Hubungan antara Motivasi Belajar dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Hasil Belajar IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18071Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA, (2) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana. Penelitian ini termasuk penelitian Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD di Desa Cupel, Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana, dengan jumlah sampel 52. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, dan data dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh Fhitung = 8,35 > Ftabel = 3,18. (2) hubungan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA siswa diperoleh Fhitung = 4,16 > Ftabel = 3,18. (3) hubungan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPA diperoleh Fhitung = 6,69 > Ftabel = 3,18. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar dan pola asuh orang tua berhubungan secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD di Desa Cupel Kecamatan Negara Kabupaten Jembrana secara terpisah maupun simultan.
Kata kunci: motivasi belajar, pola asuh orang tua, hasil belajar IPA
Referensi
Agustiawati, I. 2014. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS di SMA Negeri 26 Bandung”. Junal Universitas Pendidikan Indonesia.
Aritonang, K. T. 2008. “Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan Penabur: No. 10, Tahun ke-7.
Budiarnawan, K. A. 2014. “Hubungan antara Konsep Diri dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD di Desa Selat”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha: Vol. 2, No. 1.
Dantes, N. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Ghullam, H. Dan Lisa, A. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Jurnal Penelitian pendidikan: Vol.12, No. 1.
Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Kurniasih, I., dan Sani, B. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Yogyakarta: Kota Pena.
Harianti, R. 2016. “Pola Asuh Orang Tua dan lingkungan Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Curricula Kopertis Wil X. Jurusan Studi Kesehatan Masyarakat. STIKES Al-Insyirah Pekanbaru: Vol. 1, No. 2.
Jayantini, N. M. S, dkk. 2014. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sukasada Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Undiksha. Jurusan Bimbingan Konseling. Universitas Pendidikan Ganesha: Vol. 2, No. 2.
Koyan, W. 2012. Statistik Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press.
Sari, R. D. 2015. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas IV dan V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus I Sidoarum Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Skripsi. Tidak diterbitkan. Jurusan Penidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20. Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)