Kegiatan Ekstrakurikuler Palang Merah Remaja dalam Mengembangkan Karakter Peduli Sosial Siswa

Authors

  • Ajeng Wulan Fitriani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia
  • Abdul Aziz Rusman Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jibk.v15i1.82633

Keywords:

Karakter Peduli Sosial, Kegiatan Ekstrakurikuler, Palang Merah Remaja

Abstract

Karakter merupakan hal yang sangat dasar dan penting untuk dimiliki setiap individu dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat karena manusia merupakan makhluk sosial. Maka dari itu, pedidikan karakter sangat penting. Adanya pendidikan karakter bertujuan untuk membangun dan mengembangkan nilai-nilai moral atau karakter yang ada pada setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran karakter peduli sosial siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PMR. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif Kuantitatif. Penelitian ini melibatkan siswa yang berjumlah 44 siswa. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Pengumpulan data melalui penyebaran skala ekstrakurikuler PMR dan skala karakter peduli sosial siswa yang dikembangkan langsung oleh peneliti. Regresi linier sederhana dan koefisiensi determinasi digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian mengenai gambaran karakter peduli sosial siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PMR menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti ekstrakurikuler PMR memiliki karakter peduli sosial yang tinggi. Karakter peduli sosial yang tinggi disebabkan oleh keaktifan para siswa mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada pada ekstrakurikuler PMR. Semakin banyak kegiatan yang diikuti maka semakin banyak pengalaman dan pembelajaran yang diperoleh, artinya ekstrakurikuler PMR efektif untuk membangun dan mengembangkan karakter peduli sosial siswa. Hasil akhir yang diharapkan adalah para siswa mampu mengembangkan dan mengimplementasikan dengan baik karakter-karakter yang ada pada dirinya, agar siswa tidak hanya pintar dalam pengetahuan tetapi juga memiliki karakter yang baik.

References

Afriyeni, Y. (2018). Pembentukan Karakter Anak Untuk Peduli Lingkungan Yang Ada Di Sekolah Adiwiyata Mandiri SDN 6 Pekanbaru Yeni Afriyeni Sekolah Tinggi Persada Bunda Pekanbaru. Jurnal PAUD Lectura, 1(2), 123–133. http://www.seminar.uad.ac.id/index.php/senimas/article/view/11574.

Ahmad, M., Siregar, Y. P., Siregar, N. A., & Effendi, H. (2018). Realistic math-based learning model based on mandailing culture. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 39, 67–78. https://www.academia.edu/download/58097696/2018-04_IJSBAR_-_Activity_PMR-BBM.pdf.

Amadea, K., & Ayuningtyas, M. D. (2020). Perbandingan Efektivitas Pembelajaran Sinkronus dan Asinkronus Pada Materi Program Linear. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 111–120. https://doi.org/10.30872/primatika.v9i2.366.

Amazona, R. B. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Hidayatullah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Boga, 5(1), 1–9. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/boga/article/view/1913.

Andi Tenri Faradiba, L. R. (2018). Karakter Disiplin, Penghargaan, dan Tanggung Jawab dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Jurnal Sains Psikologi, 7(1), 93–98. https://doi.org/10.17977/um023v7i12018p93-98.

Aprily, N. M. (2019). Nidzomul Ma’had dalam pendidikan akhlak di Pesantren Cipari Kabupaten Garut. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2). https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4987.

Bukman, M. |, Artanti, L. |, & Sari, P. (2020). Evaluasi implementasi pendidikan karakter di SD negeri 5 betung kabupaten banyuasin. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 26–35. http://ejournal.karinosseff.org/index.php/jitim/article/view/27.

Elisa, Prasetyo, S. A., & Hadi, H. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 114–121. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17553.

Hakim, M. N., & Rahayu, F. D. (2019). Pembelajaran Saintifik Berbasis Pengembangan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1–27. https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.148.

Harahap, D. P. (2020). Penggunaan Metode Silabel dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Using Syllable Method in Improving Student’s Reading Skill. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 15–22. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.14.

Haris, A. (2022). Proses Kognitif Dalam Desain Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 2413–2421. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2820.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep Pendidikan Abad 21: Kepemimpinan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Sd/Mi. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar Dan Keislaman, 10(1), 26–50. https://doi.org/10.31942/mgs.v10i1.2714.

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural : Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 1–26. https://doi.org/10.21043/addin.v7i1.573.

Iis, N., Arita, M., Maratun, N., & Nugraheni, R. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727.

Kinesti, R. D. A., Maharani, T., & Maesaroh, E. (2022). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterampilan Minat Bakat Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Istiqamah Bandung. Arzusin: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Dasar, 2(4), 311–323. https://ejournal.yasin-alsys.org/index.php/arzusin.

Kuning, D. S. (2018). Character Education for Indonesia in Globalization Era. Edukasi Lingua Sastra, 16(1), 118–126. https://doi.org/10.47637/elsa.v16i1.83.

Kurniawan, M. I. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Ke Dalam Pembelajaran Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD). https://doi.org/10.22219/jp2sd.v1i1.1528.

