Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic Berbasis Problem Based Learning Materi Siklus Air pada Muatan IPA

Authors

  • Ni Luh Putu Ari Laksmi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32911

Keywords:

Media e-comic, Problem Based Learning, Siklus Air

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dalam situasi pandemic Covid-19.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui validitas media E-Comic berbasis Problem Based Learning pada materi siklus air kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahap yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan tiga orang siswa kelas V SD. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu angket. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil pengembangan media E-Comic berbasis Problem Based Learning layak dikembangkan berdasarkan hasil validasi dari para ahli. Hasil penilaian validator dari ahli isi pembelajaran diperoleh 97% dengan kategori sangat baik, ahli desain pembelajaran diperoleh 97% dengan kategori sangat baik, ahli media pembelajaran 100% kategori sangat baik dan subjek uji  perorangan diperoleh 90% dengan kategori sangat baik. Hasil keseluruhan dari para ahli dan uji coba perorangan terkualifikasi sangat baik. Media E-Comic berbasis Problem Based Learning layak digunakan dengan pembelajaran siklus air pada muatan IPA kelas V SD.

Author Biographies

Ni Luh Putu Ari Laksmi, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ni Wayan Suniasih, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Aiman, U. & R. A. R. A. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 1(1), 105. https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195.

Aprilla. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Komik Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(2).

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendeka­tan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88–92. https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2515.

Dewi, K., Sadia, I. W., & Ristiati, N. P. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Dengan Setting Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kinerja Ilmiah Siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1–11. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/article/view/548/340.

Drs. Ida Bagus Surya Manuaba, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Penguasaan Kompetensi Ips. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11000.

Hamdunah, Juftri, L. H., & Handayani, S. (2020). Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Masalah. , 1(2), 98-105. https://doi.org/. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 1(2), 98–105. https://doi.org/10.37385/ceej.v1i2.115.

Indriasih, A., Sumaji, Badjuri, & Santoso. (2020a). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–166. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i9459.

Indriasih, A., Sumaji, S., Badjuri, B., & Santoso, S. (2020b). Pengembangan E-Comic Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 154–162. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4228.

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019.

Lailiyah. (2020). Pengembangan Media Komik Siklus Air Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 1–11. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/33521/29990.

Mahuze, P. N. (2017). Peranan Media Gambar Dalam Proses Pembelajaran Agama Katolik. Jurnal Masalah Pastoral, 5(1), 15. https://ojs.stkyakobus.ac.id/index.php/JUMPA/article/view/36.

Musafanah, H. J. S. & Q. (2017). Pengembangan Media Koran Melalui Flipbook Berupa E-BOOK Pada Materi IPA. Elementary School, 4(2), 205–211. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v4i2.179.

Nurhamidah.I. (2018). Problematika Kompetensi Pedagogi Guru Karakteristik Peserta Didik. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(1). https://doi.org/10.17977/um022v3i12018p027.

Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/2992/2059.

Pratama, M. R. F., Mulyani, E., & Suratno, S. (2019). Molecular Docking Study of Akar Kuning (Arcangelisia flava) Secondary Metabolites as Src Inhibitor. Indonesian Journal of Cancer Chemoprevention, 10(3), 122. https://doi.org/10.14499/indonesianjcanchemoprev10iss3pp122-130.

Pratiwi. (2017). Pengembangan Buku Cerita Anak Dengan Menginsersi Budaya Lokal Dalam Tema Kegemaranku Untuk Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(03).

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen Penilaian IPA Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7697.

Putri, W. N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.18326/lisania.v1i1.1160.

Ricu Sidiq, & N. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01.

Rivai, A. (2021). Pengaruh Pengawasan, Disiplin dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 11–22. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/MANEGGIO/article/view/6715.

Rohmanurmeta, M. . & D. . (2019a). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar. Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2). https://doi.org/10.24269/muaddub.v11i2.1213.

Rohmanurmeta, M. . & D. . (2019b). Pengembangan Komik Digital Pelestarian Lingkungan Berbasis Nilai Karakter Religi Untuk Pembelajaran Tematik pada Siswa Sekolah Dasar https://doi.org/10.2. MUADDIB: Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(02), 131–141. https://doi.org/10.24269/muaddub.v11i2.1213.

Rostikawati, D. A., & Permanasari, A. (2016). Rekonstruksi Bahan Ajar dengan Konteks Socio-Scientific Issues pada Materi Zat Aditif Makanan untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Reconstruction of Learning Materials with Socio-Scientific Issues Context on Food Additives Content to Improving Student. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 156–164. https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/8814/9018.

Rubini, B., Permanasari, A., & Yuningsih, W. (2018). Learning Multimedia Based on Science Literacy on the Lightning Theme. Journal of Science Learning and Research, 4(2), 89–104. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i2.3926.

Saripudin, E., Sari, IJ, & Mukhtar, M. (2018). Using Macro Flash Animation Media on Motion Material to Improve Learning Achievement for Learning Science in Junior High School. , 4 (1),. Journal of Science Research and Learning, 4(1), 68–75. https://doi.org/10.30870/jppi.v4i1.3316.

Shilpa, S. & Sunita, M. (2016). A study an interactive elementary education (3-6) with multimedia. International Journal of Home Science, 2(1), 214–215.

Siregar, N. dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Comic dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1). https://doi.org/10.32665/james.v2i1.47.

Tegeh, I. M. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu.

Tegeh, I. M. (2018). Pengembangan Media Strip Comic Dengan Model Addie Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 1 Sari Mekar. Jurnal Edutech Undiksha, 6(2), 245–255.

Utami, D. (2019). Model Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Mediaaudio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. MAJU, 6(1). https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.461.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Engembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 791–800. https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/439/pdf.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154.

Widiyatmoko, F. dan. (2014). Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning sebagai Media Pembelajaran pada Tema Bunyi dan Pendengeran untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2). https://doi.org/10/15294/jpii.v3i2 .3114.

Widyatmojo, G., & Muhtadi, A. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbentuk Game untuk Menstimulasi Aspek Kognitif dan Bahasa Anak TK. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 38–49.

Zainudin, & Wijayanti, R. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika pada masa pandemi covid-19 berbasis keterampilan berpikir. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 3(1), 43–49. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/eduproxima%0APENGEMBANGAN.

Downloads

Published

2021-03-21

Issue

Section

Articles