Hubungan Karakter Gemar Membaca dan Keterampilan Membaca dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Ni Putu Yuni Kartini, Luh Putu Putrini Mahadewi, I Wayan Widiana

Abstract


Keberhasilan belajar bahasa Indonesia siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor internal yang dapat mempengaruhi hasil belajar bahasa Indonesia ialah karakter gemar membaca dan keterampilan membaca. Penyebab kurang maksimalnya hasil belajar bahasa Indonesia yaitu rendahnya keterampilan membaca yang dimiliki siswa, kebiasaan membaca yang kurang baik, dan siswa yang mudah bosan membaca.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan karakter gemar membaca dan keterampilan membaca siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk expost-facto. Adapun jumlah populasi dari seluruh siswa kelas III SD sebanyak 104 siswa. Sampel dicari dengan teknik proportionate Stratified random sampling sehingga berjumlah 82 siswa. Metode non-tes digunakan pada penelitian ini untuk mengumpulkan data, diantaranya kuesioner karakter gemar membaca dan keterampilan membaca menghasilkan data kuantitatif serta data hasil belajar bahasa Indoesia diperoleh dengan pencatatan dokumen. Analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan uji regresi ganda. Kesimpulan penelitian ini mengungkapkan terdapat (1) hubungan positif antara karakter gemar membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia dan sumbangan efektif sebesar 22%, (2) hubungan positif antara keterampilan membaca dengan hasil belajar bahasa Indonesia dan sumbangan efektif sebesar 7%, (3) hubungan positif secara bersama- sama antara karakter gemar membaca dan keterampilan membaca siswa dengan hasil belajar bahasa Indonesia serta sumbangan efektif sebesar 29%. Oleh karena itu, kedua faktor tersebut bisa dijadikan prediktor tolak ukur keberhasilan belajar siswa khususnya mata pelajaran bahasa Indonesia.


References


Atika, Z. N., & Junaidi, J. (2019). Hubungan Karakter Siswa Dengan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X dan XI IPS di SMANegeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 20–27. https://doi.org/10.24036/sikola.v1i1.4

Dalman. (2017). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.

Dewi, G. A. S. R., Sulastri, N. M., & Garminah, N. N. (2015). PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INDONESIA KELAS V SEMESTER II. E-Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5792

Erwenta, J., Agung, L., & Sunardi, S. (2018). The Values of Character Education in the Didong Art Performance: A Study of Enculturation Process in Gayonese Society. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 196. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.248

Estiningtyas, W. R., Suyanto, I., & Suryandari, K. C. (2016). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Panjatan. Kalam Cendekia PGSD Kebumen, 4(5). https://garuda.ristekbrin.go.id/author/view/261047

Gustientiedina, G., & Ambiyar, A. (2018). PENGARUH PERSEPSI TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT KEAHLIAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMASI SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER PELITA INDONESIA. Mimbar Ilmu, 23(3), 225–230. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16439

Harahap, E. O. (2019). HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMAHAMI ISI BACAAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Eka. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 3(1), 53–58. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30829/komunikologi.v3i1.5314

Hisken, L. J. (2011). The Correlation Between Self-Esteem and Student Reading Ability, Reading Level, And Academik Achievement. Universitas of Central Missouri, 111–127. https://www.academia.edu/25643689/THE_CORRELATION_BETWEEN_SELF_ESTEEM_AND_STUDENT_READING_ABILITY_READING_LEVEL_AND_ACADEMIC_ACHIEVEMENT

Julaiha, S. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran. STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 2(1), 226–239.

https://doi.org/https://doi.org/10.21093/di.v14i2.15

Kholidha, N., & Rusyadi, S. I. (2016). Hubungan keterampilan membaca dan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas v semester I sd negeri lumutan 1 kecamatan botolinggo kabupaten bondowoso tahun ajaran 2015/2016. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 3(2), 13–20. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/article/view/106

Laily, I. F., & Naqiyyah, M. (2014). KONTRIBUSI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER (GEMAR MEMBACA) TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V MI DARUL HIKAM CIREBON. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(2). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v1i2.347

Machin, A. (2014). Implementasi pendekatan saintifik, penanaman karakter dan konservasi pada pembelajaran materi pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2898

Mualimah, E. N., & Usmaedi. (2018). ISSN 2540-9093 PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN KUBANGLABAN Eka Nurul Mualimah , Usmaedi STKIP Setia Budhi Rangkasbitung A . Pendahuluan Pembelajaran membaca menjadi salah satu pembelajaran yang tidak. Jurnal Untirta, 4(1), 43–55. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2459.g2356

Nafi’ah, S. A. (2018). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesai di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Neolaka, A. (2017). Landasan Pendidikan: Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Jakarta: Kencana.

