Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS

Authors

  • Gusti Ayu Kade Winda Pramitha Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44974

Keywords:

Problem Based Learning, Mind Mapping, Kompetensi Pengetahuan IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu serta menggunakan rancangan penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan merupakan seluruh siswa kelas V SD yang memiliki jumlah 242 siswa. Penentuan sampel yaitu dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V memiliki jumlah 39 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping serta siswa kelas V SDN dengan jumlah 38 siswa sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Hasil diperoleh nilai rata-rata gain skor kompetensi pengetahuan IPS pada kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping yaitu 0,460 sedangkan pada kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 0,273. Dari analisis data diperoleh hasilnya yaitu thitung  sama dengan 5,757 lebih dari  ttabel sama dengan 1,980 dengan taraf signifikansi 5% serta dk =75. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.

Author Biographies

Gusti Ayu Kade Winda Pramitha, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FIP,

References

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (R. Damayanti (ed.)). PT Bumi Aksara.

Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.

Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Citra Dewi, G. A. P. O., & Suadnyana, I. N. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 235. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26788. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26788

Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446.

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group Algesindo.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Pramitha, G. A. K. W., & Sujana, I. W. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 36–41. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44974

Issue

Section

Articles