Pengembangan Video Pembelajaran Kenampakan Alam dan Buatan Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karana Muatan IPS sebagai Media Efektif untuk Siswa Kelas V SD
Pengembangan Video Pembelajaran Kenampakan Alam dan Buatan Subak Jatiluwih Berbasis Tri Hita Karana Muatan IPS sebagai Media Efektif untuk Siswa Kelas V SD
Keywords:
Kenampakan Alam dan Buatan, Tri Hita Karana, IPSAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media yang kurang bervariasi yang mengakibatkan pembelajaran secara monoton. Untuk itu dibuatkan sebuah media video pembelajaran yang dapat meningkatkan semangat dan konsentrasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan media video pembelajaran untuk siswa kelas V SD. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan kuesioner. Subjek pada penelitian ini yaitu 1 ahli isi, 1 ahli desain pembelajaran media, 1 ahli media, dan 26 siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dengan hasil uji ahli rancang bangun sebesar 90% (sangat baik), uji ahli isi mata pelajaran sebesar 90% (sangat baik), uji ahli desain instruksional sebesar 90% (sangat baik), dan uji ahli media pembelajaran sebesar 91,66% (sangat baik), uji coba perorangan sebesar 87,5% (baik), dan uji coba kelompok kecil 88,5% (baik). Berdasarkan hasil hipotesis memperoleh H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media video pembelajaran kenampakan alam dan buatan Subak Jatiluwih berbasis Tri Hita Karana efektif diterapkan pada muatan materi IPS kelas V SD.
References
Agung, A. A. G. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agung,A.A.G.(2018).Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan.Yogyakarta: Aditya Media Publishing
Agung, A. A. G. (2020). Buku Ajar Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung & Jampel, I. N. (2021). Statistika Inferensial Untuk Pendidikan (Disertai SPSS). Universitas Pendidikan Ganesha.
Ardithayasa, I. W., & Yudiana, K. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbasis Tri Hita Karana Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 163-173.
Arikunto, S. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. (R. Damayanti, Ed.). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Gumantan, A., & Mahfud, I. (2020). Pengembangan Alat Tes Pengukuran Kelincahan Mengunakan Sensor Infrared. Jendela Olahraga, 5(2), 52-61.
Hanafy, M. S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79.
Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-media pembelajaran efektif dalam membantu pembelajaran matematika jarak jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 59-69.
Hidayati, A. S., Adi, E. P., & Praherdhiono, H. (2019). Pengembangan media video pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi gaya kelas IV di SDN Sukoiber 1 Jombang. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 45-50.
Indriani, M. N., Mahapatni, I. A. P. S., Widnyana, I. N. S., & Laintarawan, I. P. (2019). Menelusuri keberadaan jaringan irigasi subak di Kota Denpasar. Jurnal Sewaka Bhakti, 2(1), 35-51.
Koyan, I. W. (2007). Asesmen dalam Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Lilik, L., & Mertayasa, I. K. (2019). Esensi Tri Hita Karana Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Bawi Ayah: Jurnal Pendidikan Agama Dan Budaya Hindu, 10(2), 60-80.
Pangestika, R. S., Wicaksono, A. D., & Sari, N. (2019). Daya Dukung Lingkungan Wisata Subak Jatiluwih Di Desa Jatiluwih Kabupaten Tabanan. Planning for Urban Region and Environment Journal (PURE), 8(1), 39-48.
Ponza, P. J. R., Jampel, I. N., & Sudarma, I. K. (2018). Pengembangan Media Video Animasi pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 9-19.
Purana, I. M. (2016). Pelaksanaan Tri Hita Karana dalam Kehidupan Umat Hindu. Widya Accarya, 5(1).
Putra, D. A., Pangaribuan, P., & Wibowo, A. S. (2020). Sistem Kendali Otomatis Pada Prototype Pintu Pengairan Petak Sawah Terasering Di Daerah Lemukih Bali. eProceedings of Engineering, 7(2).
Putra, I. P. D. P., Priantini, D. A. M. M. O., & Winaya, I. M. A. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(2), 325-338.
Rohaeni, S. (2020). Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Menggunakan Model ADDIE Pada Anak Usia Dini. Instruksional, 1(2), 122-130.
Sari, Y. W., Supriyono, S., & Arga, K. I. (2022). pengembangan lkpd (lembar kerja peserta didik) berbasis metode pembelajaran problem solving kd. menganalisis apbn dan apbd dalam pembangunan untuk meningkatkan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas xi ipa smas taman siswa Teluk Betung. Ekonomia: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1-9.
Sriyanti, N. N. M., & Sriartha, I. P. (2019). Pengembangan Sumber Belajar IPS Berbasis Kearifan Lokal Sistem Subak Dalam Membangun Nilai Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(2), 111-117.
Suartama, I kadek (2016) “Evaluasi dan Kriteria Kualitas Media Pembelajaran”
Sulfemi, W. B. (2019). Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Di SMP Muhammadiyah Pamijahan Kabupaten Bogor.
Syafi'ah, R. (2019). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Pegangan Siswa Ipa Smp Kelas Vii Semester 2 Kurikulum 2013. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 30-36.
Tegeh, I. M. dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Tegeh, I. M., Simamora, A. H., & Dwipayana, K. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Pengembangan 4D Pada Mata Pelajaran Agama Hindu. Mimbar Ilmu, 24(2), 158-166.
Utama, I. G. B. R., & Junaedi, W. R. (2019, October). program kemitraan masyarakat desa wisata warisan budaya Jatiluwih, Tabanan, Bali. In Seminar Nasional Aplikasi Iptek (SINAPTEK) (Vol. 2).
Wahyudi, I. M. D., & Agung, A. A. G. (2021). Video Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 49-58.
Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pembelajaran mata pelajaran IPS. Satya Widya, 33(1), 29-36.
Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140-146.
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.