Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Mind Mapping Materi Sistem Pencernaan IPA Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i1.58677Keywords:
LKPD, interaktif, mind mapping, IPAAbstract
Kurangnya penggunaan bahan ajar pembelajaran yang inovatif dan interaktif berdampak pada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan lembar kerja peserta didik (LKPD) interaktif berbasis mind mapping materi sistem pencernaan untuk siswa sekolah dasar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek uji dalam penelitian ini terdiri dari ahli rancang bangun, ahli isi, ahli desain, ahli media dan 37 siswa sekolah dasar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, dan statistika inferensial. Produk pengembangan dalam penelitian ini dinyatakan layak berdasarkan persentase sebesar 92% dari ahli rancang bangun, 98,2% dari ahli isi, 95% dari ahli desain, 95% dari ahli media, 96,6% dari uji coba perorangan, dan 96,4% dari uji coba kelompok kecil yang berkualifikasi sangat baik. Selain itu, produk juga dinyatakan efektif diterapkan berdasarkan perbandingan antara rata-rata pre-test sebesar 52,97 dan nilai rata-rata posttest sebesar 82,43, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Implikasi dari penelitian ini yaitu mampu meningkatkan semangat belajar siswa dan menciptakan kegiatan pembelajaran yang interaktif.
References
Agung, A. A. G. (2018). Metodologi Penelitian Kuantitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). Universitas Pendidikan Ganesha.
Aisyah Aini, N., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/jpmu%0A.
Ani, Novi Indira, & Lazulva. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Nature Science and Integration, 3(1), 87–105. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161.
Ani, Novi Indri, & Lazulva, L. (2020). Desain dan Uji Coba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada Materi Hidrolisis Garam. Journal of Natural Science and Integration, 3(1), 87. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i1.9161.
Anjelina Putri, A. A., Swatra, I. W., & Tegeh, I. M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Mimbar Ilmu, 23(1). https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.
Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097.
Aryanitha, N. P. A., & Agung, A. A. G. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Materi Otot Manusia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(1), 161–172. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i1.45106.
Cahyadi, A. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Laksita Indonesia.
Cesilia Elwi, L., & Djamas, D. (2017). Pembuatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Multimedia Interaktif Menggunakan Course Lab Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Fisika Kelas X SMA/MA. Pillar of Physics Education, 9(4), 97–104. https://doi.org/10.24036/2521171074.
Dadi, I. K., Redhana, I. W., & Juniartina, P. P. (2019). Analisis Kebutuhan Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Ipa Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 2(2), 70. https://doi.org/10.23887/jppsi.v2i2.19375.
Damayanti, M. S. D., & Suniasih, N. W. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Materi IPA Sistem Pernapasan Manusia. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 10–18. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45261.
Danial, M., & Sanusi, W. (2020). Penyusunan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis investigasi bagi guru Sekolah Dasar Negeri Parangtambung II Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 615–619. https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/download/11888/7003.
Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019a). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i2.37800.
Dini Rahma Diani, Nurhayati, D. S. (2019b). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Menulis Cerpen Berbasis Aplikasi Android. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7, 2.
Ekawati, N. M., & Kusumaningrum, D. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sumberrejo Tahun Pelajaran 2018/2019. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpdi.v5i2.2091.
Fajriati, N. F., Sumiati, T., & Pratomo, S. (2021). Analisis Kemampuan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V melalui Pembelajaran Berbasis Aplikasi Liveworksheets. Renjana Pendidikan 1: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 281–287.
Fitriasari, D. N. M., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik-Elektronik (E-LKPD) Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Terintegrasi pada Materi Fotosintesis Kelas XII SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 510–522. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n3.p510-522.
Fu, Q. K., Lin, C. J., Hwang, G. J., & Zhang, L. (2019). Impacts of a mind mapping-based contextual gaming approach on EFL students’ writing performance, learning perceptions and generative uses in an English course. Computers and Education, 137, 59–77. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.005.
Gunarta, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 112. https://doi.org/10.23887/jp2.v1i2.19338.
Hariyati, D. P., & Rachmadyanti, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(7), 1473–1483. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47566.
Herawati, E. P., Gulo, F., & Hartono. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Interaktif Untuk Pembelajaran Konsep Mol Di Kelas X Sma. Jurnal Penelitian Pendidikan Kimia, 3(2), 168–178.
