Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Siswa Kelas IV SD

Authors

  • Ketut Lina Susanti Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Rati Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Pengembangan, Buku cerita, Augmented Reality

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku cerita “Augmented Reality Budaya Baliku” untuk meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas IV SD yang teruji validitas, kepraktisan, dan keefektivannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode non-tes, rating scale, dan kuesioner.  Hasil penelitian ini (1) buku cerita dalam bentuk cetak memuat konten budaya lokal Bali dan teknologi AR (2) buku cerita dinyatakan layak berdasarkan hasil uji ahli media sebesar 0,98 dan uji ahli materi sebesar 0,97 dengan kualifikasi sangat valid (3) buku cerita dinyatakan praktis berdasarkan uji coba oleh pengguna, dengan hasil persentase sebesar 90% dan 90,78% dengan kualifikasi sangat baik (4) efektivitas penggunaan buku cerita pada materi Indonesiaku Kaya Budaya mampu meningkatkan kemampuan literasi budaya siswa kelas IV SD. Berdasarkan nilai uji-t sebesar 0,00. Hasil tersebut menunjukan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (taraf signifikansi 5%). Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa buku cerita ini layak, praktis, dan efektif meningkatkan kemampuan literasi budaya.

References

Adrian, D. M., Wantu, F. M., & Tome, A. H. (2021). Diskriminasi Rasial dan Etnis Dalam Perspektif Hukum Internasional. 1–17.

Afifif, & Damayanti, M. I. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Bermedia Film Motivasi Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 352–363. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/39/article/view/34362

Andry, M. R., & Maryatin, I. I. R. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Pada Cerita Rakyat Paser Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basataka, 5(1), 172–183.

Antara, I. G. W. S., Suma, K., & Parmiti, D. P. (2022). E-Scrapbook: Konstruksi Media Pembelajaran Digital Bermuatan Soal-soal Higher Order Thinking Skills A R T I C L E I N F O. Jurnal Edutech Undiksha, 10(1), 11–20.

Ayuningsih, N. P. M. (2020). Validitas Isi Media Pembelajaran Interaktif Berorientasi Model Problem Based Learning dan Pendidikan Karakter. In Jurnal Matematics Paedagogic: Vol. V (Issue 1, pp. 54–61).

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.

Febriyanti, I. K., Wardhana, M. I., & Sutrisno, A. (2021). Perancangan Buku Cerita Bergambar untuk Anak tentang Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Kegiatan Sehari-hari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(9), 1291–1309. https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1291-1309

Gusman, F., Apriliya, S., & Mulyadiprana, A. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital Menulis Puisi di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 8(2), 495–507. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Hidayat, M. T., & Syofyan, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Talking Head Video Beranimasi. Jurnal Ecogen, 6(2), 255. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14699

Hipi, S. I., Jusuf, H., & Flora Ninta Tarigan, S. (2022). Penerapan Metode Rating Scale Sebagai Penilaian Kinerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Islam (RSI) Gorontalo (Application Of The Rating Scale Method As Performance Assessment Of Medical Recording Officers In Hospital Islam (RSI) Gorontalo). Public Health and Surveilance Review , 1(1), 11–23.

Indra, C., & Fiqri, A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Pada Mata Kuliah Statistika Berbasis Aplikasi SPSS Menggunakan Model ADDIE. 1(02), 141–152.

Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas dengan Menggunakan SPSS. Artikel : Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darul Dakwah Wal-Irsyad (DDI) Kota Makassar, 18210047, 1–13.

Jarmita, N., Chandrawati, A. E., & Zulfiati, Z. (2020). Pengembangan Media Seven In One Ditinjau Dari Uji Kelayakan Dan Uji Kepraktisan Di Kelas V MI/SD di Banda Aceh. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 21(1), 111. https://doi.org/10.22373/jid.v21i1.6317

Jayanti, G. D., Aulia Inayah, R., & Lailatul Amanah, I. (2021). Pelaksanaan Pendidikan Tanggap Budaya di Ruang Kelas Bagi Anak-anak. ZAHRA: Research and Tought Elementary School of Islam Journal, 2(1), 36–43. https://doi.org/10.37812/zahra.v2i1.194

K. Mertami, I.G. Margunayasa, & I.B.P. Arnyana. (2023). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Bermuatan Pendidikan Karakter Sebagai Sarana Literasi Membaca Untuk Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 83–93. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.2041

Laili, I., Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas pengembangan e-modul project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Murti, I. G. W. P., & Handayani, D. A. P. (2022). Game Edukasi Robot Petualang Nusantara: Meningkatkan Literasi Budaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 403–414. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49598

Ningsih, E. P. (2021). Pengembangan Cerita Rakyat Berbasis Budaya Lokal dengan Menggunakan Media Audio Visual Animasi pada Mata Pelajaran Bahasa Lampung. 3(2), 6.

Nita, S., & Pratiwi, A. O. C. (2022). Implementasi Augmented Reality (AR) sebagai Sarana Media Pembelajaran Interaktif Algoritma Pemrograman. JBKom (Jurnal Bina Komputer), 4(1), 1–8.

Nur, R. R. (2022). Membangun Nilai-Nilai Karakter Bangsa melalui Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas X IIS 1 SMA Negeri 2 Majene (Issue 8.5.2017).

Pratiwi, A., & Asyarotin, E. N. K. (2019). Implementasi literasi budaya dan kewargaan sebagai solusi disinformasi pada generasi millennial di Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 7(1), 65–80. https://doi.org/10.24198/jkip.v7i1.20066

Rachmawati, A. (2013). Perancangan Buku Cerita Bergambar Pengenalan Api untuk Anak-anak. 09(3), 7–26.

Rakhmadina, N. L., & Suprayitno. (2020). Pengembangan bahan ajar handout materi karya seni kolase berbasis bahan alam untuk kelas IV SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 407–417. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/34662/30813

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.53515/cji.2020.1.1.1-6

Wahyuni, R., & Nurhayati, N. (2019). Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended Learning Pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 76–81. https://doi.org/10.32505/v3i2.1367

Published

2024-03-01

How to Cite

Ketut Lina Susanti, I Gede Margunayasa, & Ni Wayan Rati. (2024). Buku Cerita Augmented Reality Budaya Baliku Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Budaya Siswa Kelas IV SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/75592

Issue

Section

Articles