The MEDIA FLASHCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA PADA MATERI KOSAKATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA DI KELAS III SEKOLAH DASAR
MEDIA FLASHCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA PADA MATERI KOSAKATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA DI KELAS III SEKOLAH DASAR
Keywords:
Media flashcards trilingual, e-booklet, literasi bahasa, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media literasi dalam proses belajar guna meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kondisi di atas menarik perhatian penulis untuk mencoba meningkatkan kemampuan peserta didik menggunakan media flashcards trilingual berbasis e-booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media ini dapat meningkatkan literasi bahasa siswa pada materi kosakata baku dan tidak baku Bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu dilakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu untuk menilai karakteristik siswa terkait dengan keterampilan literasi bahasa, pengetahuan, dan sikap yang dimiliki siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Media yang telah dibuat telah diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan di kelas. Hasil uji menunjukkan bahwa media flashcard berbasis e-booklet layak dan praktis digunakan. Media ini juga efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa media media flashcard berbasis e-booklet yang telah dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan literasi.
References
Anggreani, C., & Satrio, A. (2021). Pengembangan Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia
Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5126–5135. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1639
Desliana, D., Idham, M., & Bukhari, B. (2020). Kemampuan Menggunakan Kosakata Baku Dalam Kalimat
Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Karya Budi Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, 4(2). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/13325
Erviana, V. Y., & Andriani, R. (2019). The Flashcard Media to Reduce Reading Difficulties of First-Grade
Elementary School Students. 349(Iccd), 592–595. https://doi.org/10.2991/iccd-19.2019.155
Febriyani Awliyah, R., Raudlatul Jannah, F., Mustofa, A., Pgmi, F., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021).
Aspek Perkembangan Bahasa Anak Pada Tingkat Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE
Fitriana, R. O., Hadi, M. S., & Izzah, L. (2021). Improve Students’ English Vocabulary Skills With Flashcard
Media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 521. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.39029
Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. 1(2).
Nyoman Adi Putra, I., Nyoman Jampel, I., Gde Wawan Sudatha, I., & Studi Teknologi Pendidikan, P. (2018).
Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di Tk Negeri
Pembina Singaraja. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 6, Issue 1).
Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan
Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 71–76. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213
Sinaga, S. S. (2022). Children’s Trilingual Songs (Indonesian, English, and Javanese) as Media for
Strengthening the Diversity Character of Elementary School Students. Harmonia: Journal of Arts
Research and Education, 22(2), 392–404. https://doi.org/10.15294/harmonia.v22i2.41585
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas
Pendidikan Ganesha
Umyati, R., Yuliana, R., & Rosidin, O. (2021). Developing Trilingual Smart Book Media As A Literacy Facility
For Third Grade Students Of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,10(5), 1091. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8294
Yanto Budhianto, O., Kepala SDN, M., & Kecamatan Kramatmulya Post-El, K. (2018). Pembelajaran Bahasa
Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. 13.
Yuliana. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Bahan Ajar dalam Perkembangan Moral
Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Islamiyah Desa Tanjung Raja. Universitas Islam Negeri Raden
Intan.
Zurika Lubis, H. S., Nidn, Ms., Jamila, D., Nidn, Mp., Oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat
Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, D., & Pendidikan
Tinggi Sesuai dengan Kontrak Penelitian, dan. (n.d.). Kode/Nama Rumpun Ilmu* : 562/Akuntansi
Bidang Fokus : Sosial Humaniora Laporan Penelitian Produk Terapan Tahun Ke-1 Dari Rencana 2
Tahun Inovasi Pembelajaran Akuntansi Melalui Model Addie Pada Universitas Swasta Di Kota Medan
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Oktober 2017
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Vannya Sabrina Putri Hamidi, i Wayan Widiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.