Penggunaan Model Pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18075Abstrak
Penelitian ini dilaksanakan di SMA PGRI Blahbatuh di kelas X B5 yang kemampuan siswanya untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X B5 SMA PGRI Blahbatuh pada semester II tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,59, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,00 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 80,67. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 48,64%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 72,97%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 94,59%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Work (SGW) dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa kelas X B5 semester II SMA PGRI Blahbatuh tahun pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: Model Pembelajaran Small Group Work (SGW), Media audio Visual, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia
Referensi
Ana dan Esti. 2016. Model Pembelajaran Small Group Work Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 1, Maret 2016.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan. Kelas.Jakarta : Bumi Aksara.
Djamarah. 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya : Usaha. Nasional.
Hopkins. 1993. Desain Penelitian Tindakan Kelas (Model Ebbut). Yogyakarta : Pustaka Belajar
Falahudin ,Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran . Jurnal Lingkar Widyaiswara (www.juliwi.com) Edisi 1 No. 4, Oktober – Desember 2014, p.104 – 117 ISSN: 2355-4118
Hasan ,Hasmiana. 2016. Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Ketuntasanbelajar Ips Materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, Dan Transportasi Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 20 Banda Aceh . Jurnal Pesona Dasar Universitas Syiah Kuala Vol. 3 No.4, Oktober 2016, Hal 22 - 33 Issn: 2337-9227
M.Sidik, Hasnun, dkk. 2007. Terampil Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX B5I. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Muhsetyo, Gatot, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP. Jakarta : Universitas Terbuka.
Mustamin ,Hasmiah. 2013. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar . Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan), Vol. 1 No. 1 Desember 2013: 151-177
Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi . Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1 Nopember 2013
Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Rianto, Milan. 2005. Metode Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sunhaji. 2014. Konsep Manajemen Kelas Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran . Jurnal Kependidikan, Vol. II No. 2 November 2014
Yulinda, Eva. 2017. Penerapan Metode Small Group Work dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas IV MIN Montasik Aceh Besar. Skripsi. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Yosi, Rizeki. 2016. Model Pembelajaran Small Group Work Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Siswa . Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4 No 1, Maret 2016.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)