PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAY PADA MATA PELAJARAN PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN KONTINENTAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA

I Gusti Ayu Made Sukelasmini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan  hasil belajar siswa kelas XI A 5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 setelah diterapkannya model pembelajaran  role play pada mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan kontinental. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI A 5 SMK Negeri 2 Singaraja semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 36  orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.. Sedangkan objeknya adalah motivasi dan hasil belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes pilihan ganda. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran role play pada siswa kelas XI A 5 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018 mata pelajaran pengolahan dan penyajian makanan kontinental dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil aktivitas belajar siswa yaitu 8 siswa atau 22% siswa berkatagori aktif, 21 siswa atau 58% berkatagori cukup aktif, dan 7 siswa atau 20% berkatagori kurang aktif. Pada siklus II menjadi 2 siswa atau 5.5% siswa berkatagori sangat aktif, 22 siswa atau 61% berkatagori aktif, dan 12 siswa atau 33.5% berkatagori cukup aktif. Untuk rata- rata hasil belajar siklus I yaitu sebesar 79.29 dan siklus II meningkat sebesar 83.19

Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.

Baroroh, K., 2011. Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2).

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Ghony, M. Djunaidi. 2008. Penelitian Tindakan kelas. Malang: UIN-.

Fatmaningsih, Z., Sugiharto, D.Y.P. and Hartati, M.T.S., 2018. Meningkatkan Sikap Disiplin Berlalu Lintas Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(1).

Khairani, R., Lipoeto, N. I., & Ristiono, B. (2018). Perbandingan Efektifitas Penyuluhan Kesehatan Gigi Metode Dongeng (Storytelling) Dengan Metode Bermain Peran (Role Play) Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar. Andalas Dental Journal, 5(1).

Lestari, E.D., 2018. Manajemen Persekolahan: Pengembangan Song, Word Map, Game dan Role Play Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Speaking Skill Dan Keterlibatan Siswa Kelas III SD Kristen Pelita Bangsa Lumajang. Manajemen Bisnis Kompetensi, 13(1).

Romadhona, F.T. and Yundra, E., 2018. Pengembangan Edugame Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game (Rpg) Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X Tav Di Smkn 3 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 7(2).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka. Cipta.

Yulia Siska. 2010. Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini Taman Kanak-kanak Al-Kautsar. Bandar Lampung. Peneltian Tindakan Kelas.

Yohana, F.M., Pratiwi, H.A. and Susanti, K., 2019. Penerapan Metode Role Play Storytelling dengan Menggunakan Media Poster Pada Kemampuan Berbahasa Inggris Mahasiswa Desain Komunikasi Visual. Magenta| Official Journal STMK Trisakti, 3(1), pp.397-408.

Zaki, R., Werdati, S. and Dewi, F.S.T., 2009. Efektivitas Role Play, penayangan VCD dan modul dalam meningkatkan keterampilan komunikasi terapeutik mahasiswa Stikes Jenderal Ahmad yani Yogyakarta. Berita Kedokteran Masyarakat, 25(3), p.125.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.