Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbasis SETS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ni Komang Ayu Ari Suci PGSD Universitas Pendidikan Ganesha
  • Kt. Pudjawan Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Dsk Pt Parmiti Teknologi Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30956

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbasis Science Environment Technology Society (SETS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian yakni Posttest Only Control Group Design. Data hasil belajar IPA diperoleh melalui metode tes dengan instrumen pengumpulan data berupa tes pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data yang telah terkumpul kemudian dilakukan analisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan uji-t independent sampel. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung sebesar 2,992 sedangkan ttabel sebesar 2,000. Hal ini berarti thitung lebih besar dari pada tabel, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE) berbasis Science Environment Technology Society (SETS) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus I Kecamatan Buleleng

References

Altun, S. (2017). The Effect of Cooperative Learning On Students’ Achievement And Views On The Science And Technology Course. International Electronic Journal of Elementary Education, 7(3), 451-468. http://iejee.com/index.php/IEJEE/article/view/91

Anwar, H., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model 5e Di SMP. Cakrawala Pendidikan, (1), 87669. https://www.neliti.com/publications/87669/pengembangan-perangkat-pembelajaran-ipa-model-5e-di-smp

Asmawati, T., & Relita, D. T. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CORE Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Afektif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu. JURKAMI: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 3(2), 96-112. http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/view/342

Binadja, A., Wardani, S., & Nugroho, S. (2008). Keberkesanan pembelajaran kimia materi ikatan kimia bervisi SETS pada hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/viewFile/1247/1302

Budiyanto, Moch Agus Krisno. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.

Hidayati, N., & Sutanto, S. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) Terhadap Pemecahan Baris dan Deret Matematika. Jurnal Ilmiah Sains Dan Teknologi, 2(1), 26-36. http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/saintek/article/view/461

Khasanah, N. 2015. SETS (Science, Environmental, Technology and Society) Sebagai Pendekatan Pembelajaran IPA Modern Pada Kurikulum 2013. Prosiding KPSDA, 1(1).

Mailisa, P., Masril, M., & Darvina, Y. 2017 Pengaruh Penerapan Bahan Ajar Terintegrasi Nilai-Nilai Karakter dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CORE Pada Materi Usaha Energi dan Getaran Harmonis Sederhana Terhadap Kompetensi Siswa Kelas XI SMA N 1 TARUSAN. Pillar Of Physics Education, 9(1). https://core.ac.uk/download/pdf/289792431.pdf

Marwiyah, St., dkk. 2018. Perencanaan pembelajaran kontemporer berbasis penerapan Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Putra, P. 2017. Pendekatan Etnopedagogi dalam pembelajaran IPA SD/MI. Primary Education Journal (PEJ), 1(1), 17-23. http://pej.ftk.uinjambi.ac.id/index.php/PEJ/article/view/1

Retnowati, E., & Aqiila, A. 2017. Efektivitas strategi pengelompokan berpasangan dalam pembelajaran matematika model CORE. Cakrawala Pendidikan, (1), 13-23.

Rini, C. P. (2017). Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology And Society) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 56-64

Riwu, R., Budiyasa, I. W., & Rai, I. G. A. 2018. Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 7(2), 162-169.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Widiani, N. L. R., Suadnyana, I. N., Manuaba, I. B. S., & Fo. M. 2017. Pengaruh Pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10755

Wulandari, T. (2018). Field Trial Analysis of Teaching Material Civic Education Based on Problem Based Learning (PBL) to Improve Student’s Outcome. International Journal of Educational Methodology, 4(4), 259-265. https://eric.ed.gov/?id=EJ1196514

Yuliati, Y., & Lestari, I. 2019. Penerapan Model Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1).

Zainudin, N. A. (2018). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Model Scramble. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 81-90 http://ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/PiJIES/article/view/382

Downloads

Published

2021-01-08

How to Cite

Suci, N. K. A. A., Pudjawan, K., & Parmiti, D. P. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran CORE Berbasis SETS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3). https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30956

Issue

Section

Articles