Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA

Authors

  • Aprilliarose Taurina Rizqi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Made Sumantri Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (2) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Penelitian ini termasuk penelitian Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Cupel, Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana, dengan jumlah sampel 52. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh Fhitung = 8,35 > Ftabel = 3,18. (2) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh Fhitung = 4,16 > Ftabel = 3,18. (3) hubungan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA diperoleh Fhitung = 6,69 > Ftabel = 3,18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pola asuh orang tua berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar IPA  siswa kelas IV SD di Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana secara terpisah maupun simultan.  

 

            Kata kunci: motivasi belajar, pola asuh orang tua, hasil belajar IPA

References

Agustiawati, I. 2014. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung”. Junal Universitas Pendidikan Indonesia.

Aritonang, K. T. 2008. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Penabur: No. 10, Tahun ke-7.

Budiarnawan, K. A. 2014. “Hubungan antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha: Vol. 2, No. 1.

Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Ghullam, H. Dan Lisa, A. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian pendidikan: Vol.12, No. 1.

Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniasih, I., dan Sani, B. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kota Pena.

Harianti, R. 2016. “Pola Asuh Orang Tua dan lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Curricula Kopertis Wil X. Jurusan Studi Kesehatan Masyarakat. STIKES Al-Insyirah Pekanbaru: Vol. 1, No. 2.

Jayantini, N. M. S, dkk. 2014. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Undiksha. Jurusan Bimbingan Konseling. Universitas Pendidikan Ganesha: Vol. 2, No. 2.

Koyan, W. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.

Sari, R. D. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus I Sidoarum Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jurusan Penidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2019-07-03

How to Cite

Taurina Rizqi, A., & Sumantri, M. (2019). Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 145–154. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071

Issue

Section

Articles