Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Kartu Bergambar Terhadap Keterampilan Menulis Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/mpi.v3i1.44988Keywords:
Think Pair Share, Kartu Bergambar, Keterampilan MenulisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan model Think Pair Share berbantuan kartu bergambar terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas V SD di Gugus VII Sayan Kecamatan Ubud yang berjumlah 150 orang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non-Equivalent Control Group Design. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Rata-rata nilai kelompok eksperimen yaitu sebesar 73,57 dan rata-rata nilai kelompok kontrol sebesar 64,05. Data keterampilan menulis dikumpulkan dengan tes keterampilan menulis dilengkapi rubrik penilaian. Data yang dikummpulkan dianalisis dengan uji-t poleed variance. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t hitung sama dengan 4,435 lebih dari ttabel sama dengan 2,000, maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Think Pair Share berbantuan kartu bergambar terhadap keterampilan menulis siswa kelas V SD.
References
Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Arki, A. K. H., Auliah, A., & Dini, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA.2 SMA Negeri 3 Model Takalar (Studi pada Materi Pokok Larutan Asam-Basa). Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 18(2), 76–84. https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899. DOI: https://doi.org/10.35580/chemica.v18i2.5899
Benny. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Penerbit Kencana. PT Balebat Dedikasi Prima.
Dalman. (2018). Keterampilan Menulis. PT. Raja Grafindo Persada.
Dantes, N. (2012). Metode Penelitian. CV ANDI OFFSET.
Kurniasih, & Berlin, S. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru (Cetakan Ke). Kata Pena.
Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, & Aji, G. B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218 – 226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.644
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Ke-4). Prenadamedia Group.
Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. PT Raja Grafindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (22nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004. DOI: https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Tarigan, G., & Henry. (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.