PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SMALL GROUP WORK (SGW) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA

Ni Wayan Sutamin

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI Blahbatuh di kelas X B5 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X B5 SMA PGRI Blahbatuh pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,59, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,00 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,67. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 48,64%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 72,97%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94,59%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X B5 semester II SMA PGRI Blahbatuh tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci:  Model Pembelajaran Small Group Work (SGW), Media audio Visual, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Ana dan Esti. 2016. Model Pembelajaran Small Group Work Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 1, Maret 2016.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan. Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.

Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha. Nasional.

Hopkins. 1993. Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar

Falahudin ,Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran . Jurnal Lingkar Widyaiswara (www.juliwi.com) Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014, p.104 – 117 ISSN: 2355-4118

Hasan ,Hasmiana. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh . Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016, Hal 22 - 33 Issn: 2337-9227

M.Sidik, Hasnun, dkk. 2007. Terampil Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX B5I. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Muhsetyo, Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP. Jakarta : Universitas Terbuka.

Mustamin ,Hasmiah. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar . Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan), Vol. 1 No. 1 Desember 2013: 151-177

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya

Rianto, Milan. 2005. Metode Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran . Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2 November 2014

Yulinda, Eva. 2017. Penerapan Metode Small Group Work dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN Montasik Aceh Besar. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Yosi, Rizeki. 2016. Model Pembelajaran Small Group Work Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 1, Maret 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18075

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.