Maknuni, J. (2021). Strategi sekolah dasar dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan peserta didik. Jurnal Ilmiah Kontekstual, 2(2), 9–16. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i02.392.

Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia Melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, 15(2), 1. http://jurnal.upi.edu/file/05_PEMBINAAN_AKHLAK_MULIA_-_Manan1.pdf.

Muliono, M. (2020). Pola Perubahan, Wacana, dan Tren Konflik Sosial di Indonesia. Al-Adyan, 1(2), 115–132. https://www.neliti.com/publications/337370/pola-perubahan-wacana-dan-tren-konflik-sosial-di-indonesia.

Nasution, A., Siddik, M., & Manurung, N. (2021). Efektivitas Mobile Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Journal of Science and Social Research, 4(1). https://doi.org/10.54314/jssr.v4i1.470.

Novitasari, R. D., Wijayanti, A., & Artharina, F. P. (2019). Analisis Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(2), 79. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i2.19495.

Nurchaili. (2010). Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(9), 233. https://doi.org/10.24832/jpnk.v16i9.515.

Nurellah, A., Sumantri, M. S., & Purwanto, A. (2018). Analisis Penerapan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Sekolah Berbasis Alam. Jurnal Sosial Humaniora, 9(2), 90. https://doi.org/10.30997/jsh.v9i2.1206.

Oftiana, S., & Saefudin, A. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Srandakan. MaPan, 5(2), 293–301. https://doi.org/10.24252/mapan.v5n2a10.

Putry, Raihan. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.

Putry, Rayhan. (2018). Nilai pendidikan karakter anak di sekolah. Internasional Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39–54. https://doi.org/10.22373/equality.v4i1.4480.

Rai, I. B., Sila, I. M., Brata, I. B., & Sutika, I. M. (2022). Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Berlandaskan Tri Hita Karana dalam Perspektif Kehidupan Global. Mimbar Ilmu, 27(3), 417–425. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.54307.

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat Kebugaran Jasmani dan Aktivitas Fisik Siswa Sekolah. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 09(01), 511–519. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/38199.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Depublish. In CV. Budi Utama. Deepublish.

Safitri, Y. A., Baedowi, S., & Setianingsih, E. S. (2020). Pola Asuh Orang Tua di Era Digital Berpengaruh Dalam Membentuk Karakter Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 508–514. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i3.28554.

Santosa, S. (2018). Penanaman Nilai–Nilai Karakter Melalui Ekstrakurikuler Hadroh di Mi Ma’arif Giriloyo 1 Imogiri Bantul. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(1). https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v9i1.112.

Sobron, A. ., Bayu, Rani, & S., M. (2019). Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah. Prosiding, 1(1), 1–5. https://doi.org/http://conference.upgris.ac.id/index.php/snse/article/view/204.

Suharyoko. (2016). Pengaruh Kedilan Distributif dan Prosedural Terhadap Kinerja Pegawai Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pegawai Palang Merah Indonesia Eks Karesidenan Surakarta). Widya Ganeswara, 26(31), 190–199.

Sumarni, S., Dardiri, A., & Zuchdi, D. (2015). Pengembangan Model Pendidikan Karakter Berbasis Penguatan Modal Sosial Bagi Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 44–57. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7811.

Surono, K. A. (2017). Penanaman Karakter dan Rasa Nasionalisme pada Kegiatan Ektrakurikuler Pramuka di SMP N 4 Singorojo Kabupaten Kendal. Indonesian Journal of Conservation, 6(1). https://doi.org/10.15294/ijc.v6i1.12527.

Taufan, M., Fadillah, Suherman, A., & Ariyano, A. (2019). Standar Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) Industri Pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(1), 112–117. https://doi.org/10.17509/jmee.v6i1.18251.

Umar. (2017). Pendekatan Social Exchange Perspekstif George C. Homans. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 1(1), 97–111. https://doi.org/10.52266/tadjid.v1i1.5.

Utomo, E. P. (2017). Internalization of National Character Value in Social Studies. SOCIA: Jurnal Ilmu-Imu Sosial, an Academic Journal, 4(2), 132–145. https://doi.org/10.4108/eai.7-8-2019.2288427.

Warif, M. (2019). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Peserta Didik yang Malas Belajar. TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(01), 38–55. https://doi.org/10.26618/jtw.v4i01.2130.

Warlim, Encep, S. N., & Supriyono. (2021). Character Development Based on National Values for Basic School Teachers. Educare International Journal for Education Studies International Journal for Education Studies, 12(2), 165–180. https://doi.org/10.2121/edu-ijes.v13i2.1414.

Wiyani, N. A., & Setiani, R. E. (2022). Manajemen Program Jum’at Bersedekah untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 24–36. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.9603.

Yulmi, D., Efeni, C. E., Ulfah, S., Nizhomy, R., Dinung, A., & Karimah, H. (2017). Kerjasama Personil Sekolah dalam Pelayanan BK di Sekolah. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–5. https://doi.org/10.29210/3003213000.

Downloads

Published

2024-07-30