MEDIA GAME EDUKASI BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MUATAN IPAS MATERI MENGUBAH BENTUK ENERGI KELAS IV SD
Keywords:
game edukasi, berbasis masalah, pemahaman siswaAbstract
Penelitian pengembangan ini memiliki empat tujuan, yaitu: (1) menghasilkan rancang bangun media pembelajaran game edukasi berbasis masalah (2) menganalisis validitas isi media pembelajaran game edukasi berbasis masalah, (3) menganalisis respon guru, dan siswa terhadap media pembelajaran game edukasi berbasis masalah, dan (4) menganalisis efektivitas media pembelajaran game edukasi berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SD. Studi pengembangan ini mempergunakan model ADDIE. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode tes, dan kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa (a) analisis (analyze), (b) perancangan (design), (c) pengembangan (development), (d) implementasi (implementation), serta (e) evaluasi (evaluation). Studi ini mengambil subjek media pembelajaran game edukasi berbasis masalah, sedangkan objek penelitian pengembangan adalah validitas isi media, isi materi, respon pengguna, dan efektivitas media Hasil menunjukan: (1) penelitian pengembangan ini telah berhasil menghasilkan media pembelajaran game edukasi berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar; (2) indeks validasi media adalah sebesar 0,93 dengan kualifikasi validitas tinggi dan analisis kelayakan ahli materi memperoleh indeks validitas sebesar 0,92 dengan kualifikasi validas tinggi; (3) tingkat pencapaian respon guru, dan kelompok kecil (siswa) adalah sebesar 97%, dan 96,74% dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) nilai signifikasi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi menunjukan angka sebesar 0,001 yang lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga media pembelajaran game edukasi berbasis masalah efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa.
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v16i1.20173
Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. Orbita: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(1), 135-137.
Andreani, Delina Gunansyah, G. (2023). Presepsi Guru Sekolah Dasar Tentang Mata Pelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka. Abstrak. Jurnal Pendidikan, Volume 11, 1841–1854.
Arifin, Z. (2017). Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. Jurnal Theorems (the Original Research of Mathematics), 2(1), 28–36.
Bawamenewi, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Memprafrasekan Puisi “Aku” Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 310–323. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.631
Budianti, Y. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas II SDN Bantargebang II Kota Bekasi. Jurnal Pedagogik, 2(2), 33–38.
Damarjati, S., & Miatun, A. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Berorientasi Pada Kemampuan Berpikir Kritis. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2). https://doi.org/10.24176/anargya.v4i2.6442
Dede, N. salim, Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.
Fanani, G. I., & Marzuki, I. (2023). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makannya Kelas IV. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(3), 3108–3117.
Fetriani, Lolita, E. F., & Saputra, E. (2021). English student’s teaching skills applied in microteaching class Muhammadiyah University of Bengkulu. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 121–126. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/2972
Fithri, D. L., & Setiawan, D. A. (2017). Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 8(1), 225–230. https://doi.org/10.24176/simet.v8i1.959
Hasan, Q. A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Operasi Pembagian dengan Menekankan Aspek Pemahaman. Jurnal Pendidikan, 18(2), 106–114.
Hazumi, Y. (2020). Development Of Pop-Up Book Learning Media On Earth Oil Materials. International Journal of Science and Society, 2(3), 155–122. https://doi.org/10.54783/ijsoc.v2i3.133
Ichsan, I. Z., Dewi, A. K., Hermawati, F. M., & Iriani, E. (2018). Pembelajaran IPA dan Lingkungan: Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran pada SD, SMP, SMA di Tambun Selatan, Bekasi. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 131. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.682
Ikstanti, V. M., & Yulianti, Y. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 40–48. https://doi.org/10.56916/pjmsr.v2i1.303
Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Pada Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Pembelajaran Kontekstual. Prisma, 7(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011
Lestari, D. G., & Irawati, H. (2020). Literature Review : Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiry. Bioma, 2(2), 51–59.
Lince, L. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.829
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 262-270.
