Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas V SD

Authors

  • Fadjri Yuliana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ida Bagus Gede Surya Abadi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Sujana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44987

Keywords:

Course Review Horay, Motivasi Belajar IPA, Siswa Kelas V SD

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar IPA siswa kelas V di SD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari model pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar IPA siswa kelas V SD. Quasi Eksperimen merupakan jenis dari penelitian ini serta dipilih Nonequivalent Control Group Design sebagai desainpenelitiandengan pretest hanya digunakan dalam rangka mengetahui kesetaraan kelompok.Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas V SD yakni sebanyak 13 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 468 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD berjumlah 32 orang siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Course Review Horay dan kelas V SD berjumlah 32 orang siswa sebagai kelompok kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode non tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner. Rerata motivasi belajar IPA pada kelompok eksperimen yaitu  sama dengan 80,5 dan kelompok kontrol  sama dengan 64,75. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t dengan rumus separated varians. Hasil anlisis data diperoleh (thitung sama dengan 4,947 lebih dari ttabel sama dengan 2,042) pada taraf signifikasi 5%, maka, H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar IPA antara kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Course Review Horay dengan kelompok yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Course Review Horay berpengaruh terhadap motivasi belajar IPA kelas V SD.

Author Biographies

Fadjri Yuliana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

Ida Bagus Gede Surya Abadi, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

I Wayan Sujana, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Dasar, FIP

References

Abizar, H. (2017). Buku Master Lesson Study. DIVA Press.

Agung, A. A. G. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing.

Arsani, N. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/15957. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i3.15957

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Gaung Persada (GP).

Azwar, S. (2007). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.

Budiono. (2010). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT Raja Grafindo Persada.

Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV ANDI OFFSET.

Dewi, M. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 1(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/755.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kariadnyani, K. E., Kd Suartama, I., Sumantri, M., Pendidikan Guru, J., Dasar, S., & Pendidikan, J. T. (2016). Pengaruh Model Course Review Horay Berbantuan Multimedia Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 4(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v4i1.7467.

Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Yrama Widya.

Koyan, I. W. (2012). Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Lianto, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. Mimbar PGSD, 4(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/6998.

Puput, H. (2014). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Dwija Indria Universitas Sebelas Maret, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/15957.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.

Shoimin, H. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Ar-ruzzmedia.

Sudijono, A. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-01-26

How to Cite

Yuliana, F., Abadi, I. B. G. S., & Sujana, I. W. (2023). Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Ipa Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(1), 23–29. https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44987

Issue

Section

Articles