Hidayat, R. (2016). Desain LKPD Berorientasi Pembelajaran Terpadu Tipe Jaring Laba-laba untuk Pembelajaran IPA kelas VIII SMPN 1 Painan. Pillar of Physics Education, 8(1), 113–120. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pfis/article/view/2471/1971.
Irsalina, A., & Dwiningsih, K. (2018). Practicality Analysis of Developing the Student Worksheet Oriented Blended Learning in Acid Base Material. JKPK (Jurnal Kimia Dan Pendidikan Kimia), 3(3), 171. https://doi.org/10.20961/jkpk.v3i3.25648.
Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendiidkan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77. https://media.neliti.com/media/publications/188212-ID-hubungan-antara-minat-belajar-dengan-has.pdf
Kristiani, K. F., & Airlanda, G. S. (2021). Meta Analisis Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Student Team Achievement Divisions terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3150 – 3157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1328.
Lestari, P. A. (2018). Korelasi Antara Motivasi Belajar Dan Sikap Tanggung Jawab Dengan Hasil Belajar IPA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 2(2), 176. https://doi.org/10.23887/jppp.v2i2.15400.
Maiyana, E., & Mengkasrinal, T. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Surat Keterangan Pendamping Ijazah Berbasis Web dan Mobile Android. Prosiding SISFOTEK 2017, 1(1), 7–16.
Mardianti, Y., Untari, E., & Muzaki, F. I. (2022). Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis Permainan Edukatif Terintegrasi Karakter Kreatif pada Muatan IPA Kelas IV SD. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 18(1), 10–21.
Merchie, E., & Keer, H. Van. (2016). Mind mapping as a meta-learning strategy: Stimulating pre-adolescents’ text-learning strategies and performance? Contemporary Educational Psychology, 46. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2016.05.005.
Merlin Marsela, R. (2020). Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Discovery Learning di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31004/jote.v1i1.501.
Mulia, A. P., Kesumawati, N., & Fakhrudin, A. (2022). Berbasis Gaya Belajar Visual Pada Materi Pecahan Kelas IV SD. Binagogik, 9(1), 36–50. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/39.
Nailufar, Z., & Susilowibowo, J. (2021). Studi Penggunaan Lembar Kegiatan Peserta Didik ( Lkpd ) Berbasis Mind Mapping. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(1), 50–59. https://doi.org/10.19184/jpe.v15i1.21909.
Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru-Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 9. https://doi.org/10.55115/edukasi.v3i1.2295.
Nurhidayati, S. (2019). Pengintegrasian Potensi Lokal Pada Mata Kuliah Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Rasa Hormat Mahasiswa Terhadap Lingkungan. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 4(4), 0–5. https://doi.org/10.36312/jupe.v4i4.995.
Nurlaila, M., Agus, R. N., & Lestari, I. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Menggunakan Liveworksheets untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Journal Abacus, 3(1), 50–62. https://jurnal.upg.ac.id/index.php/abacus/article/view/300.
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Mengakomodasi Keberagaman Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3). https://doi.org/10.30738/trihayu.v6i3.8151.
Polat, Ö., & Aydın, E. (2020). The effect of mind mapping on young children’s critical thinking skills. Thinking Skills and Creativity, 38. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100743.
Puspitasari, R. Y., & Airlanda, G. S. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1094–1103. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.878 ISSN.
Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan LLPD Elektronik Pembelajaran Tematik berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 112–118. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284.
Ramadhani, N., Yarmi, G., & Waluyo, H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Iklan Kelas V SD. Jurnal Handayani, 13(1), 37–47.
Riyani, N. L. V. E., & Wulandari, G. A. A. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 285–291. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046.
Setyawan, U. R., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Mind Mapping untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(2), 412–417. https://doi.org/10.26740/bioedu.v10n2.p412-417.
Sihombing, Y. M., Almaida, P., Nurholipah, S., Oktaviani, I., & Saefullah, A. (2022). Pengembangan Lkpd Interaktif Pada Materi Tekanan Hidrostatis Menggunakan Media Liveworksheet. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 17. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6713.
Tri Pudji Astuti. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Wardani, W. P., & Suniasih, N. W. (2022). E-LKPD Interaktif Berbasis Kearifan Lokal pada Materi Aksara Bali Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 173–182. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.44586.
Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Komang Ayu Astiti Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)