Penggunaan Media Video Pembelajaran Usaha Makanan Tradisional Berbasis Tri Hita Karana Muatan Materi IPS Efektif untuk Siswa Kelas V SD
Kata Kunci:
pengembangan, video pembelajaran, Tri Hita Karana, IPSAbstrak
Minimnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar sehingga mengurangi motivasi, semangat, serta minat belajar siswa. Maka dari itu, diperlukan sebuah media yang berupa media video pembelajaran untuk siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data dilaksanakan melalui metode wawancara, metode angket/kuesioner, dan metode tes berupa soal pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) rancang bangun media video pembelajaran berdasarkan hasil penilaian dari ahli rancang bangun bangun sebesar 93,18% dengan kualifikasi sangat baik, (2) media video pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli isi mata pelajaran sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli desain intruksional sebesar 90% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian dari ahli media pembelajaran sebesar 91,66% dengan kualifikasi sangat baik, hasil penilaian uji coba perorangan sebesar 93% dengan kualifikasi sangat baik, dan hasil penilaian uji coba kelompok kecil sebesar 89,77% dengan kualifikasi baik. (3) efektivitas media video pembelajaran berdasarkan uji-t sample dependent diperoleh nilai thitung = 9,095 sedangkan nilai ttabel dengan dk 50 pada taraf signifikasi 5% diperoleh sebesar 2,000. Hasil tersebut menunjukkan thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran usaha makanan tradisional berbasis Tri Hita Karana efektif diterapkan pada materi kegiatan ekonomi muatan IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Pandak Bandung.
Kata Kunci: pengembangan, video pembelajaran, Tri Hita Karana, IPS
Referensi
Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2021). Statistika Inferensial untuk Manajemen Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha. Retrieved Agustus 26, 2022
Agung, A. A. G. 2014. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing
Agung, (2020). Evaluasi Pendidikan. Universitas Pendidikan Undiksha. Retrieved Agustus 26, 2022
Ali, M. (2013, Juni). Prinsip Dasar Produksi Dalam Ekonomi Islam. Jurnal Lisan Al-Hal, 7, 19-31. Retrieved Agustus 31, 2022
Amka, M. (2018). Media Pembelajaran Inklusi. (M. Dr. Imam Yuwono, Ed.) Retrieved Juli 27, 2022
Andrian Eldanto, d. (2018). Penerapan Metode Statistika Inferensial Sebagai Alat Bantu Hitung Dengan Solusi Komprehesif. Jurnal In TekSis, 5, 22-32. Retrieved Agustus 24, 2022
Andriana Johari, d. (2014, juni). Penerapan Media Video dan Animasi Pada Materi Memvakum dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal Of Mechanical Engineering Education, 1, 9-15. Retrieved September 7, 2022
Assauri. (2004). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press. Retrieved Agustus 31, 2022
Budiarsini, Kadek. 2020 “Pengembangan Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Bali Kelas 1 Semester Ganjil (Studi kasus di: SD Negeri 2 Tukadmungga) “Volume 9, Tahun 1,2020
Chotibuddin, M. (2021, Maret 1). Pengaruh Metode Kooperative Type Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 09 Kranji Lamongan. journal.stitmupaciran.ac.id, 7, 101-120. Retrieved Agustus 22, 2022
Cut dhien nurwahidah, d. (2021, maret). Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Mahasiswa. jurnal.umt.ac.id, 17, 118-139. Retrieved agustus 16, 2022
Eka Susanti, M. d. (2018). Konsep Dasar IPS. Medan. Retrieved Juli 27, 2022
Endayani, H. (2017, Januari). Pengembangan Materi Ajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1. Retrieved Juli 27, 2022
Fadhli, M. (2015, Januari 1). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 3, 24-19. Retrieved Agustus 17, 2022
Febriani, M. (2021, Januari). IPS Dalam Pendekatan Kontruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 01, 61-65. Retrieved Agustus 16, 2022
Gede Yudhi Mahardika, d. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Tri Hita Karana Dan Catur Guru Dalam Mata Pelajaran Agama Hindu Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8, 500-509. Retrieved Agustus 17, 2022
Habibi, M. (2022, Januari). Teori Konsumsi, Produksi, dan Distribusi Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Jurnal Perbankan Syariah Darussalam (JPSDa), 88-104. Retrieved Agustus 31, 2022
Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4, 129-150. Retrieved Juli 28, 2022
Hilmi, M. Z. (2017, Oktober). Implementasi Pendidikan IPS Dalam Pembelajaran IPS di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3, 164-172. Retrieved Agustus 16, 2022
I Made Tegeh, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. Jurnal Ika, 11 , 12-26. Retrieved Agustus 20, 2022
Ida Bagus Ketut Surya Arnawa, d. (2019, Nopember). Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Media Pemasaran Pada IRT Jajan Tradisional Bali. Jurnal Ilmiah Populer, 31-36. Retrieved Agustus 31, 2022
Inri Novita Dwianti, d. (2021, Agustus). Pengaruh Media PowerPoint dalam pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Aktivitas Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(4), 675-680. Retrieved Juli 26, 2022
Istiqal, A. (2018). Manfaat Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Dan Mengajar Mahasiswa di Perguruan Tinggi. jurnal kepemimpinan dan pengurusan sekolah, 3, 139-144. Retrieved Agustus 16, 2022
Karno Nur Cahyo, d. (2019, Oktober). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Kuisioner Pelatihan Pada PT Brainmatics Cipta Informatika. Jurnal Of Information System Research (JOSH), 1, 45-53. Retrieved Agustus 22, 2022
Komang Rina Ariani, d. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes Untuk Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3. Retrieved Agustus 17, 2022
Koyan. (2012). Buku Ajar Statistik. In Teknik Analisis Data Kuantitatif.
