Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA

Authors

  • Ni Nyoman Prashanti Kusuma Dewi Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia
  • Ni Wayan Suniasih Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63500

Keywords:

CORE, mind mapping, kompetensi

Abstract

Rendahnya kompetensi pengetahuan IPA disebabkan karena kurangnya model pembelajaran yang sesuai dan metode pembelajarannya masih berupa hafalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending berbantuan mind mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan rancangan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V sebanyak 297 siswa dari 8 sekolah negeri yang berbeda. Sampel diambil dengan rancangan cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan 42 siswa sebagai kelas kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan instrument tes pilihan ganda. Tes kompetensi pengetahuan IPA diberikan pada saat post -test. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis statistik inferensial uji – t. Berdasarkan perhitungan uji – t diperoleh thitung = 7,097 > ttabel = 1,991, pada taraf signifikansi 5 % (dk= 37 + 42 – 2 = 77) maka, H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending berbantuan mind mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V di sekolah dasar.   

Published

2023-12-29

How to Cite

Dewi, N. N. P. K., & Suniasih, N. W. . (2023). Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Kompetensi Pengetahuan IPA . Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v7i3.63500