Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Amanah Nursanti PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
  • DB Kt. Ngr. Semara Putra PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba PGSD Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30955

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis portofolio terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat Tahun 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimental design) dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V Gugus Tuanku Imam Bonjol tahun ajaran 2019/2020, yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan tekhning random sampling dengan pengacakan kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SDN 25 Pemecutan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas V SDN 7 Dauh Puri sebagai kelas Kontrol dengan jumlah 30 siswa. Data yang dikumpulkan adalah nilai kompetensi pengetahuan IPA dengan nilai kognitif (post test). Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument berupa test objektif pilihan ganda, kemudian data dianalisis menggunakan uji-t polled varian. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh thitung = 3,44 ini dibandingikan dengan taraf signifikansi 5% dan dk=33+30-2=61 diperoleh ttabel = 2,00 sehingga thitung = 3,44 > ttabel = 2,00 sehingga H0 ditolak. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelas yang dibelajarakan dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis Portofolio dengan kelas yang dibelajarkan secara konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning berbasis Portofolio berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Denpasar Barat tahun 2019/2020

References

Agung, A.A Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agung, A.A Gede. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish.

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Arstuti,Febriana. 2018. "Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning Berbasis Portofolio Terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus II Abiansemal Tahun Ajaran 2017/2018"e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 3, Nomor 2 (hlm. 1-9). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 3 Desember 2019)

Dantes. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok: Rajawali Pers.

Dantes, Nyoman. 2017. Analisis dan Design Eksperimen. Singaraja: Universitas Pendiikan Ganesha.

Elizabeth. 2006. Pintar Membuat Portofolio. Jakarta: Esensi.

Johnson. 2014. Contextual Teaching and Learning. Bandung: Kaifa.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawai Pers.

Kusuma. 2017. "Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Bahasan Indonesia Siswa Kelas V SDN 5 Pedunganl Tahun Ajaran 2017/2018"e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-10). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 20 Maret 2020)

Mansur Muslich. 2011. Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurdyansyah, Eni. 2016. Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarj0: Nizamia Learning Center.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Rusman. 2015.Pembelajaran Tematik Terpadu, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan.

Jakarta: Prenamedia Group.

Subali, Bambang. 2013. Kemampuan Berpikir Pada Divergen dan Berpikir Kreatif dalam Keterampilan Proses Sains. Yogyakarta: UNY Press.

Sudijono, Anas. 2016. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. 2013. Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Supardi, 2017. Statistik Penelitian Pendidikan. Depok : Rajawali Pers.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.

Tukiran, Taniredja, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Trisna, Ni Luh. 2017. "Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Karakter Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas IV SD Negeri Gugus Tuanku Imam Bonjol Kecamatan Deanpasar Barat". e-journal PGSD UNDIKSHA Jurusan PGSD, Volume 5, Nomor 2 (hlm. 1-13). Tersedia pada https://ejournal.undiksha.ac.id (diakses tanggal 23 November 2019)

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Nursanti, A., Putra, D. K. N. S., & Manuaba, I. B. S. (2021). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30955

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)