Lilik, I. K. (2019, oktober 31). Esensi Tri Hita Karana Perspektif Pendidikan Agama Hindu. Jurnal Bawi Ayah, 10, 60-80. Retrieved Juli 27, 2022
Lumanauw, N. (2018, Desember). Pengembangan Makanan Tradisional Bali Pada Pasar Malam di Pasar Sindu, Sanur, Bali. Jurnal Ilmiah Hospitality Management, 9, 83-92. Retrieved Agustus 31, 2022
Megi Tindangen, d. (2020). Peran Perempuan Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Kasus : Perempuan Pekerja Sawah Di Desa Lemoh Barat Kecamatan Tombariri Timur Kabupaten Minahasa). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 20, 79-87. Retrieved Agustus 16, 2022
Mursyidi, W. (2019). Kajian Teori Belajar Behaviorisme Dan Desain Instruksional. Almarhalah| Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 33-38.
Nanda Dewi, d. (2018, agustus). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing Di Program Studi S1 Pvkb Unj. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7, 25-33. Retrieved agustus 15, 2022
Ni Kadek Dewi Astri, d. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan dan Konsteling, 4, 575-585. Retrieved Agustus 24, 2022
Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, No. 2, 333-352.
Pibriari, N. L. (2020, Desember). Pemetaan Potensi Kuliner Lokal Dalam Menunjang Pengembangan Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana. Jurnal Perhotelan dan Pariwisata, 10 No. 2, 172-184. Retrieved Agustus 31, 2022
Pratama, Satria Artha R. I. (2021). Pengaruh Penerapan Standar Oprasional Prosedur dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Eksport PT. Dua Kuda Indonesia. Jurnal Ilmiah M-Progress, 11, 38-47. Retrieved September 7, 2022
Putu Ronny Angga Mahendra, I. M. (2021, mei). Membangun Karakter Berlandaskan Tri Hita Karana Dalam Perspektif Kehidupan Global. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9, 423-430. Retrieved Agustus 16, 2022
Rangkuti, Anna Armeini. (2017). Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Soekarwati. (2001). Pengantar Agroindustri. Jakarta: Raja Grapindo Persada. Retrieved Agustus 31, 2022
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Retrieved Agustus 31, 2022
Sujana, I. W. (2019, April). Fungsi dan Tujuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dasar, 4, 29-39. Retrieved Juli 26, 2022
Sutaguna, I. N. (2017). Modifikasi Makanan Tradisional Bali Berbahan Dasar Ayam Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Mengwi Badung. jurnal ilmiah hospitality management, 7(2), 101-182. Retrieved Juli 28, 2022
Tafonao, T. (2018, Juli). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2, 103-144. Retrieved Juli 26, 2022
Tegeh. (2014). Metodelogi Penelitian Pengembangan. In Buku Ajar (p. 139).
Vannisa Aviana Melinda, d. (2017). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPS Berbasis Virtual Field Trip (VFT) Pada Kelas V SDNU Kratonkencong. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 3. Retrieved Agustus 17, 2022
Wahyudi, I. M. (2021, April). Video Pembelajaran IPS Berbasis Tri Hita Karana Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendagogi dan Pembelajaran, 4. Retrieved Agustus 17, 2022
Widiastuti, N. L. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Ipa Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4, 479-490. Retrieved Agustus 17, 2022
Yuanta, F. (2020). Pengembangan media video pembelajaran ilmu pengetahuan sosial pada siswa sekolah dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91-100.
Yusup, F. (2018, Juni). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7, 17-23. Retrieved Agustus 22, 2022
Yusuf, Muhammad dan Lukman Daris. (2019). Analisis Data Penelitian: Teori & Aplikasi dalam Bidang Perikanan. Bogor: IPB Press.