Nainggolan, A. M., & Daeli, A. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Implikasinya bagi Pembelajaran. Journal of Psychology “Humanlight,” 2(1), 31–47. https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554
Nashiroh, P. K., Ekarini, F., & Ristanto, R. D. (2020). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 43. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906
Nawangwulan, M. D., Anggraeni, R. N., Bahiyyah, K., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Media Interaktif Spin Game dalam Meningkatkan Pemahaman Tentang Pemimpin Dalam Islam Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10884–10890.
Nurma’ardi, H. D., Oktaviani, A. M., & Rokmanah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Sekolah Dasar. Pelita Calistung, 3(2), 45–54. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/jpc/article/view/292/201
Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS Di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, 9(3), 24–35. https://doi.org/10.5281/zenodo.7594483
Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Mena rik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Pambudi, B., Efendi, R. B., Novianti, L. A., Novitasari, D., & Ngazizah, N. (2019). Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 28. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i2.15097
Pertiwi, F. A., Luayyin, R. H., & Arifin, M. (2023). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis: Meta Analisis. JSE: Jurnal Sharia Economica, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.46773/jse.v2i1.559
Primasari, I. F. N. D., & Supena, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Disleksia Dengan Metode Multisensori Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1799-1808.
Puri, P. R. A., & Perdana, R. (2023). Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 10(2), 226–239. https://doi.org/10.36706/jipf.v10i2.19992
Putri Pramestia Ningrum, & Dahlan, Z. (2023). Pengembangan Medıa Swıvel Wheel Untuk Menıngkatkan Hasıl Belajar Sıswa Pada Mata Pelajaran IPS dı Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 250–262. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5363
Putri, Z. A., Azizah, M., Sustaminawhanti, Y., Zuhri, M. S., Semarang, U. P., & Semarang, S. D. N. T. (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Materi Mengubah Bentuk Energi di Kelas IV SDN Tambakrejo. 01. 4.
Putra, Putu Wahyu Bagiana. 2021. ”Pengembangan Media Pembelajaran Pembelajaran Materi Sistem Pencernaan Manusia Berorientasi Teori Belajar Ausubel Kelas V SD Negeri 3 Celuk Sukawati Gianyar". Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Pendidikan Ganesha.
Rafiqah, M. O., & Nasution, I. (2015). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Disiplin Mengajar Guru Sma Yayasan Perguruan Swasta Kesatria Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 3(2), 126-132.
Rahma, S. N., & Saputra, E. (2023). Pengembangan Media Powerpoint Interaktif Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 3(2), 167–175. https://doi.org/10.32665/jurmia.v3i2.1828
Rizki Ailulia, Saidah, P. N., & Sutriani, W. (2022). Analisis Penerapan Media Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Plotagon Terhadap Pemahaman Konsep Bangun Datar Kelas V. Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.56916/jp.v1i2.57
Robert, B., & Brown, E. B. (2004). Manfaat Media Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, VII(1), 1–14.
Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS Dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43–54. file:///C:/Users/hp/Downloads/3479-7788-1-PB (2).pdf
Suryadi, A. (2018). Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.352
Susila, R. putri. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid di SMA Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 108. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10021/
Tarigan, A. S., K, A. H., & Napitupulu, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Komputer Keterampilan Dan Pengelolaan Informasi (Kkpi). Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 6(1), 13. https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i1.16935
Tawa, A. B. (2019). Kebijakan Pendidikan Nasional dan Implementasinya Pada Sekola Dasar. SAPA - Jurnal Kateketik dan Pastoral, 4(2), 107–117. https://doi.org/10.53544/sapa.v4i2.82
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan Dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 16. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IKA/article/view/1145
Tri Hendriani, Yadi Ardiawan, & Dwi Oktaviana. (2022). Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 92–107. https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i2.519
Wahyudin, -, Sutikno, -, & Isa, A. (2010). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 6(1), 58–62. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1105
Wahyuni, E., Qosyim, A., & Admoko, S. (2016). Kelayakan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII di SMP. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 4(3), 1–6.
Wardana, M. A. (2020). Pengembanbangan Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Pada Tema Tanah Airku Untuk Anak Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini), 1(2), 159–168. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2020.1.2.159-168
Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154
Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376
Widjajanti, D. B. (2008). Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika 2008, 5, 1–10. https://eprints.uny.ac.id/6910/1/P-8 Pendidikan (Djamilah).pdf
Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112.
Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewa Ayu Sukmayanti, I Gede Margunayasa, Ni Wayan Rati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.