Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Archievemen Division (STAD) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Tata Hidang
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17115Abstrak
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar tata hidang siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2016/2017 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang dipilih dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 38 orang. Sedangkan objek penelitian tindakan kelas ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tata hidang. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan angket/kuesioner, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievemen Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tata Hidang siswa kelas XI A3 SMK Negeri 2 Singaraja tahun pelajaran 2016/2017.
Kata kunci: model pembelajaran STAD, motivasi belajar, hasil belajar siswa
Referensi
A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motuvasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGravindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosudur Penelitian Suatu Pendekatan Prektek. Jakarta: Bumi Aksara.
Arnyana, 2007. Stategi Belajar Mengajar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Depdiknas, 2003. Pengembangan Kurikulum dan Sistem Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Diretorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Indrawati, Ni Luh Gede Eka. 2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD No. 1 Sading Kecamatan Mengwi Kabupaten Badung Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017”. Journal of Education Action Research Vol 1, No 2 (2017): August 2017.
Jayano,Dw. Md. R. Dwi & I Gst. Ngr. Japa I Md. Tegeh.2013.” Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Bermuatan Catur Pramana Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V Sdn 1 Sangsit”. MIMBAR PGSD Undiksha Vol 1, No 1 (2013).
Pujiono, Rudi.2017. ”Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (Stad) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V B Sdn 047 Tarakan”. Journal of Education Research and Evaluation Vol 1, No 4 (2017).
Putra. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus Ubud”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 1.
Slavin, Robert E. (2008). Cooperative Learning. Teori, Riset, dan Praktik.Bandung: Nusa Media
Sudana, I Putu Ari & I Gede Astra Wesnawa.2017.” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Vol 1, No 1 (2017): Februari 2017.
Wahyuni. 2014. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbasis Interaksi Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD”. Univesitas Pendidikan Ganesha, Volume 2
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)