Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema Perkembangan Teknologi Melalui Penerapan Model Discovery Learning pada Siswa Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v1i1.27818Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar Matematika siswa kelas III A SD Laboratorium Undiksha semester II tahun 2018/2019 melalui model pembelajaran Discovery Learning bermediakan benda konkret. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan model spiral dari C. Kemmis dan Mc.Taggart melalui 2 siklus. Subjek penelitian yang digunakan adalah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dibuktikan terjadinya peningkatan rata-rata dan ketuntasan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pra siklus sebesar 57,22 meningkat menjadi 78,61 pada siklus I. Kemudian pada siklus II rata-rata hasil belajar menjadi 86,38. Dengan KKM 60 pada pra siklus ketuntasan sebesar 44,4%, pada siklus I meningkat menjadi 80,6% dan pada siklus II meningkat menjadi 91,7%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas III pada tema perkembangan teknologi.
References
Aisyah, N., dkk. 2007. Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Nasional.
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Fathani, A.H. 2009. Matematika Hakikat & Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Mulyasa, H.E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pardjono, dkk. 2017. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta
Sanjaya, W. (2010). Penilitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.