Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63500Keywords:
CORE, mind mapping, kompetensiAbstract
Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang sesuai dan metode pembelajarannya masih berupa hafalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 297 siswa dari 8 sekolah negeri yang berbeda. Sampel diambil dengan rancangan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 42 siswa sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument tes pilihan ganda. Tes kompetensi pengetahuan IPA diberikan pada saat post -test. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis statistik inferensial uji – t. Berdasarkan perhitungan uji – t diperoleh thitung = 7,097 > ttabel = 1,991, pada taraf signifikansi 5 % (dk= 37 + 42 – 2 = 77) maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V di sekolah dasar.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ni Nyoman Prashanti Kusuma Dewi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with the Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)