Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17102Abstract
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada siswa SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan model pembelajaran Discovery Learning mata pelajaran Prakarya dan kewirausahaan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian yang akan dijadikan penelitian adalah siswa kelas XI Tata Boga 4 SMK N 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 41 orang Laki-laki 25 orang dan Perempuan 16 orang Sedangkan obyek penelitian adalah Motivasi siswa dan Prestasi belajar. Data mengenai prestasi belajar siswa yang dikumpulkan pada akhir setiap siklus dengan menggunakan tes. Data mengenai Motivasi belajar yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar berupa kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model Discovery Learning dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa kelas XI Tata Boga 4 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017References
Agung, A. A. Gede. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha..
Amallia Nugrahaeni, I Wayan Redhana, I Made Arya Kartawan.2017. “Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kimia”. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia Vol 1, No 1 (2017).
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Barus, Ira Wati. 2017. “Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dengan Bantuan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas IX.13 SMP Negeri 2 Singaraja’ Journal of Education Action Research Vol 2, No 2 (2018): May 2017.
Dasripin, Ipin. 2008. Penggunaan Model Kooperatif Skrip dalam Pembelajaran. Menulis Narasi di Kelas VII SMPNegeri 1 Cigalontang Kab. Bandung. Tesis. Magister pada PPS UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka. Indonesia.
E.Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya
Husamah. 2013. Pembelajaran diluar Kelas Outdoor Learning. Jakarta : Prestasi Pustakaraya.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014.SuksesMengim- plementasikan Kurikulum 2013. Yogyakarta : Kata Pena.
Malihatul Aini, Isna. 2016. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning (DL) Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas V SD Negeri 2 Labuhan Ratu Bandarlampung Tahun Pelajaran 2014/2015”. (diakses pada tanggal 6 Maret 2018, pukul 17.00)
N, Budiman. N. 2012. Etika Profesi Guru. Yogyakarta : Mentari Pustaka.
Permendikbud. 2014. “Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Lampiran III”. Jakarta : Kemendikbud.
Putra . Komang Wisnu Baskara & I Made Agus Wirawan, Gede Aditra Pradnyana.2017. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran “Sistem Komputer” Untuk Siswa Kelas X Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Vol 14, No 1 (2017): Edisi Januari 2017.
Putrayasa, I Made. 2014. “ Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.
Rismayani , Ni Luh. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol 1, No 2 (2013).
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik. Jakarta : Bumi Aksara.
Setyosari, H. Punaji. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta : Prenadamedia Group.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)