Meningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran Picture and Picture pada Peserta Didik SMP Kelas VIII C

Authors

  • Mena Eka Wijaya SMP Negeri Buti, Papua Selatan, Indonesia
  • Dewi Puji Rahayu Universitas Musamus, Merauke, Indonesia

Keywords:

Keterampilan Menulis Puisi Bebas, Model Pembelajaran Picture And Picture

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan mengunakan model pembelajaran picture and picture. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dimana penelitian dilaksanakan dalam siklus terdiri dari siklus 1 dan siklus 2. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik di kelas VIII-C pada salah satu SMP yang berada di Kabupaten Merauke Propinsi Papua Selatan. Dimana penelitian dilakukan oleh guru mata pelajaran serta observer. Setelah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas maka nilai rata-rata klasikal (pra siklus) menulis puisi 68,0%. Jumlah peserta didik keseluruhan 32 peserta didik,  yang tuntas hanya 17 peserta didik dan yang belum tuntas 15 peserta didik. Pada (siklus I) rata-rata klasikal menulis puisi mereka 78,8%, peserta didik yang tuntas 20 dan yang belum tuntas 12. Pada (siklus II) rata-rata klasikal menulis puisi mencapai 86,5% , peserta didik yang tuntas 22, dan peserta didik yang belum tuntas 10 dengan KKM 68. Disimpulkan bahwa melalui penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas peserta didik kelas VIII-C.

References

Aminudin. (2002). Penghantar Apresiasi Karya Sastra. Jakarta: Sinar Baru.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Pradopo, D. R. (2002). Kritik Sastra Modern. Yogyakarta: Gama Media.

Mutoharoh, F. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas VIII

MTs Al Munawwaroh Merauke Menggunakan Metode Praktik. Skripsi. Merauke:

Universitas Musamus.

Waluyo, H.J. (2008). Apresiasi Puisi: Panduan untuk Pelajar dan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Werang, B. R. (2017). Konsep & Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Elang Mas.

Published

2023-06-26

How to Cite

Mena Eka Wijaya, & Dewi Puji Rahayu. (2023). Meningkatan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran Picture and Picture pada Peserta Didik SMP Kelas VIII C. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/55539

Issue

Section

Articles