Konseling Behavioral dengan Teknik Asertif untuk Meminimalisir Terjadinya Perilaku Pelecehan Seksual pada Siswa Vokasi

Authors

  • Ketut Dewi Gayatri Wahini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Putu Ari Dharmayanti Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82630

Keywords:

buku panduan teori konseling, pendekatan behavioral teknik asertif, pelecehan seksual

Abstract

Berdasarkan fenomena yang terkait dengan masalah pelecehan seksual, dianggap penting untuk mengembangkan solusi yang efektif untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam berperilaku asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku panduan konseling behavioral dengan teknik asertif untuk meminimalisir pelecehan seksual. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (research & development). Panduan ini dirancang untuk membantu guru dalam menerapkan layanan konseling di sekolah untuk mengurangi kasus pelecehan seksual. Proses pengembangan pada penelitian ini menggunakan perangkat pembelajaran korektif 4-D yang diusulkan oleh Thiagarajan yang terdiri dari tahap definisi, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap diseminasi. Penelitian ini melibatkan lima ahli bimbingan konseling: tiga dosen bimbingan konseling dan dua guru bimbingan konseling. Peneliti meneliti delapan siswa sebagai subjek untuk mengetahui seberapa efektif panduan konseling kelompok. Sebanyak 20 item instrumen digunakan untuk evaluasi ahli. Semua item dalam Panduan Konseling Kelompok menunjukkan validitas yang baik. Berdasarkan penilaian tersebut, indeks validitas isi (CVI) panduan sudah dinilai sesuai. Penilaian indeks validitas isi buku pedoman konseling sangat penting untuk menentukan apakah buku tersebut layak digunakan atau tidak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa buku panduan konseling behavioral dengan teknik asertif untuk meminimalisir pelecehan seksual, efektif dalam mengurangi perilaku pelecehan seksual, termasuk dalam kategori ES tinggi dengan nilai T hitung 7,977, tingkat signifikansi 0,05, dan nilai ES 0,997. Disimpulkan bahwa buku panduan konseling behavioral dengan teknik asertif valid dan efektif digunakan untuk mengurangi pelecehan seksual.

References

Ariani, N. K., & Ujianti, P. R. (2021). Media Video Animasi untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(1), 43. https://doi.org/10.23887/paud.v9i1.35690.

Bakri, A. R., Sutrisno, S., & Mushafanah, Q. (2021). Nilai Karakter Siswa pada Kegiatan Ekstrakurikuler. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.29811.

Cahyaningrum, V. D., Handarini, D. M., & Simon, I. M. (2018). Pengembangan Panduan Pelatihan Empati Menggunakan Teknik Sinema Edukasi untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 3(3), 139–145. https://doi.org/10.17977/um001v3i32018p139.

Farouqi, N. Al, Novelasari, Widdefrita, Sidiq, R., Lestari, E. M., & Silaban. (2023). Program “Aku Sayang Diri” terhadap peningkatan keterampilan guru TK dalam pendidikan seksual anak usia dini. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 6(April). https://doi.org/https://doi.org/10.31850/makes.v6i2.2213.

Fatmawati, F. (2018). Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(4), 462–467. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4.4666.

Hapsari, M. I. (2016). Pengkajian Program kursus dan pelatihan terikait dengan jenis keterampilan, sertifikasi dan penempatan lulusan. Journal of Nonformal Education, 2(1). https://doi.org/10.15294/jne.v2i1.5314.

Hartaty, D. F., & Azis, A. (2014). Hubungan antara pola asuh otoritarian dan konformitas teman sebaya dengan kenakalan remaja. Analitika: Jurnal Magister Psikologi UMA, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.31289/analitika.v6i1.791.

Hinga, I. A. T. (2019). Pencegahan kekerasan seksual pada anak melalui edukasi kesehatan reproduksi berbasis media pada murid sekolah PAUD. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 83. https://doi.org/10.30787/gemassika.v3i1.395.

Indrayati, N., & PH, L. (2019). Gambaran Verbal Abuse Orangtua pada Anak Usia Sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 2(1), 9–18. https://doi.org/10.32584/jika.v2i1.220.

Insani, B., Asradi, & Yaksa, R. A. (2022). Faktor Penyebab Perilaku Cyberbullying pada Peserta Didik. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.37411/jgcj.v3i1.1254.

Khalamah, N. (2017). Penguatan pendidikan karakter di madrasah [Strengthening character education in madrasah]. Kependidikan, 5(2), 200–215. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.2109.

Kurniasari, A., Widodo, N., Yusuf, H., Susantyo, B., Wismayanti, Y. F., & Irmayani, N. R. (2018). Prevalensi Kekerasan Terhadap Anak Laki-Laki Dan Anak Perempuan Di Indonesia. Sosio Konsepsia: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial, 6(3). https://www.researchgate.net/profile/nyi-irmayani/publication/344713540_prevalensi_kekerasan_terhadap_anak_laki-laki_dan_anak_perempuan_di_indonesia/links/60768e44299bf1f56d561c6e/prevalensi-kekerasan-terhadap-anak-laki-laki-dan-anak-perempuan-di-indonesi.

Kusdaryani, W., Purnamasari, I., & Tika Damayani, A. (2016). Penguatan Kultur Sekolah Untuk Mewujudkan Pendidikan Ramah Anak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 125–133. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.8383.

Lestari, I. D., Yahya, F., Suryani, E., Aini, R. Q., & Asriyanti, S. (2023). Pelatihan Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka. KARYA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 22–26. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/KARYA_JPM/article/view/437.

