, H. (2017). Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan BK di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.29210/3003213000.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Gede Wahyu Pramana Wahyu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
JIBK is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. This permits anyone to copy, redistribute, remix, transmit and adapt the work provided the original work and source is appropriately cited.
This means:
Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
(1) Under the CC-BY license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in JIBK in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of JIBK are required to cite the original source, including the author's names, JIBK as the initial source of publication, year of publication, volume number, issue, and Digital Object Identifier (DOI); (2) The authors are the copyright owner of the article, and the author grants the JIBK held the first publication right.