Model Kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan Media Mystery Box dalam Meningkatkan Kompetensi IPS Siswa SD

Authors

  • Ni Luh Putri Sintyawati Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Nyoman Ganing Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Komang Ngurah Wiyasa Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Kooperatif, Talking Stick, IPS

Abstract

Kondisi kelas yang kurang kondusif menjadi salah satu permasalahan dalam proses pembelajaran yang akhirnya berpengaruh terhadap rendahnya kompetensi pembelajaran IPS. Diperlukan penerapan model pembelajaran yang dapat mengakomodasi kemampuan penyampaian pendapat siswa secara lebih teratur dan kondusif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick berbantuan Mystery Box terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini adalah penelitain kuantitatif dengan desain eksperimen semu dan rancangan Non-equeilevalent Kontrol Group Design. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 137 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan kelas eksperimen sebanyak 33 orang dan kelas kontrol sebanyak 31 orang. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik tes dengan instrumen berupa tes pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-T sampel independent. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai thitung 6.363 lebih besar daripada ttabel 2.036 pada taraf signifikansi 5% dan dk 62, sehingga Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box dengan kelompok yang tidak dibelajarkan degan model Kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box. Dapat disimpulkan bahwa  model pembelajaran kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan media Mystery Box berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD.

References

Amini, Hadifina, C. J., Devi, M. C., & Rafiqi, M. (2023). Strategi Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(3).

Arifin, M. B. U. B., & Laili, D. N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 Pada Mata Pelajaran Matematika. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 20(1), 105–123.

Fajeri, L., Berlian, L., & Biru, L. T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Berbantuan Media Mystery Box Terhadap Hasil Belajar Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 7(2), 150–157.

Galand, P. B. J., Setiawati, R., & Wahyuningsih, Y. (2023). Efektivitas Penggunaan Model Talking Stick dalam Mewujudkan Hasil Belajar yang Meningkat pada Mata Pelajaran IPS Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).

Hapiz, A. (2020). Penggunaan Teknik Evaluasi Non Tes Pada Pembelajaran Ips Kelas VI di SD Negeri 1 Pengkelak Mas. Khatulistiwa: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 25–30.

Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1(1), 1–13.

Hasrudin, F., & Asrul, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(2), 94–102. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i2.521

Ilan, B. A., Nasar, I., & Tarsan, V. (2022). Problematika Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas Rendah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 6(2), 137–145.

Lestiawati, I. ., Wiranata, I. G. ., & Astuti, A. . (2023). Pengembangan Permainan “Magic Box Kolaboratif” Berbasis Konsep Tri Hita Karana. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(1), 35–48. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.8.1.35-48

Manopo, D. R. S. (2022). Keterampilan Bertanya Siswa pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Multi Disiplin Ilmu, 1(1), 1–6.

Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 143–152.

Permana, P., Aryaningrum, K., & Aryaningrum, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Ips Pada Peserta Didik Kelas V Sd Negeri 1 Ujung Tanjung. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 257. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4676

Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151

Pertiwi, N. K. R., Murda, I. N., & Rati, N. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Sikap Sosial Dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 3(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/pips.v3i1.2878

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v2i1.111

Rodiayana, R., Haryanti, Y. D., & Febrianti, W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Pembelajaran IPS. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA 2019, 2(2), 149–162. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.973

Selvi, N., Afni, N., & Agraeni, A. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Inpres Bakung I Kota Makassar. AIJER: Algazali International Journal Of Educational Research, 4(1), 6–12. https://doi.org/10.59638/aijer.v4i1.320

Sunita, N. W., Juwana, I. D. P., & Widyantari, N. M. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 5 Mengwi Tahun Pelajaran 2020/2021. EMASAINS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 54–62.

Susdarwono, E. T. (2022). Pengkajian Muatan Materi Terkait Geopolitik Dalam Pembelajaran Ips Di Tingkat Sma: Apakah Masih Relevan? Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2). https://doi.org/10.26418/skjpi.v2i2.56044

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649

Vista, N. A., Hermita, N., & Zufriady. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan Media Question Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SDN 161 Pekanbaru. Jurnal Tunjuk Ajar, 2(1).

Published

2024-03-01

How to Cite

Sintyawati, N. L. P., Ganing, N. N. ., & Wiyasa, I. K. N. (2024). Model Kooperatif Tipe Talking Stick berbantuan Media Mystery Box dalam Meningkatkan Kompetensi IPS Siswa SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/69341

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)