Analisis Kebutuhan Pembelajaran Literasi Baca Tulis Berbasis di Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Buleleng

Authors

  • Ni Made Budi Yanti Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Analisis Kebutuhan, Literasi Baca Tulis, Keterampilan Abad 21

Abstract

Literasi baca adalah pengetahuan untuk membaca, mencari, menelusuri, mengolah, dan memahami informasi untuk menganalisis dan menggunakan teks. Literasi tulis merupakan sebuah kegiatan yang dapat menggali pikiran dan prasaan mengenai objek, memilih hal-hal apa yang akan ditulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pembelajaran literasi baca tulis dan mengetahui apakah guru membutuhkan pembelajaran literasi baca tulis berbasis ketrampilan abad 21. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 247 siswa yang tersebar di Buleleng. Penelitian ini menggunakan 1 teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada siswa dan guru, wawancara untuk guru, dan melakukan observasi di lapangan. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan beberapa permasalahan yang dialami yaitu rendahnya minat baca siswa dan  pembelajaran literasi baca tulis dierapkan di sekolah dasar namun belum optimal. Peneltian ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan pembelajaran literasi baca tulis di sekolah dan dapat meningkatkan penyelanggaraan pendidikan di Indonesia.

References

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Rineka Cipta.

Asy’ari, A., & Hamami, T. (2020). Strategi Pengembangan Kurikulum Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 19–34. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.52

Ayu, P., & Sari, P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. 3(1), 141–152.

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis Sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional Di Sma Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 17–32. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.2685

Dyah Worowiras tri Ekowati, Yuni Puji Astuti, Ima Wahyu Putri Utami, InnanyMukhlis hina, & Beti Is tanti Suwandayani. (2019). (Elementary School Education Journal) Literasi Numerasi di SD Muhamadiyah. ELSE (Elementary School Educatio Journal), 3(4), 93–103.

Ginting, E. S. (2020). Penguatan literasi di era digital. Prosiding Seminar Nasional PBSI-III Tahun 2020, 35–38. https://www.nfra.ac.uk/publication/FUTL06/FUTI.06.pdf

Harras K.A. (1995). Membaca minat baca masyarakat kita dalam jurnal mimbar bahasa dan seni. No.XXII 1995, 1(1), 56.

Haryanto. (2009). Upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis permulaan dengan media gambar. Tesis: Pascasarjana, Program Maret, Universitas Sebelas, 1–167.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit.

Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. (2020). Improving accounting student writing skills using writing circles. Journal of Accounting Education, 53, 100694.

Huda, K. W., & Rohmiyati, Y. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Media Buku Cerita Bergambar di SD Negeri Wotan 02 Kecamatan Sukolilo Kabupaten Pati. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 117–126. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26864

Ibrahim, R. (2013). PENDIDIKAN MULTIKULTURAL : Pengertian , Prinsip , dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin, 7(1), 1–26.

Mutji, E., & Suoth, L. (2021). Literasi Baca Tulis Pada Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 8(1), 103–113. https://doi.org/10.38048/jipcb.v8i1.133

Ngurah Suragangga, I. M. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Novayanti, E., & Setiyadi, R. (2020). Pembelajaran Membaca Materi Menemukan Gagasan Pokok Pada Kelas V Sd Dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Collase (Creative of Learning …, 3(6), 308–313. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4663%0Ahttps://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/4663/2020

Nudiati, D., & Sudiapermana, E. (2020). Literasi Sebagai Kecakapan Hidup Abad 21 Pada Mahasiswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(1), 34–40. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i1.561

Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier. Quanta, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v1i1p1-10.497

Priyono, T., Olahraga, J. P., & Yogyakarta, U. N. (n.d.). PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNAGRAHITA DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 KOTA Activity Implementation of Learning Adaptive Physical Education Mental Retardation in SD Bangunrejo 2 Yogyakarta. PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF ANAK TUNAGRAHITA DI SD NEGERI BANGUNREJO 2 KOTA Activity Implementation of Learning Adaptive Physical Education Mental Retardation in SD Bangunrejo 2 Yogyakarta, 1–7.

Solikhah, I. (2015). Reading and Writing as Academic Literacy in EAP Program of Indonesian Leaners. Dinamika Ilmu, 15(2), 325. https://doi.org/10.21093/di.v15i2.261

Tanjung, & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.

Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. Paper of Matematohir, 2(1), 1–2. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/

Virgiawan, C. (2016). Studi Keanekaragaman Capung (Odonata) Sebagai Bioindikator Kualitas Air Sungai Brantas Batu-Malang Dan Sumber Belajar Biologi. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 1(2), 188–196. https://doi.org/10.22219/jpbi.v1i2.3330

Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi The Type Of Descriptive Research In Communication Study. Jurnal Diakom, 1(2), 83–90.

Published

2023-01-27

How to Cite

Ni Made Budi Yanti. (2023). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Literasi Baca Tulis Berbasis di Sekolah Dasar Gugus III Kecamatan Buleleng. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/57865

Issue

Section

Articles