Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP

Authors

  • Endrizal Endrizal universitas negeri padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30786

Keywords:

CIPP

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor di SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method Research) dengan jumlah responden penelitian 36 orang, informan data kualitatif 8 orang sedangkan data kuantitatif menggunakan total sampling sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yautu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan komponen konteks tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (82,80%). Komponen masukan tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (81,70%). Komponen proses tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (82,62%), dan komponen hasil tergolong kategori cukup dengan perolehan persentase (76,28%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program pembelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor sudah berada pada kategori baik, tetapi beberapa aspek masih terdapat kekurangan, maka dari itu untuk mendapatkan hasil yang optimal harus lakukan perbaikan terhadap aspek tersebut.

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., dan Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bilar, (2015. Hubungan tingkat kecerdasan emosional dan konsentrasi tehadap hasil belajar: Unnes

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas. Adjis (1981)

Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Bahan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pembelajaran SMK.

Inanna , (2018) Peran pendidika dalam membangun bangsa yang bermoral: Jekpen Universitas Makasar

Ridwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta..

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta..

Wibawa dan Agustina ,(2019. )Implemenatasi HOTS pada Kurikulum 2013: Equilibrum

Downloads

Published

2021-03-11

How to Cite

Endrizal, E. (2021). Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–26. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30786

Issue

Section

Articles