Ngalimun. (2014). Stategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressido.

Nugroho, A., Puspitasari, R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi Gemar Membaca Melalui Program Pojok Baca Dalam Mata Pelajaran Ips Pada Siswa Kelas Viii Di Smpn 2 Sumber. Edueksos, 5(2), 187–206. https://doi.org/10.24235/edueksos.v5i2.1167

Nuryanti, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelaksanaan Gerakan Literasi dan Minat Baca Terhadap Hasil Belajar Berbicara Siswa SD Negeri Segugus Taman, Kota Madiun. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 3(2), 105. https://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5733

Nusa, P. D. (2019). Hubungan Pendidikan Karakter Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pkn. Joyful Learning Journal, 8(3), 142–148. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v8i3.32705

Pantu, A., & Luneto, B. (2014). Pendidikan Karakter Dan Bahasa. Al-Ulum, 14(1), 153–170. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/233

Rahadian, G., Rohanda, R., & Anwar, R. K. (2014). PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 47. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11628

Rahman, B., & Haryanto, H. (2014). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA FLASHCARD PADA SISWA KELAS I SDN BAJAYAU TENGAH 2. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 127. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2650

Sari, P. P. (2018). Penanaman Nilai Karakter Gemar Membaca. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr, 7(2), 205–217. https://doi.org/10.24090/jimrf.v7i2.2521

Solihah, F. ., Santoso, A., & Mudiono, A. (2018). Studi Penerapan Program Pembiasaan Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(3), 382–397. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10681

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Mengajar di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. https://books.google.co.id/books?id=IeVNDwAAQBAJ&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false

Sutaryono, S., Ansori, I., Istafa, Z., & Sukardi, S. (2019). Parents’ Education Degree, Character Education In Children, And Primary Students Social Science Learning Outcomes. Proceedings of the International Conference Primary Education Research Pivotal Literature and Research UNNES 2018 (IC PEOPLE UNNES 2018), 303, 239–242. https://doi.org/10.2991/icpeopleunnes-18.2019.47

Tarigan, G. H. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Citapustaka Media.

Wahidin, M. S., Darsono, & Nelly, A. (2019). Hubungan Pendidikan Karakter dan Kecerdasan Emosional dengan Hasil Belajar PKn. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11(1). http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/60360

Wardarita, R. (2020). Kontribusi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4 . 0. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 5(1), 39–45. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i1.1656

Wati, R., Atmazaki, A., & Tressyalina, T. (2018). Contribution of reading comprehension ability and learning motivation to writing. Proceedings of the International Conferences on Educational, Social Sciences and Technology - ICESST 2018, 999–1004. https://doi.org/10.29210/20181144

Wibowo. (2012). Manajemen Kinerja. Jakarat: Raja Grafindo Persada.

Widianto, R., Suripto, & Suryandari, K. C. (2013). Pengaruh Pendekatan Whole Language dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV SDN 2 Kalibeji Tahun Ajaran 2012/ 2013. Kalam Cendekia PGSD Kabumen, 15(3–2). https://adoc.pub/keyword-whole-language-reading-comprehension.html

Wittentirelli, W., Herman Saputra, A., & Putra, A. E. (2019). ANALISIS KARAKTER GEMAR MEMBACA SISWA SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(2), 182. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.305

Yin, C., Yamada, M., Oi, M., Shimada, A., Okubo, F., Kojima, K., & Ogata, H. (2019). Exploring the Relationships between Reading Behavior Patterns and Learning Outcomes Based on Log Data from E-Books: A Human Factor Approach. International Journal of Human-Computer Interaction, 35(4–5), 313–322. https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1543077




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33511

Article Metrics

Abstract view : 647 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.