PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU

Syamsuddin Hs

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di SD Negeri 2 Patas Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD Negeri 2 Patas yang berjumlah 8 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan supervisi akademik secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 2 Patas Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari rerata kinerja guru sebelum penelitian sebesar 130,50 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I menjadi 150,13 berada pada kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 167 berada pada kategori sangat tinggi.

 

Kata kunci: Kinerja Guru, Supervisi akademik


Full Text:

PDF

References


Agung, A.A Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar-dasar Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.

Depdikbud. 1995. Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Depdikbud

Depdiknas. 2004. Pedoman Supervisi Pengajaran. Jakarta: Ditjen. Dikdasmen

Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.

Fattah, Hussein, H. A. 2014. Perilaku Pemimpin & Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera.

Fitriani, Cut. 2017. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural . Jurnal Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan

Sahertian, Piet. A. 2008. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Sahertian, Piet. A., dan Frans Mataheru. 1982. Prinsip dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Surabaya; Usana Offset Printing.

Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers

Suripto. 2015. Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di Sekolah Dasar Dabin I UPTD Pendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Tahun 2015. E-Jurnal Magistra No. 95 Th. XXVIII Maret 2016 ISSN 0215-9511.

Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.