Evaluasi Program Pembelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Sepeda Motor Menggunakan Model CIPP

Endrizal Endrizal

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor di SMK. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian evaluasi dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method Research) dengan jumlah responden penelitian 36 orang, informan data kualitatif 8 orang sedangkan data kuantitatif menggunakan total sampling sebanyak 28 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan yautu teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian menunjukkan komponen konteks tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (82,80%). Komponen masukan tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (81,70%). Komponen proses tergolong kategori baik dengan perolehan persentase (82,62%), dan komponen hasil tergolong kategori cukup dengan perolehan persentase (76,28%). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program pembelajaran pemeliharaan kelistrikan sepeda motor sudah berada pada kategori baik, tetapi beberapa aspek masih terdapat kekurangan, maka dari itu untuk mendapatkan hasil yang optimal harus lakukan perbaikan terhadap aspek tersebut.

 


Keywords


CIPP

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S., dan Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bilar, (2015. Hubungan tingkat kecerdasan emosional dan konsentrasi tehadap hasil belajar: Unnes

Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2005, Tentang Guru dan Dosen, Jakarta: Depdiknas. Adjis (1981)

Direktorat Pembina Sekolah Menengah Kejuruan. 2008. Bahan Bimbingan Teknis Peningkatan Mutu Pembelajaran SMK.

Inanna , (2018) Peran pendidika dalam membangun bangsa yang bermoral: Jekpen Universitas Makasar

Ridwan. 2009. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta..

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta..

Wibawa dan Agustina ,(2019. )Implemenatasi HOTS pada Kurikulum 2013: Equilibrum




DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i1.30786

Article Metrics

Abstract view : 248 times
PDF file view : 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is published by:

LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM)

UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA

Jl. Udayana, Kampus Tengah, Singaraja-Bali
Kode Pos 81116
Telp. 0362-22928
Homepage: https://lppm.undiksha.ac.id
Email: wayanwidiana85@undiksha.ac.id



Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) indexed by:


 Akreditasi SINTA     Crossref JPIJPI Undiksha OneSearch BASE Ekuitas

 

Creative Commons License

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.