Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar IPA

Authors

  • Kadek Putri Suartini Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Kadek Suranata Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40186

Keywords:

Make A Match, Audio Visual, Motivasi Belajar

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa disebakan karena beberapa faktor baik dari guru maupun siswa. Penerapan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual dapat meningkatkan motivasi belajar siswa melalui penggunaan kartu soal dan kartu jawaban serta video pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar IPA. Penelitian pra-eksperimen ini menggunakan desain static group comparison. Populasi penelitian ini berjumlah 119 siswa, sedangkan sampel penelitian berjumlah 56 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random dan yang di random adalah kelas sebagai intact group. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t dan uji d Cohen). Ditemukan perbedaan motivasi belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual dengan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual dengan (thitung = 8,78 > ttabel = 1,67). Selain itu, ditemukan pengaruh model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual terhadap motivasi belajar IPA siswa dengan nilai d = 2,41 sehingga d > 0,8. Perbedaan hasil hitung rata-rata nilai motivasi belajar IPA siswa pada kelompok eksperimen adalah 132,5 dan pada kelompok kontrol adalah 90,53. Hal ini berarti penggunaan model pembelajaran make a match berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2019/2020.

Author Biography

Kadek Putri Suartini, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

PGSD

References

Ari, N. L. P. M., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 189–197.

Arista, M. H., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Motivasi Belajar dalam Pembelajaran IPA Pada Tiga SD Di Gugus VI Kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha, 3(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5810

Atiyah, F., & Izzah, L. (2019). A Comparative Study on the Effectiveness of Using Direct and Audiovisual Methods for Enhancing Students Listening Comprehension. English Language in Focus (ELIF), 2(1), 9–16. DOI: https://doi.org/10.24853/elif.2.1.9-16

Dani, E. (2018). Pengaruh Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Media Power Point Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Kartika (Ii) Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018.

Dantes, N. (2017). Desain Eksperimen dan Analisis Data. PT Raja Grafindo Persada.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2). DOI: https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fatmala, S. A., Sujana, A., & Maulana, M. (2017). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sd Kelas V Pada Materi Peristiwa Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 211–220. http://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10656

Fauzi, H. A., Komalasari, K., & Malik, Y. (2017). Utilization of Audio Visual Media to Improve Student Learning Result in IPS Learning. International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 88–103. DOI: https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8666

Fauzi, M. N., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). The Effect Of Make A Match (MAM) Type Model and Bamboo Dance Type Model Through Cooperative Learning on Students Motivation. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 27–32. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3511

Fidiyanti, H. H. N., Ruhimat, M., & Winarti, M. (2017). Effect Of Implementation Of Cooperative Learning Model Make A Match Technique On Student Learning Motivation In Social Science Learning (Quasi Experimental Class VIII SMP Negeri 40 Bandung). International Journal Pedagogy of Social Studies, 2(1), 1–6. DOI: https://doi.org/10.17509/ijposs.v2i1.8667

Gazali, R. K. (2017). Effect Size Pada Pengujian Hipotesis.

Hanafiah, N., & Suhana, C. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama.

Hasan, H. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasan belajar IPS Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 20 Banda Aceh. Jurnal Persona Dasar, 3(4), 22–33.

Lestari, A. A., Muhajir, & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Make a Match Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Tema 5 Kelas V SDN Jatingaleh 01 Semarang. Elementary School, 6(2), 139–144.

Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280 DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.7280

Lestari, K. P., Putra, D. K. N. S., & Negara, I. G. A. O. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual dalam Setting Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 40–45. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i1.13895

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333 DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333

Muldayanti, N. D., Kurniawan, A. D., & Selinovia. (2020). Pembelajaran Ipa Menggunakan Media Sumber Daya Alam Lokal Melalui Pendekatan Saintifik Berbasis Lesson Study Terhadap Hasil Dan Motivasi Siswa. Bioeducation, 7(1), 23–28.

Pebriani, C. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA kelas V. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461 DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461

Pertiwi, I. N., Sumarno, & Dwi, A. (2019). Pengaruh Model Make A Match Berbantu Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Membaca dan Menulis. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 7(3), 261–270. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21417

Prihatiningsih, E., & Setyanigtyas, E. W. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture dan Model Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. 4(1). DOI: https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441

Rumhadi, T. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1), 33–41. bdksurabaya.e-journal.id ? article ? download

Sardinah, Tursinawati, & Noviyanti, A. (2012). Relevansi Sikap Ilmiah Siswa dengan Konsep Hakikat Sains dalam Pelaksanaan Percobaan pada Pembelajaran Ipa di SDN Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 13(2), 70–80.

Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Sumantri, M. . (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik Di Tingkat Sekolah Dasar. PT Raja Grafindo Persada.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 72–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144 DOI: https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.144

Suryani, D. A. P., Sujana, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2017). Suryani, D. A. P., Sujana, I. W., & Ida Bagus Gede Surya Abadi. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Mediapermainan Tts Terhadap Kompetensipengetahuan IPS Siswa Kelas V Gugus I Dalung Tahun Ajaran 2016/2017. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 5(2), 1–8.

Sutarniyati, P. (2016). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Model Make A Match pada Pelajaran IPA Kelas V. Basic Education, 5(34), 3–211.

Thaariq, Z. Z. A., Kuswandi, D., Diana, R. C., & Shelianawati, U. (2019). Thaariq, Z. Z. A., Kuswandi, D., Diana, R. C., & Shelianawati, U. (2019). Factors that Influence Student Achievement (Mawapres) in Learning Motivation. JPP (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 26(2), 60–65. DOI: https://doi.org/10.17977/um047v26i22019p060

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Wibawa, I. B., Suadnyana, I. N., & Asri, I. G. A. A. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(2), 136–143. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v2i2.15496

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154 DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Yesiana, P. F., Gading, I. K., & Riastini, P. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, 6(3), 1–11. DOI: https://doi.org/10.29408/didika.v3i1.658

Downloads

Published

2022-02-20

How to Cite

Suartini, K. P., Rati, N. W., & Suranata, K. (2022). Model Pembelajaran Make A Match Berbantuan Media Audio Visual Berpengaruh terhadap Motivasi Belajar IPA. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 120–133. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40186

Issue

Section

Articles