Penerapan Media Film untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII

Authors

  • Sinta Nofia Sari
  • Ni Made Rai Wisudariani

Keywords:

Media Film, Cerita Fantasi, Hasil

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan media film dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII – 7 SMP Negeri 2 Singaraja yang terdiri dari 32 orang siswa. Bentuk analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Pada analisis siklus 1, kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 75 yaitu sebanyak 20 atau 62,5%, Sedangkan pada siklus II kuantitas siswa yang mendapat nilai minimal 75 sebanyak 28 orang atau mencapai 87,5%. Hasil analisis siklus I tentang presentase hasil belajar pengetahuan bahasa Indonesia dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi mencapai 62,5 % berada pada kategori cukup. Sedangkan siklus II mencapai 87,5 % berada pada kategori tinggi.  Hasil penelitian menunjukkan  penerapan media film dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menceritakan kembali isi cerita fantasi kelas VII–7 di SMP Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Istiwidayanti dan Soedjarwo. 1980. Psikologi Perkembangan Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi Kelima. Terjemahan dari Hurlock, E.B. Jakarta: Erlangga

Jabrohim, Chaerul Anwar dan Suminta A. Sayuti. 2003. Cara Menulis Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurkancana, Wayan dan Sunartana. 1992. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Muslich Masnur. 2012. KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.PT. Bumi Aksara

Sanjaya. 2009. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Prenada: Jakarta.

Sanjaya, Wina. 2012. Kurikulum Dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Sumardjo, Jakob dan Saini K.M. 1994.Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum

Sulanjari, Yuni. 2010. Retorika “Seni Berbicara Untuk Semua”. Yogyakarta: Siasat Pustaka.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: ANGKASA

Downloads

Published

2020-08-03

How to Cite

Nofia Sari, S., & Wisudariani, N. M. R. (2020). Penerapan Media Film untuk Meningkatkan Kemampuan Menceritakan Kembali Isi Cerita Fantasi pada Siswa Kelas VII. Jurnal Ilmiah Tri Hita Karana, 1(1), 1–9. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPDI/article/view/27836

Issue

Section

Articles