LKPD Berpendekatan PjBL Pada Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD

Authors

  • Yuni Widyastari Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Nyoman Laba Jayanta Jurusan Pendidikan Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50968

Keywords:

Perangkat Pemebelajaran, LKPD, Keseimbangan Ekosistem

Abstract

Pemanpaatan LKPD yang sudah tersedia dibuku siswa dalam proses pembelajaran membuat siswa merasa bosan saat pembelajaran daring. Mengingat hal tersebut perlunya pengembangan media LKPD yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan prototype perangkat pembelajaran, mengembangkan perangkat pembelajaran berupa LKPD berpendekatan PjBL di kelas V SD yang layak dan mengetahui respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D.  Subjek penelitian ini yaitu 2 orang ahli materi, 2 orang ahli desain, 2 orang ahli media, ahli praktisi dan siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah validitas media LKPD yang dikembangkan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Instrumen yang dipakai dalam mengukur tingkat validitas media LKPD berpendekatan PjBL ini adalah rating scale berupa lembar penilaian media LKPD dari ahli. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus persentase guna mengetahui skor persentase validitas media LKPD. Persentase validitas LKPD yang telah di uji coba ke siswa sebanyak 25 orang memperoleh hasil persentase 97,6 % dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan dari hasil analisis tersebut maka dapat dikatakan bahwa media LKPD berpendekatan PjBL kelas V SD dinyatakan valid dan layak untuk digunakan dalam pemeblajaran di eklas V sekolah dasar.

References

Amali, K., Kurniawati, Y., & Zulhiddah, Z. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Sains Teknologi Masyarakat Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 70. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151. DOI: https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i2.8151

Anggara, I. M. C., Ardana, I. K., & Darsana, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Berbantuan Peta Konsep terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 2(2), 72–80. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14407. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14407

Arsih, F. (2014). Keterampilan Proses Sains. UNP Press.

Aryanitha, N. P. A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Interaktif Berbasis Mind Mapping Pada Muatan IPA Materi Otot Manusia Siswa Kelas V SD Negeri 4 Penatih. (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha). DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45106

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Exploring obstacles in language learning: Prospective primary school teacher in Indonesia. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 8(2), 249. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700. DOI: https://doi.org/10.11591/ijere.v8i2.16700

Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD berbasis PBL (problem based learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan kimia. Chemistry Education Review, 1(2), 90–114. DOI: https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614

Cahyaningsih, R. N., Siswanto, J., & Sukamto, S. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Berbantu Multimedia Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 34. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25014

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Managemen Pendidikan Dasar dan Menengah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dewi, N. P. D. M., & Agustika, G. N. S. (2022). E-LKPD Interaktif berbasis Etnomatematika Jejahitan Bali pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD. Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), 94–104. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45350

Diani, D. R., Nurhayati, N., & Suhendi, D. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (lkpd) menulis cerpen berbasis aplikasi android. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 1–13. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.

Diawati, L. P., Ardana, I. K., & Sastra Agustika, G. N. (2018). Pengaruh Model Children’s Learning In Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Siswa. Mimbar Ilmu, 23(2). https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16417. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i2.16417

Elisabet, E., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3), 285. https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19448. DOI: https://doi.org/10.23887/jear.v3i3.19451

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir Kreatif dalam Fisika dengan Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 24–33. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v3i1.319

Fuadati, M., & Wilujeng, I. (2019). Web-Lembar Kerja Peserta Didik IPA terintegrasi potensi lokal pabrik gula untuk meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 98–108. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.24543

Gede Swiyadnya, I. M., Citra Wibawa, I. M., & Agus Sudiandika, I. K. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111

Gusti, D. A., & Ratnawulan, R. (2021). Efektivitas LKPD IPA Terpadu Tema Energi dalam Kehidupan Dengan PBL Terintegrasi Pembelajaran Abad 21 untuk Meningkatkan Sikap Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1). https://doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111939. DOI: https://doi.org/10.24036/jppf.v7i1.111939

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Bioedusains: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870. DOI: https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870

Ilhami, R. S., & Rimantho, D. (2017). Penilaian Kinerja Karyawan dengan Metode AHP dan Rating Scale. Jurnal Optimasi Sistem Industri, 16(2), 150. https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017. DOI: https://doi.org/10.25077/josi.v16.n2.p150-157.2017

Indriani. (2019). Hasil Pisa Tunjukkan Perspektif Pendidikan Indonesia. Antarnews.

Istikhomah, U., Sesanti, N. R., & Yulianti, Y. (2020). Pengembangan E-LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Pecahan di Kelas IV MI Azharul Ulum Sukodono Dampit. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 4(1), 192–198.

Jampel, I. N., Fahrurrozi, Artawan, G., Widiana, I. W., Parmiti, D. P., & Hellman, J. (2018). Studying natural science in elementary school using nos-oriented cooperative learning model with the NHT type. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 138–146. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863. DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v7i2.9863

Kristyowati, R. (2018). Lembar Kerja peserta didik (LKPD) IPA sekolah dasar berorientasi lingkungan. Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.

Kumala Dewi, N. L. E., Semara Putra, D. K. N., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantuan Media Outdoor Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa Kelas V. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16409. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16409

Marlinda, I., & Wijaya, A. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik berorientasi pada minat dan prestasi. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 76–87. https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21171. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21171

Niswara, R., Muhajir, M., & Untari, M. F. A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 85–90. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17493.

Priyanti, N. P. R. A., & Manuaba, I. B. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 260–268. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i2.4038.

Roziqin, M. K., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Minat Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Fisika Di Sman Balung. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 108. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7232. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7232

Sucipta, I. K., Ngurah Japa, I. G., & Margunayasa, I. G. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16437. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16437

Sulviana, F. (2016). Pengembangan LKPD IPA Guided Inquiry untuk Meningkatkan Produk Kreativitas Peserta Didik SMP/MTs. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 75–88.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kreatifitas Siswa Kelas Iii Sd Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1). https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703. DOI: https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703

Tias, I. W. U. (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pedagogik. Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060

Tri, W., Megawati, M., Aprizan, A., & Avana, N. (2019). Peningkatan Kompetensi Siswa Melalui Pembinaan Olimpiade Sains (OSN). Warta LPM, 22(2), 67–75. https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619. DOI: https://doi.org/10.23917/warta.v22i2.8619

Utami, D. N., & Aznam, N. (2020). Pengembangan LKPD IPA “Pesona Pantai Parangtris” berbasis learning cycle 7E beserta efeknya terhadap critical thinking. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.30404. DOI: https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.30404

Wijayanto, T., Supriadi, B., & Nuraini, L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Pendekatan Stem Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(3), 113. https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561. DOI: https://doi.org/10.19184/jpf.v9i3.18561

Downloads

Published

2022-08-02

How to Cite

Widyastari, Y., Ni Wayan Rati, & I Nyoman Laba Jayanta. (2022). LKPD Berpendekatan PjBL Pada Materi Keseimbangan Ekosistem Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 429–440. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.50968

Issue

Section

Articles