Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30786Keywords:
CIPPAbstract
Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor di SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method Research) dengan jumlah responden penelitian 36 orang, informan data kualitatif 8 orang sedangkan data kuantitatif menggunakan total sampling sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yautu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan komponen konteks tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (82,80%). Komponen masukan tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (81,70%). Komponen proses tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (82,62%), dan komponen hasil tergolong kategori cukup dengan perolehan persentase (76,28%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program pembelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor sudah berada pada kategori baik, tetapi beberapa aspek masih terdapat kekurangan, maka dari itu untuk mendapatkan hasil yang optimal harus lakukan perbaikan terhadap aspek tersebut.
References
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S., dan Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Bilar, (2015. Hubungan tingkat kecerdasan emosional dan konsentrasi tehadap hasil belajar: Unnes
Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional
Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas. Adjis (1981)
Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Bahan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pembelajaran SMK.
Inanna , (2018) Peran pendidika dalam membangun bangsa yang bermoral: Jekpen Universitas Makasar
Ridwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta..
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta..
Wibawa dan Agustina ,(2019. )Implemenatasi HOTS pada Kurikulum 2013: Equilibrum
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)