HUBUNGAN EFIKASI DIRI DAN DISIPLIN GURU DENGAN KINERJA GURU

Putu Ayu Ari Pratikayanti, DB Kt. Ngr. Semara Putra

Abstract


Rendahnya efikasi diri dan disiplin guru dapat mempengaruhi kurang optimalnya kinerja guru. Kinerja guru sangat berperan penting untuk mencapai tujuan sekolah dan kualitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kinerja guru, hubungan yang signifikan antara disiplin guru dengan kinerja guru serta hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan disiplin guru dengan kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex post factoMetode pengumpulan data diperoleh melalui kuesioner tertutup dengan mengisi kuesioner efikasi diri, disiplin guru dan kinerja guru. Data penelitian diperoleh dianalisis menggunakan uji korelasi product moment untuk hipotesis I, II dan mengguanakan uji korelasi ganda untuk hipotesis III. Berdasarkan hasil analisis uji korelasi product moment untuk hipotesis I, II  dan mengguanakan uji korelasi ganda untuk hipotesis III dinyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rhitung = 0,771> rtabel = 0,334, terdapat hubungan yang signifikan antara disiplin guru dengan kinerja guru dengan koefisien korelasi rhitung = 0,858> rtabel = 0,334, dan terdapat hubungan yang signifikan antara efikasi diri dan disiplin guru dengan kinerja guru dengan ditentukan dari nilai Fhitung = 48,43  > Ftabel = 3,29, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa efikasi diri dan disiplin guru terdapat hubungan signifikan sehingga membantu memberikan dampak positif terhadap kinerja guru.


References


Afrina, D. (2019). Hubungan Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah dan Efikasi Diri dengan Kinerja Mengajar Guru. Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 13. https://ejournal.unib.ac.id

Alhusaini, A., Kristiawan, M., & Eddy, S. (2020). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Online Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1. https://doi.org/10.36709/jopspe.v5i1.13326. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/693/617

Armani, A. R., & Margunani. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri Se-Kabupaten Sragen. Economic Education Analysis Journal, 6(1), 70–82. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj/article/download/13474/7357

Astuti, A. D. (2017). Pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja guru SD di Kabupaten Cilacap. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 5(2), 150. https://doi.org/10.21831/amp.v5i2.13931. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/13931

Barnawi, & Arifin, M. (2014). Kinerja Guru Profesional. Maguwoharjo : AR-RUZZ MEDIA.

Bungawati, S. (2016). Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi Kerja , dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMKN 7 Makasar. Jurnal Competitiveness, 10(c), 1–15. https://jurnal.unismuh.ac.id/index.php/competitiveness/article/download/322/296

Herawaty, D. (2016). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL , PARTISIPASI GURU DALAM FORUM ILMIAH , KEYAKINAN DIRI ( SELF EFFICACY ) , DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 71–85. https://core.ac.uk/download/pdf/294833891.pdf

Hutagalung, A. I. Y., & Suratman, B. (2019). Peran Pendiri Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(1), 33–50. https://core.ac.uk/download/pdf/279112574.pdf

Isyanto, N. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Kompetensi Profesional dengan Kinerja Guru Pada Sekolah Menengah Atas di Sub Rayon 11 Parung Kabupaten Bogor. Jurnal AL-ASHRIYYAH,5,99–116. http://jurnal.nuruliman.or.id/index.php/alashriyyah/article/download/49/47

Koyan, I. W. (2012). Statistika tenik analisis data kuantitatif. Universitas Pendidikan Ganesha.

Lestari, L., & Mayasarokh, M. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala RA dan Regulasi Diri Guru terhadap Kinerja Guru di PC Cilimus Kabupaten Kuningan. Jurnal Golden Age, 4(02),251–261.

http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/viewFile/2620/1546

Nugraheni, A. S., & Rahmayanti, R. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru di MI Al Islam Tempel dan MI Al Ihsan Medari. Jurnal Pendidikan Madrasah, 1(November), 277–294. http://202.0.92.5/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/1219/1113

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04.

http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/download/132-04/949

Purwoko, sidik. (2018). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Komitmen Guru, Disiplin Kerja Guru, dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK. Akintabilitas Manajemen Pendidikan,6(2),149–162. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/viewFile/8467/11337

Putri, R., & Priambodo, A. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Penetapan Tujuan dan Kepuasan Kerja Pada Pengembangan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (Studi Pada Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMA Negeri Se-kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 03, 220–226.

https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnalpendidikanjasmani/article/download/13516/12412

Risanty, R. D., & Sopiyan, A. (2017). Pembuatan Aplikasi Kuesioner Evaluasi Belajar Mengajar Menggunakan Bot Telegram Pada Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta (Ft-Umj) Dengan Metode Polling. Seminar Nasional Sains Dan Teknologi, November, 1–9. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/download/2071/1712

Rosidi, I., & Santosa, A. B. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Efikasi Gur Terhadap Kinerja Guru Dimediasi Komitmen Organisasional. Journal of Management, 15, 50–62. http://eprints.unisbank.ac.id/id/eprint/6505/

Rosmawati, R., Ahyani, N., & Missriani, M. (2020). Pengaruh Disiplin dan Profesionalisme Guru terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research, 1(3), 200–205. https://jer.or.id/index.php/jer/article/download/22/21

Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. Indonesia Journal Of Educational Management, 2(3), 244–255. http://jurnal.permapendis.org/index.php/managere/article/view/41

Sjamsuri, A., & Muliyani, N. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kinerja Guru Di SMA PGRI 3 Jakarta. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(1), 1–6. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/3094/2419

Subandi, Anubhakti, D., & Vallendito, B. (2017). Rancang Bangun Kuesioner Survey Berbasis Web. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Aplikasinya (SENTIA), 9, 47–50. http://sentia.polinema.ac.id/index.php/SENTIA2017/article/view/228

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kulitatif dan R&D. CV. Alfabeta.

Sukardi. (2019). Metodologi penelitian pendidikan kompetensi dan praktiknya. PT Bumi Aksara.

Syaleh, H. (2018). Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Negeri 11 Sijunjung. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 15(2), 150–164. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/download/1192/1219

Tanjung, R., Arifudin, O., Sofyan, Y., & Hendar. (2020). Pengaruh Penilaian Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Imiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 4(1), 380–391. https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/download/554/221

Wigati, T. W. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional Dan Kompetensi Profesional Dengan Efikasi Diri Guru Smp Di Kecamatan Bandar Sribhawono Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO, Vol. 3. No(1), 99–109.

https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/download/828/581




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/mpi.v2i1.33185

Article Metrics

Abstract view : 894 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Mimbar Pendidikan Indonesia is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id


Mimbar Pendidikan Indonesia is indexed by:

Akreditasi SINTA 2   Crossref JPI  Index Copernicus JPI JPI Undiksha OneSearch   Microsoft Academic JPI  JPI indexing by Asean Citaion Index 




Creative Commons License

Mimbar Pendidikan Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.