Model Pembelajaran SQ3R Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29280Keywords:
Metode Pembelajaran SQ3R 2, Hasil Belajar Bahasa Indonesia 3Abstract
Kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia berakibat pada hasil belajar yang rendah. Hal ini membuat guru melakukan berbagai uaya untuk menyikapi agar hasil belajar siswa tidak rendah lagi. Model yang cocok untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia salah satunya adalah model pembelajaran SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SQ3R dan konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 46 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 24 orang siswa pada kelompok eksperimen dan 22 orang siswa pada kelompok kontrol. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil yaitu hasil uji-t yang menunjukan bahwa thit > ttab, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa indonesia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SQ3R dan siswa yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran SQ3R.
References
Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.
Agustina, R., & Hariyadi, H. (2018). Penerapan Metode SQ3R dan Metode PQ3R terhadap Keterampilan Membaca pada Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 69-80. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020105
Akmal, N., & Hasan, S. (2020). Penerapan Model Survey Question Read Recite Review SQ3R Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Biology Education, 8(1). https://doi.org/10.32672/jbe.v8i1.2016
Amir, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains, 2(2), 115-127. http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/140/1/10.%20Almira.-min.compressed.pdf
Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., & Kusniaty, N. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.
Fajarian, N. I. (2017). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Universitas Muhammaddiyah Surakarta.
Gandhi, T. W. (2011). Filsafat Pendidikan. Ar-ruzz Media.
Herlyana, R. (2019). Pengelolaan Kurikulum dan Pengembangan Artikel. Universitas Negeri Padang
Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Garudhawaca.
Koyan, I. W. 2011. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press
Marlena, B. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/3504/
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. PT. Prestasi Pustakaraya Jakarta.
Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Niyati, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA biologi di MTs. Manba’ul Ulum Dasan Ketujur Gerung tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).
Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. (2014). Model Problem Based Learning Menggunakan Metode Probing-Prompting Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3098
Putri, I. G. A. C. A., Putra, D. K. N. S., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2471
Rahayu, A. P. (2015). Menumbuhkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pendidikan dan pengajaran. Jurnal Paradigma, 2(1), 1-15. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/886
Rahmadani, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V MIN Sei Agul Kecamatan Medan Denai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).
Rahmawati, S. E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat (Undergraduate Thesis, Universitas Lampung). http://digilib.unila.ac.id/27728/
Sholichah, A. S. (2018). Teori-teori pendidikan dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23-46. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209
Sugiyono. (2012). Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta
Supardi. (2015). Penilaian Autenti Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi. Rajawali Press
Supriyadi & Sriwilujeng D. (2016). Guru Pembelajaran Modul Pelatihan SD Kelas Tinggi. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kerja Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group
Usman, R. (2015). Penggunaan Metode SQ3R Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahamaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 105-114. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v4i2.2944
Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52-59. https://core.ac.uk/download/pdf/230383952.pdf
Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 808-814. http://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)