Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v3i2.21164Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kinerja guru di SD Negeri 2 Patas Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti supervisi akademik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru di SD Negeri 2 Patas yang berjumlah 8 orang guru. Data kinerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata kinerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penerapan supervisi akademik secara efektif dapat meningkatkan kinerja guru di SD Negeri 2 Patas Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini ditunjukkan dari rerata kinerja guru sebelum penelitian sebesar 130,50 berada pada kategori sedang, meningkat pada siklus I menjadi 150,13 berada pada kategori tinggi dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 167 berada pada kategori sangat tinggi.
Kata kunci: Kinerja Guru, Supervisi akademik
Referensi
Agung, A.A Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Ganesha.
Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar-dasar Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Rieneka Cipta.
Depdikbud. 1995. Petunjuk Pelaksanaan Supervisi Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Depdikbud
Depdiknas. 2004. Pedoman Supervisi Pengajaran. Jakarta: Ditjen. Dikdasmen
Depdiknas. 2005. Pembinaan Profesionalisme Tenaga Pengajar (Pengembangan Profesionalisme Guru). Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.
Fattah, Hussein, H. A. 2014. Perilaku Pemimpin & Kinerja Pegawai. Yogyakarta: Elmatera.
Fitriani, Cut. 2017. Kompetensi Profesional Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Di Mts Muhammadiyah Banda Aceh . Jurnal Magister Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala
Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural . Jurnal Pendidikan Agama Islam Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Yudharta Pasuruan
Sahertian, Piet. A. 2008. Konsep-Konsep dan Teknik Supervisi Pendidikan Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Sahertian, Piet. A., dan Frans Mataheru. 1982. Prinsip dan Tehnik Supervisi Pendidikan. Surabaya; Usana Offset Printing.
Supardi. 2014. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers
Suripto. 2015. Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di Sekolah Dasar Dabin I UPTD Pendidikan Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Tahun 2015. E-Jurnal Magistra No. 95 Th. XXVIII Maret 2016 ISSN 0215-9511.
Susanto, Ahmad. 2016. Manajemen Peningkatan Kinerja Guru. Jakarta: Prenadamedia Group.
Unduhan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)