Video Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Gugus III Kecamatan Buleleng

Authors

  • Ketut Agus Kresnadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gede Margunayasa Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Widiana Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.44478

Keywords:

video pembelajaran, IPA, ADDIE

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji validitas video pembelajaran perubahan wujud benda untuk pembelajaran IPA dengan model ADDIE. Jenis penelitian ini adalah penelitan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran perubahan wujud benda berhasil dikembangkan mengikuti Model ADDIE yang mencakup lima langkah, yaitu: (1) analisis (Analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development), (4) implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Hasil validasi terhadap produk video pembelajaran yang dikembangkan ini menunjukkan bahwa, (1) skor validitas media dalam video pembelajaran sebesar 84,5% berkualifikasi valid, (2) skor validitas materi dalam video pembelajaran sebesar 87% berkualifikasi sangat valid, dan (3) skor validitas video pembelajaran oleh para praktisi (guru) sebesar 88,1% berkualifikasi sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran perubahan wujud benda sangat layak untuk diterapkan dalam pembelajaran IPA siswa kelas V di Sekolah Dasar.

Author Biography

Ketut Agus Kresnadi, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Alphian, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar. Pembelajar Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2). https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098. DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098

Amirullah, SE., M. . (2015). Populasi Dan Sampel. Wood Science and Technology, 16(4).

Ariani, K. R., Sumantri, M., & Parmiti, D. P. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran IPS Bermuatan Tes untuk Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28260. DOI: https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.28260

Bersih, K., & Margunayasa, I. G. (2021). Demonstration-Based Learning Videos on the Topic of Substance Changes in Elementary Schools. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2). https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.34689. DOI: https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.34689

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341–1348. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.888

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar Depdiknas 2008. 1–4.

Djamarah, S. B., & Aswan, Z. (2006). Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi). In Jakarta: Rineka Cipta.

Fath, Z. Al, Pranata, O. H., & Nugraha, A. (2018). Video Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Outdoor Learning Di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13753. DOI: https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.13753

Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1).

Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Fonna, N. (2019). Pengembangan Revolusi Industri 4.0 dalam Berbagai Bidang. In Guepedia Publisher.

Harjono, A., Jufri, W., & Arizona, K. (2017). Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri Melalui Strategi Kooperatif Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1). https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.231. DOI: https://doi.org/10.29303/jpft.v1i1.231

Imas, L. (2015). Penerapan strategi poster session untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam (Penelitian tindakan kelas IV SDN Banjarejo Madiun Semester genap tahun pelajaran 2014/2015). VIII(September 2009), 14–32.

Jundu, R., Nendi, F., Kurnila, V. S., Mulu, H., Ningsi, G. P., & Ali, F. A. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(2). https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112. DOI: https://doi.org/10.24929/lensa.v10i2.112

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 12(2). https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18. DOI: https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Molenda. (2003). In Search of the Elusive Cadre. Contemporary Sociology, 18(3), 330. https://doi.org/10.2307/2073804. DOI: https://doi.org/10.2307/2073804

Nugraha, D. M. D. P. (2019). Pandangan Guru Terhadap Pembelajaran Berorientasi Revolusi Industri 4.0 Di Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Universitas Dwijendra, 10(2).

Nugraha, D. M. D. P. (2021). Station Rotation Type Blended Learning Model Against Critical Thinking Ability of Fourth Grade Students. Journal of Education Technology, 4(4). https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29690. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29690

Nugraha, H. S. (2016). Kelayakan Media Permainan Engklek Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 4(3).

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Putra, P. (2017). Pendekatan Etnopedagogi dalam Pembelajaran IPA SD / MI. Primary Education Journal (PEJ), 1(1). DOI: https://doi.org/10.30631/pej.v1i1.1

Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954. DOI: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14954

Riyana, C. (2007). Pedoman pengembangan media video. Jakarta: P3ai Upi.

Safrina Junita, & Munzir. (2020). Penerapan Media Pop-Up Book Untuk Pemahaman Sub Tema Ketampakan Rupa Bumi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 7(1). https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.982. DOI: https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v7i1.982

Sari, C. A., Rachmawanto, E. H., & Setiadi, D. R. I. M. (2020). Peningkatan Model Pembelajaran Pengenalan Binatang Melalui Video Animasi. ABDIMASKU : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2). https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.95. DOI: https://doi.org/10.33633/ja.v3i2.95

Sugiyono. (2015). Sugiyono, Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D , (Bandung: Alfabeta, 2015), 407 1. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Kencana Prenadamedia Group. In Penerbit Kencana (Vol. 49, Issues 23–6).

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Pendidikan, 11(1), 16.

Wahyuni, A., Effendi, L. A., Angraini, L. M., & Andrian, D. (2020). Developing instrument to increase students’ geometry ability based on Van Hiele level integrated with Riau Malay culture. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 24(2). https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.33811. DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v24i2.33811

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1). https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77

Widiyasanti, M., Proketen, S. D., & Yogyakarta, N. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489. DOI: https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489

Zainiyati, H. S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT Konsep dan Plikasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. In Kencana PrenadaMedia Group.

Downloads

Published

2022-02-10

How to Cite

Kresnadi, K. A., I Gede Margunayasa, & I Wayan Widiana. (2022). Video Pembelajaran Perubahan Wujud Benda pada Pembelajaran IPA Kelas V SD Gugus III Kecamatan Buleleng. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(3), 241–254. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i3.44478

Issue

Section

Articles

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.