Manusakerti, G. A., & Purwoko, B. U. D. I. (2020). Teknik Self-Control Dalam Konseling Kelompok untuk Mengurangi Perilaku Cyberloafing pada Peserta Didik di SMA Negeri 5 Madiun. Jurnal BK UNESA, 11(4). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/33751.

Muarifah, A., Wati, D. E., & Puspitasari, I. (2020). Identifikasi Bentuk dan Dampak Kekerasan pada Anak Usia Dini di Kota Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.451.

Mudjijanti, F. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19 di Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya kampus Kota Madiun. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 19–28. https://scholar.archive.org/work/cfhkdxbelndrditsxu2i3akssq/access/wayback/https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jkonseling/article/download/15210/pdf_1.

Mulinda, R., Afiati, E., & Conia, P. D. D. (2020). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Empati Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 31–41. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/718.

Muslich, I. M., Ni’mah, M., Hafidlatil, I., & Kiromi. (2023). Pentingnya pengenalan pendidikan seks dalam pencegahan sexual abuse pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(2), 29–38. https://doi.org/10.25299/ge:jpiaud.2023.vol6(1).11886.

Nasir, A. (2018). Konseling Behavioral: Solusi Alternatif Mengatasi Bullying Anak Di Sekolah. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 2(1), 67–82. https://doi.org/10.21043/konseling.v2i2.4466.

Novrianza, N., & Santoso, I. (2022). Dampak dari Pelecehan Seksual Terhadap Anak di Bawah Umur. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/jpku.v10i1.42692.

Nurcahyani, I., & Fauzan, L. (2016). Efektivitas Teknik Relaksasi Dalam Konseling Kelompok Behavioral Untuk Menurunkan Stres Belajar Siswa Sma. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.17977/um001v1i12016p001.

Nurzaman, E. W. (2018). Pengetahuan Dan Perilaku Seksual Beresiko Remaja Terhadap Kesehatan Reproduksi Di Smk X Kecamatan Kebon Jeruk Jakarta Barat. Indonesia Jurnal Kebidanan, 2(1), 37. https://doi.org/10.26751/ijb.v2i1.447.

Prihatmojo, A., & Badawi, B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 142. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41129.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.

Rachmayanti, E. (2022). Penerapan pembelajaran adaptif mengenai konten pendidikan seksual: Studi fenomenologi. Jurnal Basicedu, 6(2), 2430–2445. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2392.

Rafikah, & Rahmawati. (2015). Peranan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Dalam Menghapuskan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT) di Kota Bukittinggi. Journal of Islamic & Social Studies Vol., 1(2). https://doi.org/10.30983/islam_realitas.v1i2.48.

Rahayu, N. P., Santosa, B., Kamal, M., & Rahmi, A. (2022). Efektivitas Bimbingan dan Konseling Islam untuk Meningkatkan Self Control Korban Penyalahgunaan Narkotika di Lembaga Permasyarakatan Kelas II Rantauprapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4520–4527. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3580.

Ridwan, I. I., Salim, K. R., Adam, Z., Mohd, I. I., & El Fadil, N. (2020). Development and Validation of Scale using Rasch Analysis to Measure Students’ Entrepreneurship Readiness to Learn Embedded System Design Course. Procedia Computer Science, 172(2019), 545–550. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.067.

Rofi’ah, S. H., & Fawaidi, B. (2023). Optimizing early childhood sex education to prevent sexual abuse in PAUD Al-Irsyad Al-Islamiyah Jember. ICHES: International Conference on Humanity Education and Social, 2(1). http://proceedingsiches.com/index.php/ojs/article/view/5.

Sinaga, M. H. P., Qurrata, K., & Andini, V. (2022). Pola Pelaksanaan Manajemen Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Atas. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 110–116. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i2.166.

Sugianto, A. (2017). Teknik Permainan Balogo Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Pada Siswa Smp. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017, 0(0), 20–28. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1446.

Sukitman, T., & Ridwan, M. (2016). Implementasi Pendidikan Nilai (Living Values Education) Dalam Pembelajaran Ips (Studi Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Tingkat Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 3(1), 30–41. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i1.2717.

Suryani, T., Suidrman, & Hasanah, N. (2023). Literature review: Pengaruh pendidikan seksual orang tua pada anak usia dini terhadap kejadian sexual abuse. Pena Nursing, 1(2), 40–47. http://dx.doi.org/10.31941/pn.v2i1.3600.

Sutama, G. A., Suranata, K., & Dharsana, K. (2014). Penerapan Teori Behavioral Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas AK C SMK Negeri 1 Singaraja. E-Journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3960.

Sutarjo, I. P. E., Arum, D. W. M. P., & Suarni, N. K. (2014). Efektivitas Teori Behavioral Teknik Relaksasi dan Brain Gym Untuk Menurunkan Burnout Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3740.

Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral Dengan Teknik Self Management Untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 1. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96.

Tavakol, M., & Dennick, R. (2011). Making sense of Cronbach’s Alpha. International Journal of Medical Education, 2, 53–55. https://doi.org/10.5116/ijme.4dfb.8dfd.

Thahir, A., & Rizkiyani, D. (2016). Pengaruh Konseling Rational Emotif Behavioral Therapy (REBT) dalam Mengurangi Kecemasan Peserta Didik Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Konseli: Jurnal Bimbingan Dan Konseling. https://doi.org/10.24042/kons.v3i2.560.

Tofiqurrohman, H. (2019). Pendidikan Multikultural dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam Hanif. Kependidikan, 7(2), 179–191. https://doi.org/10.24090/jk.v7i2.3080.

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561.

Wulandari, H., & Lestari, F. F. (2023). Penerapan materipPendidikan seksual di sekolah PAUD dalam upaya mencegah kekerasan seksual. Journal on Education, 06(01), 5127–5134. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3686.

Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.173.

Downloads

Published

2024-07-30