Penerapan Model Pembelajaran Dialog dalam Berbicara Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII
Keywords:
Model Pembelajaran Berbicara Efektif, Bahasa Indonesia, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model pembelajaran berbicara efektif pada siswa kelas VII SMP Negeri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan menggunakan desain Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan observasi dan tes. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 70 % dan pada siklus II meningkat menjadi 90 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbicara efektif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa
References
Aisjah, A. S., & Tajunnisa, Y. (2018). Taksonomi & Tujuan Pembelajaran. Didakits, 4(2), 61–69.
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka : Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1), 62–65. Https://Doi.Org/10.33751/Jsalaka.V2i1.1838
Aswir, & Misbah, H. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Kelas Viiismp 4 Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1), 1–13. Http://Link.Springer.Com/10.1007/978-3-319-76887-8%0ahttp://Link.Springer.Com/10.1007/978-3-319-93594-2%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Jff.2015.06.018%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1038/S41559-019-0877-3%0aht
B A M, S. A., Setiawan, B., & Saddhono, K. (2018). Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Diskusi Siswa Smanegeri 4 Surakarta : Kajian Dengan Prinsip Kerja Sama Grice Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Keterampilan Berbicara. Basastra: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 6(1), 281. Https://Doi.Org/10.20961/Basastra.V6i1.37720
Ibrahim, N., Bahasa, P., Universitas, F., Prof, M., & Timur, J. (2021). Penerapan Prinsip Maksim Kerja Sama Sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Berbicara. Pena Literasi, 99–107.
Nikmah, D. A. A., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2020). Analisis Keterampilan Berbicara Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iv Sd Negeri Buluh 2. Prosiding Nasional Pendidikan: Lppm Ikip Pgri Bojonegoro, 618–625.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Mimbar Pendidikan Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.