PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN MEDIA GAME PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KANTOR DEPAN (RESERVASI)

Luh Suardani

Abstract


Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar  dan  pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan (reservasi) Kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif berbantuan media game puzzle. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI AP 4 SMK Negeri 2 Singaraja dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah motivasi belajar dan pemahaman belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan angket/kuesioner, sedangkan data pemahaman belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media game puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar  dan  pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan (reservasi) kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif, media game puzzle, motivasi belajar, pemahaman belajar siswa


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Corno, L., & Mandinach, E. B. 1983. The Role of Cognitive Engagement in Classroom Learning and Motivation. Educational Psychologist, 18(2), 1-8

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.

Gunadi, Chintia Leo, William Gunawan. 2014. Hubungan Motivasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma ‘X’ Di Jakarta Barat. Jurnal NOETIC Psychology Volume 4 Nomor 1.

Kandoli, Louisa Nicolina. 2011. “Motivasi Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Tata Hidang Di Jurusan Pkk Fakultas Teknik.” Jurnal Skripsi (tidak diterbitkan). Volume 2, Nomor 2 (hlm. 103). Tersedia pada http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/ article/view/383 (diakses tanggal 2 Februari 2017).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016. PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP).

Nurdin. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. II No. 2

Pintrich, Paul R & Dale H. Schunk. 1996. Motivation in Education, Theory, Research, and Application. Ohio : Prentice Hall.

Pintrich, Paul R & Schunk, Dale H. 2002. Motivation in Education : Theory,Research, and Applications-2.Upper Saddle River. New Jersey : Merril Prentice Hall.

Pranomo , Wisnu Wibowo. 2014. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Antartika 1 Sidoarjo. JPTM, Volume 3 Nomor 1, Hal. 114 – 120

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.

Sri Susandi Ulandari, Komang. 2014. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil Di Desa Buruan.” Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1 (hlm. 119). Tersedia pada http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/ article/view/383 (diakses tanggal 25 Februari 2017).

Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

_________. 2010. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.