Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Pengendalian Kemampuan Numerik
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32447Keywords:
Hasil Belajar Matematika, Kemampuan Numerik, Pendidikan Matematika RealistikAbstract
Rendahnya hasil belajar matematika salah satu penyebabnya adalah sikap negatif siswa terhadap matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika pada siswa dengan pengendalian kemampuan numerik. Desain penelitian ini menggunakan desain Single Factor Independent groups design with use of covariate dengan kovariabel kemampuan numerik. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 168 orang siswa. Sampel penelitian berjumlah 72 orang siswa yang ditentukan dengan tehnik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisi data menggunakan Anava satu jalan, Anakova dan Product Moment. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa (Fhitung 9,145 > Ftabel = 3,98, p <0,05), setelah kovariabel kemampuan numerik dikendalikan, terdapat pengaruh penerapan pendidikan matematika realistik terhadap hasil belajar matematika siswa (Fhitung sebesar 42,797 > Ftabel = 3,98, p <0,05), dan terdapat kontribusi yang signifikan antara kemampuan numerik dengan hasil belajar matematika siswa sebesar 81, 36%. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa penerapan PMR berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD baik sebelum maupun setelah dikendalikan kemampuan numerik siswa.
References
Abdul Karim, Dini Savitri, & Hasbullah. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Di Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 1(2), 63–75. https://doi.org/10.46306/lb.v1i2.17.
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2018). Kecerdasan visual-spasial, kemampuan numerik, dan prestasi belajar matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234–245. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234.
Agusta, E. S. (2020). Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Journal of Mathematics Education, 2(2). https://doi.org/10.15408/ajme.v2i2.17819.
Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa The Influence Of Outdoor Learning On The Mathematical Critical Thinking Skills Of Students. Junal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms Jurnal
Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Pmri Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i2.26781.
Fajriah, N., & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.643.
Faot, M. M., & Amin, S. M. (2020). Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Siswa. MATHEdunesa, 9(1), 55–60. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p55-60.
Gunur, B., S., & Ardana, I. M. (2016). Pengaruh pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika di tinjau dari kemampuan numerik siswa SMP Negeri 1 Cibal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 5(1). http://119.252.161.254/ejournal/index.php/JPM/article/view/2129.
Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148– 160. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a2.
Ikhsan, S. M., & Munzir, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 7(1), 127–135. https://doi.org/10.24815/jp.v7i1.13516.
Irawan, A. (2016). Peranan Kemampuan Numerik Dan Verbal Dalam Berpikir Kritis Matematika Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 6(2), 121–130. https://doi.org/10.12928/admathedu.v6i2.5443.
L.E., E. P. (2018). Cooperative Learning Dengan Model Tgt (Teams Games Tournament) Materi Bilangan Bulat Bagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2:), 85–88. https://doi.org/10.36456/buana_matematika.7.2:.1048.85-88.
Lestari, K. S., Dantes, N., & -, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Gugus I Kecamatan Buleleng. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.23887/jpdi.v2i1.2686.
Munawarah, Mulbar, U., & Minggi, I. (2013). Desain Pembelajaran Matematika Realistik Di Kelas V Sd (Studi Pada Sd Inpres 6/75 Kading). Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (Mapan), 1(3), 91–109. http://103.55.216.56/index.php/Mapan/article/view/1128.
Nugraheni, E. A. (2013). Pengaruh Pendekatan PMRI terhadap Aktivitas dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 101–108. https://doi.org/10.21831/pg.v8i1.8498.
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878 ISSN.
Rahayu, S., & Hidayati, W. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang Dan Bangun Datar Pada Siswa Kelas V Sdn Jomin Barat I Kecamatan Kotabaru Kabupaten Karawang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 204. https://doi.org/10.30870/jpsd.v4i2.3854.
Sari, A. P. (2015). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Untung dan Persentase Untung. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.22342/jpm.8.2.1862.1-19.
Soekisno, R. B. A. (2015). Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Matematis Mahasiswa. Infinity Journal, 4(2), 120. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.77.
Wahidin, & Sugiman. (2014). The Effect of the IRME Approach on the Achievement Motivation , Problem Solving Skills , and Learning Achievement. Pythagoras, 9(1), 99–109. https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9072.
Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematika Realistik Dan Konvensional Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)