Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Game Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kantor Depan (Reservasi)
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17106Abstract
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan (reservasi) Kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif berbantuan media game puzzle. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI AP 4 SMK Negeri 2 Singaraja dengan jumlah siswa 40 orang terdiri dari 17 orang siswa laki-laki dan 23 orang siswa perempuan. Sedangkan objeknya adalah motivasi belajar dan pemahaman belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan angket/kuesioner, sedangkan data pemahaman belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif berbantuan media game puzzle dapat meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran kantor depan (reservasi) kelas XI AP4 SMK Negeri 2 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif, media game puzzle, motivasi belajar, pemahaman belajar siswa
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Corno, L., & Mandinach, E. B. 1983. The Role of Cognitive Engagement in Classroom Learning and Motivation. Educational Psychologist, 18(2), 1-8
Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Gunadi, Chintia Leo, William Gunawan. 2014. Hubungan Motivasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa Sma ‘X’ Di Jakarta Barat. Jurnal NOETIC Psychology Volume 4 Nomor 1.
Kandoli, Louisa Nicolina. 2011. “Motivasi Dan Hubungannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Tata Hidang Di Jurusan Pkk Fakultas Teknik.” Jurnal Skripsi (tidak diterbitkan). Volume 2, Nomor 2 (hlm. 103). Tersedia pada http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/ article/view/383 (diakses tanggal 2 Februari 2017).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, 2016. PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP).
Nurdin. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. II No. 2
Pintrich, Paul R & Dale H. Schunk. 1996. Motivation in Education, Theory, Research, and Application. Ohio : Prentice Hall.
Pintrich, Paul R & Schunk, Dale H. 2002. Motivation in Education : Theory,Research, and Applications-2.Upper Saddle River. New Jersey : Merril Prentice Hall.
Pranomo , Wisnu Wibowo. 2014. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Teknik Pemesinan Di Smk Antartika 1 Sidoarjo. JPTM, Volume 3 Nomor 1, Hal. 114 – 120
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pemebelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sardiman. 2007. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Bandung: Raja Grafindo Persada.
Sri Susandi Ulandari, Komang. 2014. “Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SD Kelas V Semester Ganjil Di Desa Buruan.” Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Volume 2, Nomor 1 (hlm. 119). Tersedia pada http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/ article/view/383 (diakses tanggal 25 Februari 2017).
Winkel, W.S & Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
_________. 2010. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)