Model Problem Based Learning Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44974Keywords:
Problem Based Learning, Mind Mapping, Kompetensi Pengetahuan IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu serta menggunakan rancangan penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi yang digunakan merupakan seluruh siswa kelas V SD yang memiliki jumlah 242 siswa. Penentuan sampel yaitu dengan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini merupakan siswa kelas V memiliki jumlah 39 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping serta siswa kelas V SDN dengan jumlah 38 siswa sebagai kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dengan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistik inferensial uji-t. Hasil diperoleh nilai rata-rata gain skor kompetensi pengetahuan IPS pada kelompok yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping yaitu 0,460 sedangkan pada kelompok yang menggunakan pembelajaran konvensional yaitu 0,273. Dari analisis data diperoleh hasilnya yaitu thitung sama dengan 5,757 lebih dari ttabel sama dengan 1,980 dengan taraf signifikansi 5% serta dk =75. Berdasarkan kriteria pengujian, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.
References
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3 (R. Damayanti (ed.)). PT Bumi Aksara.
Atminingsih, D., Wijayanti, A., & Ardiyanto, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran PBL Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas III SDN Baturagung. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17560.
Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Map. PT. Gramedia Pustaka Utama.
Citra Dewi, G. A. P. O., & Suadnyana, I. N. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 235. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26788. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26788
Herzon, H. H., Budijanto, & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446.
Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Kencana.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenada Media Group Algesindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.