Model Problem Based Learning Berbantuan Media Komik Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ni Putu Elya Purnama Wati Universitas Pendidikan Ganesha

Keywords:

Problem Based Learning, Komik, Kompetensi Matematika

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas menjadi dampak dari minat siswa dalam belajar Matematika yang rendah karena penggunaan model pembelajaran yang kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbantuan media komik terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen semu bentuk desain rancangan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasi sebanyak 241 siswa, sedangkan sampel sebanyak 63 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dengan soal uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Fhitung = 120,25 dan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh Ftabel = 4,00. Dengan demikian, nilai Fhitung > Ftabel, sehingga H0 ditolak. Terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan Matematika kelompok ekperimen dan kelompok kontrol setelah mengendalikan pretest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning berbantuan media komik berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan Matematika siswa.

Author Biography

Ni Putu Elya Purnama Wati, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G. (2021). Statistika Dasar untuk Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Agung, A. A. G., Parmiti, D. P., & Mahadewi, L. P. P. (2022). Buku Ajar Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Digitalisasi dan Aplikasinya. Universitas Pendidikan Ganesha.

Anggreni, N. W. Y., & Agustika, G. N. S. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(1), 61–72. https://doi.org/10.23887/JIPPG.V3I1.26814

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 353–361. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I3.36230

Astri, N. K. D., Wiarta, I. W., & Wulandari, I. G. A. A. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 575–585. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I3.4371

Ati, T. P., & Setiawan, Y. (2020). Efektivitas Problem Based Learning-Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 294–303. https://doi.org/10.31004/CENDEKIA.V4I1.209

Batrisyia, I., Shahrill, M., Azamain, M. S., & Musa, N. K. H. (2020). Captivating elementary school students’ interests in solving mathematics word problems with the use of comics. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012006

Darsana, I. G. B., Wiarta, I. W., & Putra, M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Portofolio Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(3), 200. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18608

Dessiane, S. T., & Hardjono, N. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Cerita Bergambar Atau Komik Bagi Siswa Sekolah Dasar. 2.

Dewi, A. K., & Surur, A. M. (2021). Pengembangan Media Komik Sebagai Media Belajar Matematika Materi Pecahan Untuk Siswa SD Pada Masa Pembelajaran Daring Di Desa Rejowinangun. Jurnal Literasi Digital, 1(3), 174–179.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71–78. https://doi.org/10.26486/JM.V3I2.694

Febriyandani, R., & Kowiyah, K. (2021). Analisis Kebutuhan Penggunaan Komik Sebagaimedia Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas Iv Sd. Js (Jurnal Sekolah), 5(3), 158. https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26548

Iga Mas Darwati, I. M. P. (2020). Widya Accarya : Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra. Widya Accarya: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra, 11(1), 24–33.

Khumairoh, N. R. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Komik Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika (Penelitian Tindakan Kelas Pada Pokok Bahasan Volume Bangun Datar di Kelas V SDN Jatiwaringin IX Bekasi Tahun ajaran 2021/2022) [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu

Murti, P. B. (2021). Prinsip Meta-Analisis. Universitas Sebelas Maret.

Octavia, S. A. (2020). Model-model Pembelajaran. Deepublish.

Prabawardani, & Agung, P. (2018). Pengaruh Metode Storytelling Berbantuan Komik Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Ndonesia Siswa Kelas V. Jurnal EDUTECH Universitas Pedidikan Ganesha, 6, 147–158.

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. In Syria Studies (Vol. 7, Issue 1).

Puspitasari, I. A., Azainil, & Basir, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding, 2, 75–92. https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/download/1248/830

Putri, A. A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/10.23887/MI.V23I1.16407

Romadhianti, R. (2020). The Strengthening of Literation and Character Building Through Drawing Stories. 422(Icope 2019), 278–283. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.134

Silvi, F., Witarsa, R., & Ananda, R. (2020). Kajian Literatur tentang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Problem Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 3360–3368. https://doi.org/10.31004/JPTAM.V4I3.851

Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas Pemanfaatan Komik sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13156

Sujana, D. M. A., Japa, I. G. N., & Yasa, L. P. Y. (2021). Meningkatnya Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 320–331. https://doi.org/10.23887/JIPP.V5I2.36865

Sukmawarti, Hidayat, & Liliani, O. (2022). Implementasi Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 886–894. https://doi.org/10.31004/JPDK.V4I4.5345

Yulanda, A., Witri, G., & Putra, Z. H. (2022). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Komik Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sdn 010 Talontam Benai. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 96. https://doi.org/10.32507/attadib.v6i1.1247

Published

2023-02-22

How to Cite

Purnama Wati, N. P. E. (2023). Model Problem Based Learning Berbantuan Media Komik Solusi Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas V SD. Mimbar Pendidikan Indonesia, 3(3). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/58428

Issue

Section

Articles