Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD

Authors

  • Luh Gede Diah Prapti Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Nyoman Dantes Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • I Wayan Suastra Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61744

Keywords:

STEAM, Inkuiri, Sikap Ilmiah, Self-esteem, IPA

Abstract

Rendahnya sikap ilmiah dan self-esteem menyebabkan berbagai masalah dan mengganggu kemampuan akademis siswa. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan sikap ilmiah dan self-esteem siswa SD kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V Gugus I Gianyar sebanyak 579 siswa dan 69 siswa dipilih sebagai sampel yang ditentukan dengan teknik multi-stage random sampling. Data penelitian diperoleh dengan metode non-tes berupa kuisioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan inferensial (Anava dan Manova). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan sikap ilmiah siswa kelas V SD (F = 4,386, p < 0,05), 2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas V SD (F = 4,949, p < 0,05), 3) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM dalam IPA terhadap peningkatan self-esteem siswa kelas V SD (F = 4,134, p < 0,05, ES = 0,111). Jadi disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berorientasi STEAM mampu meningkatkan sikap ilmiah dan self-esteem siswa SD kelas V dalam pembelajaran IPA.

References

Adinugraha, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Efikasi Diri Terhadap Sikap Ilmiah Siswa SMA Peminatan MIPA. Jurnal Pro-Life, 4(3), 441–455. https://doi.org/10.33541/jpvol6Iss2pp102.

Agustina, P., Saputra, A., Anif, S., Rayana, A., & Probowati, A. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas Xi Ipa Sma Pada Praktikum Biologi. EDUSAINS, 13(1). https://doi.org/10.15408/es.v13i1.11015.

Ajizah, E., & Artayasa, I. P. (2022). Validitas Bahan Ajar IPA Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Peserta Didik, 4(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1855.

Atmojo, I. R. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engenering, Art And Mathematich (STEAM) Untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Professional Guru SD Melalui Metode Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.44214.

Fatma, H. (2021). Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bioteknologi Dengan PJBL Berbasis Steam. Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v5i1.2574.

Fitria Salsabila, D., Faza, A., Qalbi, S., Aziz, A. M., Etniko, A., Khairun, S., … Djati Bandung, I. (2022). Perbedaan Self-Esteem antara Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dengan Perguruan Tinggi Swasta Differences in Self-Esteem between State University Students and Private Universities. JoPS: Journal of Psychological Students, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.15575/jops.v1i1.17458.

Fitriansyah, R., Werdhiana, I. K., & Saehana, S. (2021). Pengaruh Pendekatan STEM dalam Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Kerja Ilmiah Materi IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2). https://doi.org/10.20527/jipf.v5i2.3598.

García, J. A., y Olmos, F. C., Matheu, M. L., & Carreño, T. P. (2019). Self esteem levels vs global scores on the Rosenberg self-esteem scale. Heliyon, 5(3), e01378. https://doi.org/10.1016/J.HELIYON.2019.E01378.

Gnambs, T. (2020). Cognitive Abilities Explain Wording Effects in the Rosenberg Self-Esteem Scale. https://doi.org/10.1177/1073191117746503.

Grahito Wicaksono, A. (2020). Penyelenggaraan Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan STEAM dalam Menyongsong Era Revolusi Industri 4.0. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 10(1), 54–62. https://doi.org/10.24929/lensa.v10i1.98.

Hidayat, A., & Perdana, F. J. (2019). Pengaruh Self-Efficacy dan Self-Esteem Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Cirebon. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(12), 1. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v4i12.824.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V4I2.2589.

Jannah, R., Taufiq, M., & Rahma. (2022). Pengaruh Penerapan Pendekatan STEAM Pada Materi Fluida Statis Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 3(2). Retrieved from http://journal.umuslim.ac.id/index.php/jemas/article/view/1369.

Julimah, J. J., Winarni, E. W., & Hmbali, D. H. (2020). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 9 Bengkulu Tengah. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(1), 53–61. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i1.12305.

Lovisia, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/spej.v2i1.333.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Maemunawati, S. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19 (1st ed.). Banten: 3M Media Karya.

Mahrun, & Ardiansyah. (2021). Pengaruh Pembelajaran Model Guided Inquiry Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Pencemaran Air. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2). https://doi.org/10.56842/jp-ipa.v2i2.73.

Mamah, I. M., Nnadi, U. U., Ezugwu, I. J., Ezeudu, O., Eze, J. U., & Ugwuanyi, C. S. (2022). Self-Esteem As A Predictor Of Science Studen ts ’ Academic Achievement In Enugu State , Nigeria : Implication For Educational Foundations, 19(3), 3340–3353.

Margunayasa, I. G., Dantes, N., Marhaeni, A. A. I. N., & Suastra, I. W. (2019). The effect of guided inquiry learning and cognitive style on science learning achievement. International Journal of Instruction, 12(1), 737–750. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12147a.

Monteiro, R. P., Lins, G., Coelho, D. H., Hanel, P. H. P., Medeiros, E. D. De, & Dyamond, P. (2022). The Efficient Assessment of Self-Esteem : Proposing the Brief Rosenberg Self-Esteem Scale, 931–947.

Mustika, D., Ambiyar, A., & Aziz, I. (2021). Proses Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6158–6167. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1819.

Nasrah, Humairah Amir, R., & Yuliana Purwanti, R. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) Pada Siswa Kelas IV SD. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 6(1), 1–13.

Nuryunanto, A., Ts, K. H., & Istiatin, I. (2022). Kepuasan Kerja Pegawai Ditinjau dari Kualitas Kepemimpinan, Kompensasi, Fasilitas dan Lingkungan Kerja pada Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten. JENIUS (Jurnal Ilmiah Manajemen Sumber Daya Manusia), 5(2). https://doi.org/10.32493/JJSDM.v5i2.16521.

Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https://doi.org/10.1016/J.TSC.2018.10.002.

Putri, I. N., Ahied, M., & Rosidi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap Self Esteem Siswa. Natural Science Education Research, 2(1). https://doi.org/10.21107/nser.v2i1.4216.

Rostika, D., & Prihantini, P. (2019). Pemahaman Guru Tentang Pendekatan Saintifik Dan Implikasinya Dalam Penerapan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 11(1). https://doi.org/10.17509/eh.v11i1.14443.

Sakliressy, M. T., Sunarno, W., & Nurosyid, F. (2021). Profil Sikap Ilmiah Peserta Didik Dalam Pembelajaran Fisika di SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(1). https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i1.8025.

Santoso, A. M., & Arif, S. (2021). Efektivitas Model Inquiry dengan Pendekatan STEM Education terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.123.

Sumarno, W. K., Shodikin, A., & Rahmawati, A. A. (2021). Gerakan Literasi Sains melalui Pengenalan STEAM pada Anak di Komunitas “ Panggon Moco ” Gresik, 6(2).

Wahyudi, M., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2021). Kontribusi Gaya Kognitif dan Sikap Ilmiah Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32307.

Downloads

Published

2023-08-08

How to Cite

Dewi, L. G. D. P., Dantes, N. ., & Suastra, I. W. . (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah dan Self-esteem Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berorientasi STEAM dalam Pembelajaran IPA SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 335–345. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61744

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)