Analisis Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dengan Model CIPP

Authors

  • I Kadek Happy Kardiawan Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Bali, Indonesia
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Gede Ratnaya Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

Keywords:

Implementasi, Proggram Pendidikan Karakter, Model CIPP

Abstract

Peran penting pendidikan dan lembaga pendidikan sangat diperlukan dalam proses pemantapan nilai-nilai karakter pada generasi muda di jenjang pendidikan tinggi. Hal ini akan berdampak pada kematangan jiwa dan karakter individu generasi muda, serta pendampingan peran lembaga dalam proses pendidikan karakter yang mereka lalui pada jenjang pendidikan tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis yang menggunakan teknik analisis studi kepustakaan (Library Research). Studi kepustakaan merupakan metode pengumpulan data yang diarahkan kepada pencarian data dan informasi melalui dokumen-dokumen, baik dokumen tertulis, foto-foto, gambar, maupun dokumen elektronik yang dapat mendukung dalam proses penulisan. Fenomena kenakalan remaja/mahasiswa, intoleransi, terkikis-nya nilai-nilai keber- samaan, gotong royong, kejujuran, dan nasionalisme serta tumbuhnya budaya korupsi merupakan realitas yang menggambarkan kegagalan institusi pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikannya, khususnya pada pengembangan karakter peserta didik. Implementasi pendidikan karakter pada jenjang pendidikan tinggi, diantaranya pada kegiatan ko-kurikuler dan ektrakurikuler.

References

Arikunto, S. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi. Aksara.

Depdiknas. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Balai Pustaka. Jakarta

Gunawan, I. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Dan Teori. Jakarta: Bumi Aksara

Haryanto. 2011. Pendidikan Karakter Menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Mei 2011, Th. XXX, 15-27. Edisi Khusus Dies Natalis UNY

Kemendiknas. 2011. Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Jakarta.

Kesuma, Dharma, dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Kartadinata, S. 2009. Mencari Bentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Makalah. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._psikologi_pend_dan_bimbingan/195003211974121-sunarya_kartadinata/mencari_bentuk_pendidikan_karakter_bangsa.pdf.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Pemerintah Republik Indonesia. 2010. Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025. Jakarta.

Rukiyati. 2013. Urgensi Pendidikan Karakter Holistik Komprehensif di Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, No. 2, 196-203.

Permendiknas Nomor 26 tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

Syarbaini, Syahrial. 2012. Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi. Edisi Revisi. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Stufflebeam, D. S. 2003. The CIPP Model for Evaluation: International Handbook of Educational Evaluation. Kluwer Academic Publishers vol. 9

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Vasdhev, G. 2012. Happiness Inside. Noura Books (PT Mizan Publika). Jakarta.

Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi Membangun Karakter Ideal Mahasiswa di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zhang, G., Zeller, N., et all., 2011. Using the Context, Input, Process, and Product Evaluation Model (CIPP) as a Comprehensive Framework to Guide the Planning, Implementation, and Assessment of Service-learning Programs. Journal of Higher Education Outreach and Engagement, Volume 15, Number 4, p. 57 ISSN 1534-6104

Zamroni. 2011. Strategi dan Model Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Makalah pada Seminar Pendidikan Karakter di Sekolah di Magelang. (disampaikan 23 Mei 2011)

Published

2023-07-08

How to Cite

I Kadek Happy Kardiawan, I Wayan Widiana, & I Gede Ratnaya. (2023). Analisis Evaluasi Implementasi Kebijakan Program Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dengan Model CIPP. Mimbar Pendidikan Indonesia, 4(2). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPI2/article/view/65528

Issue

Section

Articles