PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR PKN

Ni Putu Arista Dewi, Dewa Nyoman Sudana, Desak Putu Parmiti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Efektivitas implementasi model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar PKn kelas V, 2) perbedaan hasil belajar PKnsiswa yang mengikuti model pemebelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Seririt  yang berjumlah 126 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling dan diperoleh kelas V di SD N 2 Unggahan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 20 orang dan kelas V SD N 4 Patemon sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 20 orang. Data hasil belajar PKn siswa dikumpulkan menggunakan metode tes dengan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan statistikuji t-Brunning dan anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) implementasi model permbelajaran Word Square berbantuan Mind Mappingefektif dalam pembelajaran PKn, 2) terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar PKn antara siswa yang mengikuti model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Word Square berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas V di SD Gugus VI Kecamatan Seririt Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata-kata kunci: hasil belajar PKn, Mind Mapping, Word Square

Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan, suatu Pengantar. Singaraja: FIP Undiksha Singaraja.

Aningsih, Ni Nengah. 2012. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap HasilBelajar IPA Kelas IV SD Gugus I Kecamatan Pupuan”. Mimbar PGSD, Volume 1.

Japa, I Gusti Ngurah dan I Made Suarjana. 2015. “Pendidikan Matematika I”. Singaraja:Undiksha.

Karwono dan Heni Mularsih. 2017. “Belajar dan Pembelajaran”. Depok: Rajawali Pers.

Kurniasari, Ni Pd. Mirah. 2013 “Pengaruh Model pemeblajaran Word Square Berbantuan Media Gambar Terhadap hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Gugus V Kecamatan Tegallalang”.Mimbar PGSD, Volume

Kurniasih, Imas. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Lestari, Gusti Ayu, I Gusti Agung Oka Negara, Ni Nyoman Ganing. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No:

Muriana, Dw GedeAlit. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 Di SD Desa Tista Tahun Pelajaran 2013/2014”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol: 2 No: 1 Tahun 2014

Perdani, I Gusti Ayu Mirah, Ketut Gading, Putu Nanci Riastini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Bermotivasi Belajar Berbeda Di Kelas IVSD. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 4 No: 1

Rasana, I Dewa Putu Raka. 2009. Model-model Pembelajaran. Singaraja: FIP Undiksha.

Rofiah, Dyah Ayu. 2018. Perolehan Belajar Siswa Kelas Iii Dengan Model Pembelajaran Word Square Pada Mata Pelajaran Pkn Di Sd Negeri Besani Kabupaten Batang. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Vol,2. No,2.

Sukandheni, Luh Putu, I Nengah Suadnyana, DB. Kt. Ngr. Semara Putra. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V Gugus Budi Utomo Denpasar Timur. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol: 2 No: 1

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranamedia Group.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wati, Ni Nym. Kurnia. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Bermuatan Media Cerita Ramayana Terhadap Hasil Belajar PKn di SD No 3 Banjar Jawa”. Mimbar PGSD, Volume 1.

Widiartini, Sri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Word Square Terhadap Keterampilan Menyimak Cerita Kelas V SD Gugus IX Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 2.

Widura, Sutanto. 2016. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i2.18066

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Crossref  

Akreditasi SINTA  




Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.