The MEDIA FLASHCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA PADA MATERI KOSAKATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

MEDIA FLASHCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA PADA MATERI KOSAKATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA DI KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Vannya Sabrina Putri Hamidi Universitas Pendidikan Ganesha
  • i Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Media flashcards trilingual, e-booklet, literasi bahasa, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media literasi dalam proses belajar guna meningkatkan kemampuan literasi siswa. Kondisi di atas menarik perhatian penulis untuk mencoba meningkatkan kemampuan peserta didik menggunakan media flashcards trilingual berbasis e-booklet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media ini dapat meningkatkan literasi bahasa siswa pada materi kosakata baku dan tidak baku Bahasa Indonesia di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlu dilakukan analisis kebutuhan terlebih dahulu untuk menilai karakteristik siswa terkait dengan keterampilan literasi bahasa, pengetahuan, dan sikap yang dimiliki siswa. Metode
pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Media yang telah dibuat telah diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan di kelas. Hasil uji menunjukkan bahwa media flashcard berbasis e-booklet layak dan praktis digunakan. Media ini juga efektif dalam meningkatkan keterampilan literasi siswa. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa media media flashcard berbasis e-booklet yang telah dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam kegiatan literasi.

References

Anggreani, C., & Satrio, A. (2021). Pengembangan Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Anak Usia

Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 5126–5135. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1639

Desliana, D., Idham, M., & Bukhari, B. (2020). Kemampuan Menggunakan Kosakata Baku Dalam Kalimat

Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd Karya Budi Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan

Guru Sekolah Dasar, 4(2). https://jim.usk.ac.id/pgsd/article/view/13325

Erviana, V. Y., & Andriani, R. (2019). The Flashcard Media to Reduce Reading Difficulties of First-Grade

Elementary School Students. 349(Iccd), 592–595. https://doi.org/10.2991/iccd-19.2019.155

Febriyani Awliyah, R., Raudlatul Jannah, F., Mustofa, A., Pgmi, F., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021).

Aspek Perkembangan Bahasa Anak Pada Tingkat Sekolah Dasar. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama, 8(1). http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE

Fitriana, R. O., Hadi, M. S., & Izzah, L. (2021). Improve Students’ English Vocabulary Skills With Flashcard

Media. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(3), 521. https://doi.org/10.23887/jippg.v4i3.39029

Latifa, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. 1(2).

Nyoman Adi Putra, I., Nyoman Jampel, I., Gde Wawan Sudatha, I., & Studi Teknologi Pendidikan, P. (2018).

Pengembangan Multimedia Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Di Tk Negeri

Pembina Singaraja. In Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha (Vol. 6, Issue 1).

Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan

Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 71–76. https://doi.org/10.32938/jbi.v4i2.213

Sinaga, S. S. (2022). Children’s Trilingual Songs (Indonesian, English, and Javanese) as Media for

Strengthening the Diversity Character of Elementary School Students. Harmonia: Journal of Arts

Research and Education, 22(2), 392–404. https://doi.org/10.15294/harmonia.v22i2.41585

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metode Penelitian Pengembangan Pendidikan. Singaraja: Universitas

Pendidikan Ganesha

Umyati, R., Yuliana, R., & Rosidin, O. (2021). Developing Trilingual Smart Book Media As A Literacy Facility

For Third Grade Students Of Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar,10(5), 1091. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i5.8294

Yanto Budhianto, O., Kepala SDN, M., & Kecamatan Kramatmulya Post-El, K. (2018). Pembelajaran Bahasa

Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Siswa. 13.

Yuliana. (2018). Pengembangan Buku Cerita Bergambar sebagai Bahan Ajar dalam Perkembangan Moral

Anak Usia Dini Taman Kanak-Kanak Islamiyah Desa Tanjung Raja. Universitas Islam Negeri Raden

Intan.

Zurika Lubis, H. S., Nidn, Ms., Jamila, D., Nidn, Mp., Oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat

Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, D., & Pendidikan

Tinggi Sesuai dengan Kontrak Penelitian, dan. (n.d.). Kode/Nama Rumpun Ilmu* : 562/Akuntansi

Bidang Fokus : Sosial Humaniora Laporan Penelitian Produk Terapan Tahun Ke-1 Dari Rencana 2

Tahun Inovasi Pembelajaran Akuntansi Melalui Model Addie Pada Universitas Swasta Di Kota Medan

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Oktober 2017

Published

2024-03-01

How to Cite

Hamidi, V. S. P., & Widiana, i W. (2024). The MEDIA FLASHCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA PADA MATERI KOSAKATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA DI KELAS III SEKOLAH DASAR: MEDIA FLASHCARDS TRILINGUAL BERBASIS E-BOOKLET UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BAHASA PADA MATERI KOSAKATA BAKU DAN TIDAK BAKU BAHASA INDONESIA DI KELAS III SEKOLAH DASAR. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/74541

Issue

Section

Articles