Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Archievemen Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Tata Hidang

Authors

  • Ni Luh Astrini Laksemiwati SMK N 2 Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17115

Abstract

Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar tata hidang siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 orang. Sedangkan objek penelitian tindakan kelas ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tata hidang. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan angket/kuesioner, sedangkan data hasil  belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tata Hidang siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017.

 

Kata kunci: model pembelajaran STAD, motivasi belajar, hasil belajar siswa

References

A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motuvasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGravindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Prektek. Jakarta: Bumi Aksara.

Arnyana, 2007. Stategi Belajar Mengajar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Depdiknas, 2003. Pengembangan Kurikulum dan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Diretorat Pendidikan Lanjutan Pertama.

Indrawati, Ni Luh Gede Eka. 2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017”. Journal of Education Action Research Vol 1, No 2 (2017): August 2017.

Jayano,Dw. Md. R. Dwi & I Gst. Ngr. Japa I Md. Tegeh.2013.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Bermuatan Catur Pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn 1 Sangsit”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).

Pujiono, Rudi.2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V B Sdn 047 Tarakan”. Journal of Education Research and Evaluation Vol 1, No 4 (2017).

Putra. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Ubud”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 1.

Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik.Bandung: Nusa Media

Sudana, I Putu Ari & I Gede Astra Wesnawa.2017.” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2017): Februari 2017.

Wahyuni. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 2

Downloads

Published

2019-03-05

How to Cite

Laksemiwati, N. L. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Archievemen Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Tata Hidang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 88–95. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17115

Issue

Section

Articles