Model Pembelajaran SQ3R Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia

Authors

  • I Wayan Widnyana Universitas Pendidikahn Ganesha
  • desak putu parmiti Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gusti Ngurah Japa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29280

Keywords:

Metode Pembelajaran SQ3R 2, Hasil Belajar Bahasa Indonesia 3

Abstract

Kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia berakibat pada hasil belajar yang rendah. Hal ini membuat guru melakukan berbagai uaya untuk menyikapi agar hasil belajar siswa tidak rendah lagi.  Model yang cocok untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia salah satunya adalah model pembelajaran SQ3R. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SQ3R dan konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasy Experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 46 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 24 orang siswa  pada kelompok eksperimen dan 22 orang siswa pada kelompok kontrol. Penentuan sampel penelitian dengan menggunakan simple random sampling. Data hasil belajar Bahasa Indonesia siswa dikumpulkan dengan instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil yaitu hasil uji-t yang menunjukan bahwa thit > ttab, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar Bahasa indonesia antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran SQ3R dan siswa yang dibelajarkan dengan bukan model pembelajaran SQ3R.

Author Biographies

I Wayan Widnyana, Universitas Pendidikahn Ganesha

PGSD

desak putu parmiti, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Gusti Ngurah Japa, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. PT Refika Aditama.

Agustina, R., & Hariyadi, H. (2018). Penerapan Metode SQ3R dan Metode PQ3R terhadap Keterampilan Membaca pada Mahasiswa. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 69-80. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020105

Akmal, N., & Hasan, S. (2020). Penerapan Model Survey Question Read Recite Review SQ3R Dalam Pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Biology Education, 8(1). https://doi.org/10.32672/jbe.v8i1.2016

Amir, A. (2014). Penggunaan Model Pembelajaran SQ3R Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. LOGARITMA: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan dan Sains, 2(2), 115-127. http://repo.iain-padangsidimpuan.ac.id/140/1/10.%20Almira.-min.compressed.pdf

Dhieni, N., Fridani, L., Yarmi, G., & Kusniaty, N. (2005). Metode Pengembangan Bahasa. Universitas Terbuka.

Fajarian, N. I. (2017). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Universitas Muhammaddiyah Surakarta.

Gandhi, T. W. (2011). Filsafat Pendidikan. Ar-ruzz Media.

Herlyana, R. (2019). Pengelolaan Kurikulum dan Pengembangan Artikel. Universitas Negeri Padang

Hidayah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Garudhawaca.

Koyan, I. W. 2011. Statistik Teknik Analisis Data Kuantitatif. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha Press

Marlena, B. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri 76 Kota Bengkulu (Doctoral Dissertation, IAIN Bengkulu). http://repository.iainbengkulu.ac.id/3504/

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. PT. Prestasi Pustakaraya Jakarta.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9-16. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515

Niyati, A. (2017). Pengaruh model pembelajaran SQ3R terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA biologi di MTs. Manba’ul Ulum Dasan Ketujur Gerung tahun pelajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).

Putra, D. K. N. S., & Ardana, I. K. (2014). Model Problem Based Learning Menggunakan Metode Probing-Prompting Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3098

Putri, I. G. A. C. A., Putra, D. K. N. S., & Zulaikha, S. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2471

Rahayu, A. P. (2015). Menumbuhkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pendidikan dan pengajaran. Jurnal Paradigma, 2(1), 1-15. http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/paradigma/article/view/886

Rahmadani, S. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Kelas V MIN Sei Agul Kecamatan Medan Denai (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).

Rahmawati, S. E. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 6 Metro Barat (Undergraduate Thesis, Universitas Lampung). http://digilib.unila.ac.id/27728/

Sholichah, A. S. (2018). Teori-teori pendidikan dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23-46. http://dx.doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Sugiyono. (2012). Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta

Supardi. (2015). Penilaian Autenti Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasi. Rajawali Press

Supriyadi & Sriwilujeng D. (2016). Guru Pembelajaran Modul Pelatihan SD Kelas Tinggi. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kerja Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayan.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group

Usman, R. (2015). Penggunaan Metode SQ3R Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Membaca Pemahamaman Siswa Kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 105-114. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v4i2.2944

Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make A Match Untuk Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan. Jurnal Taman Cendekia, 1(1), 52-59. https://core.ac.uk/download/pdf/230383952.pdf

Yulia, D. S. F., Wahjoedi, W., & Sapto, A. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(6), 808-814. http://doi.org/10.17977/jptpp.v4i6.12537.

Downloads

Published

2020-10-20

How to Cite

Widnyana, I. W., parmiti, desak putu, & Japa, G. N. (2020). Model Pembelajaran SQ3R Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 555–563. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i3.29280